Tips Mencegah Varises Pada Ibu Hamil Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Mencegah varises saat hamil sangat perlu di lakukan oleh anda sedari dini. Hal tersebut di karenakan, tak hanya membuat rasa percaya diri penderitanya berkurang, Namun kondisi tersebut juga dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti penyumbatan pada vena dan terjadinya gangguan pada saat proses persalinan berlangsung.


Menurut Luis Navarro, yang merupakan direktur The Vein Treatment Center Newyork mengatakan, bahwasannya masa kehamilan merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempercepat pembentukan pembuluh darah. Selama kehamilan, terjadi kenaikan volume darah serta tekanan dari rahim oleh janin yang tumbuh pada pembuluh vena terbesar di tubuh (vena cava inferior). Kondisi tersebut sering kali memicu tekanan pada bagian tubuh lain seperti pada kaki meningkat.  Kondisi ini sering kali menyulitkan darah untuk kembali dari kaki ke jantung karena melawan gaya gravitasi.

Selain itu, pada masa kehamilan pun volume darah dan hormon progesteron akan meningkat. Sehingga dinding pembuluh darah menjadi kendur dan membebani pembuluh darah. Hal tersebut seringkali menjadi penyebab utama varises pada ibu hamil, yang pada akhirnya pembuluh darah terlihat menonjol, terasa sakit dan membengkak. Selain itu, timbulnya varises di betis atau kaki pada ibu hamil juga dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor lainnya seperti bertambahnya usia, berat badan dan jumlah kehamilan.

Tips mencegah varises di kaki pada ibu hamil secara alami

Varises pada ibu hamil akan hilang setelah 3 hingga 6 bulan pasca melahirkan. Namun, alangkah baiknya jika anda melakukan pencegahan sedari dini agar anda dapat tehindar dari varises selama kehamilan. Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit varises saat hamil? mungkin beberapa tips mencegah varises pada ibu hamil berikut, dapat menjadi rekomendasi terbaik bagi anda yang ingin terhindar dari kondisi ini. Dan uraiannya adalah sebagai berikut.

1. Posis tidur miring ke kiri

Selama masa kehamilan, ibu hamil sangat di anjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Hal tersebut sebagai pencegahan agar anda terhindar dari kondisi varises. Pasalnya, letak vena cava interior terletak di sebalah kanan. Dengan berbaring ke sebelah kiri, akan membuat darah lebih leluasa untuk kembali ke jantung.

2. Olahraga secara teratur

Berolahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sehingga anda dapat mencegah varises di kaki atau bagian tubuh lainnya selama masa kehamilan anda. Namun, yang perlu di garis bawahi adalah anda tidak di anjurkan untuk melakukan olahraga berat yang dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan kehamilan anda. Olahraga untuk mencegah varises pada ibu hamil diantaranya seperti berjalan kaki, berenang atau mengikuti kelas senam ibu hamil. Ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter mengenai hal ini.

3. Meninggikan posisi kaki

Meninggikan posisi kaki hingga berada di atas jantung dan dan duduk setiap 3 jam dapat membantu melancarkan peradaran darah. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari varises selama masa kehamilan berlangsung.

4. Menjaga berat badan ideal

Meski anda sedang hamil, menjaga berat badan agar tetap ideal perlu di lakukan untuk mencegah munculnya varises selama kehamilan. Karena terlalu kelebihan berat badan saat hamil dapat menyebabkan varises, karena kaki menopang tubuh yang terlalu berat.

5. Menghindari sembelit

Kondisi sembelit atau konstipasi dapat meningkatkan resiko ibu hamil mengalami varises dan wasir. Oleh karena itu, konsumsi air putih dengan cukup, perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi serta membatasi asupan garam dalam makanan agar anda dapat terhindar dari masalah sembelit atau sulit buang air besar.

6. Mengenakan stoking kompresi

Stoking kompesi merupakan salah satu jenis stoking yang ketat di bagian pergelangan kaki dan longgar di bagian paha. Dengan menggunakan stoking ini sangat berguna untuk memotong sirkulasi darah di bawah lutut sehingga dapat mengembalikan kembali darah ke jantung.

Nah itulah beberapa tips mencegah varises pada ibu hamil. Adapun jika anda kini telah terlanjur mengalami varises, segera lakukan pengobatan sedini mungkin untuk menghindari kondisi serius selama masa persalinan berlangsung. Anda dapat menggunakan obat alami menghilangkan varises atau pengobatan medis dari dokter sebagai cara menghilangkan varises pada ibu hamil.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Rabu, 05 Oktober 2016 08:20:48

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Gejala, penyebab dan pengobatan…

Kesehatan
Terbukti! Minum Kopi Bikin…

Selain menghilangkan kantuk, ternyata…

Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat…

Camilan Makanan Ringan Sehat…

Kesehatan
Pola Hidup Sehat Bagi…

Pola hidup sehat bagi…

Kesehatan
Faktor Yang Bisa Memicu…

Ada banyak faktor yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ketahui Ciri-Ciri Wanita Hamil Anak Kembar Di Awal Kehamilan

Berikut adalah ciri-ciri wanita hamil…

Ibu Hamil
Ini Resiko Induksi Pada Persalinan Yang Harus Diwaspadai

Ini resiko induksi pada persalinan…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Trimester Pertama Kehamilan

Berikut adalah cara mengatasi morning…

Kirim Pertanyaan
Top