Gejala Dan Penyebab Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala dan peyebab anemia defisiensi vitamin B12 dan folat.

Anemia adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah. Namun, ada pula anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 dan folat atau yang sering kali di sebut dengan penyakit anemia defisiensi vitamin 12 dan folat. Gejala setiap jenis anemia biasanya tergantung dari penyebab dasar. Pada dasarnya, segala jenis anemia mempunyai gejala umum serupa seperti kelelahan, keletihan, berat badan turun, mudah pingsan, kehabisan nafas, sakit kepala, hilang nafsu makan, dan tinnitus atau adanya persepsi mendengar suara dari dalam tubuh.


Gejala anemia defisiensi folat dan vitamin B12 diantaranya adalah warna kulit menjadi kekuning-kuningan, sariawan di mulut, lidah perih, mudah marah, indera peraba terasa berbeda, penglihatan terganggu, kemampuan merasakan sakit menjadi berkurang dan perubahan cara berjalan. Selain itu, gejala lainnya berupa kemampuan mental berkurang seperti soal ingatan, penilaian, dan pemahaman, serta merasa sedih yang berlangsung lama, dan kondisi yang mempengaruhi pikiran serta mengubah pola pikir, perilaku, dan perasaan.

Gejala umum anemia defisiensi folat hampir mirip dengan gejala umum anemia biasa. Namun kondisi tersebut juga bisa menyebabkan kemampuan indera peraba menjadi turun misal berkurangnya rasa sakit dan rasa sentuhan, serta melemahnya kemampuan otot.

Anemia memiliki penyebab tersendiri. Anemia defisiensi folat disebabkan banyak hal. Kondisi tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah sehat. Berikut kami jelaskan penyebab anemia defisiensi vitamin B12. Pertama, bisa jadi orang yang menderita anemia defisiensi folat adalah karena dia menderita anemia pernisiosa, penyakit autoimun yang mempengaruhi perut. Penyakit ini menyerang system kekebala tubuh dan menyerang sel dalam perut yang menghasilkan faktor intrinsik.

Penyebab anemia defisiensi folat lainnya adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi. Ikan, daging, serta produk olahan susu merupakan menu makanan yang menyajikan banyak vitamin B12. Vegetarian maupun orang yang kebanyakan hanya mengonsumsi makanan tumbuhan bisa jadi tidak memiliki vitamin B12 cukup dalam menu mereka. Tubuh umumnya mampu menyimpan vitamin B12 sampai empat tahun. Untuk menjaga penyimpanan vitamin B12, maka sangat penting untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 secara rutin.

Penyebab lainnya adalah karena adanya penyakit yang mempengaruhi usus. Saat tubuh tidak mampu menyerap vitamin B12, bisa jadi disebabkan karena adanya penyakit yang mempengaruhi usus dan sebagian sistem pencernaan. Seperti penyakit Crohn. Selain itu, bisa juga disebabkan karena penyakit yang mempengaruhi perut atau proses kerja perut.

Penyebab lainnya bisa jadi karena konsumsi obat-obatan tertentu, karena terjadi malabsorpsi, dan buang air kecil berlebihan.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 05 Oktober 2016 09:41:43

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Penyebab Dan Cara…

Penyebab, gejala dan cara…

Kesehatan
Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat…

Kondisi kesehatan bisa dilihat…

obat herbal
Obat Herbal Infeksi Lambung…

Anda sedang mencari obat…

Alami
Begini Cara Ampuh Menghilangkan…

Begini cara mudah dan…

Kesehatan
Mengenal Pentingnya Manfaat Mengonsumsi…

Mengenal pentingya manfaat mengonsumsi…

Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil…

Posisi tidur ibu hamil…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Rekomendasi Jenis Vaksin yang Penting untuk Lansia

Tidak hanya anak-anak, para lansia…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Liver

Mencegah penyakit liver tidak hanya…

Kesehatan
Waspada! Asap Kebakaran Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini

Selain bisa menyebabkan luka bakar,…

Kirim Pertanyaan
Top