Rekomendasi Terapi Pengobatan BPD

Share dan Tag Temanmu di :

Orang yang menderita borderline personality disorder (BPD) cenderung berperilaku impulsif ketika sakit hati karena sesudah melakukannya akan muncul perasaan lega. Lama-lama orang yang menderita BPD akan terpicu untuk berperilaku impulsif ketika sakit hati. Siklus tidak sehat tersebut bisa dimulai dan berlangsung saat penderita BPD malu dan bersalah atas tindakannya, kemudian melakukan tindakan impulsif lagi agar dirinya merasa lebih baik. Tindakan tersebut bisa berkembang menjadi kebiasaan untuk menghindari rasa sakit hati secara emosional.


Jika Anda menyadari adanya gejala-gejala tersebut dalam diri Anda, segera konsultasikan dengan teman, keluarga, maupun psikolog. Upaya dokter maupun psikolog dalam mendiagnosis BPD akan dimulai dengan mengamati perilaku yang sesuai dengan gejala yang kami sebutkan di atas. Selain itu, kondisi kesehatan fisik atau mental di masa lalu, peristiwa traumatis, dan pengobatan yang pernah dilakukan bisa membantu dokter maupun psikolog dalam mendiagnosis.

Pengobatan BPD yang paling utama adalah dengan psikoterapi. Perawatan di rumah sakit juga bisa dilakukan sesuai dengan kondisi dan keselamatan pasien jika perlu. Pada kasus tertentu, penderita BPD bisa dirawat di rumah sakit untuk mencegah kecenderungan bunuh diri dan melukai diri sendiri.

Penanganan BPD dengan psikoterapi bertujuan untuk membantu penderita mempunyai hidup yang lebih stabil serta mengarah kepada kehidupan yang lebih baik. Psikoterapi yang disebut dengan talk therapy adalah pendekatan mendasar untuk penanganan BPD dalam membantu penderita bisa paham mengenai kondisi trsebut dan bisa fokus pada kemampuannya sekarang.

Tujuan psikoterapi adalah membantu penderita untuk mengatur sisi-sisi emosional yang membuat dirinya kurang nyaman, mengendalikan perasaan terhadpa diri sendiri serta orang lain, dan mengenali dirinya sendiri. Tujuan psikoterapi dimaksudkan untuk melatih penderita dalam menganalisis dan mengenali perasaannya sendiri. Penderita pun diharapkan dapat menekan perasaan impulsif seperti menahan amarah yang timbul karena situasi yang dihadapi.

Dengan demikian, perilaku kasar bisa dikurangi sehingga berdampak untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial. Oleh karena itu, penderita BPD bakal menjalani sebuah bentuk terapi psikologi seperti dialectical behavior therapy (DBT), Mentalization-based therapy (MBT), schema-focused therapy, transference-focused psychotherapy atau terapi psikodinamis, general psychiatric management, dan pelatihan sistem untuk pemecahan masalah dan prediktabilitas emosional. Selain terapi, pengobatan BPD juga bisa dengan obat-obatan untuk mengurangi gejala seperti cemas dan depresi. Diantaranya adalah obat antidepresi, antipsikotik, serta penstabil suasana hati.

Pemulihan BPD bisa jadi memerlukan waktu yang cukup lama. Terapi bisa berlangsung sampai berulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Jika Anda merasakan gejala BPD, segera konsultasi dengan psikolog atau ahli kesehatan mental yang telah berpengalaman agar bisa membantu mengembangkan kepribadian ke arah yang lebih baik.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 04 Oktober 2016 08:10:13

Related Post :
Penyakit
Penyebab Akibat Usus Turun…

Penyebab akibat usus turun…

Penyakit
Mengenali Jenis Kanker Paling…

Kanker merupakan salah satu…

Ibu Dan Anak
Tips Sederhana Mencegah Flu…

Tips sederhana mencegah flu…

Daun
Daun Keji Beling Dan…

Daun keji beling dan…

Manfaat
Ini Khasiat Mahkota Dewa…

Berikut adalah khasiat mahkota…

Tips
Perhatikan Hal Penting Ini…

Perhatikan hal penting ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Benarkah Aksesoris dari Batu dan Magnet Bisa Menyehatkan?

Berbagai jenis aksesoris yang terbuat…

Kesehatan
Sayur dan Buah yang Baik untuk Mengurangi Mata Minus

Mata minus memiliki tingkat penglihatan…

Kesehatan
Jenis Kacang-kacangan Lengkap Dengan Manfaatnya

Selain buah dan sayur, kacang…

Kirim Pertanyaan
Top