Gangguan Dan Penyakit Pada Mata

Share dan Tag Temanmu di :

Mata merupakan bagian yang paling penting pada indra manusia. Dengan mata kita bisa melihat keindahan alam dan melihat isi dunia. Tetapi, mata juga sama seperti organ tubuh yang lainnya yaitu fungsi mata bisa mengalami penurunan serta mengalami gangguan atau terkena penyakit. Gangguan dan penyakit pada mata sangat beragam. Namun, tidak semua penyakit mata dapat menular. Dikatakan menular bila penyebab dari penyakit mata adalah virus atau bakteri. Dan tidak akan menular pada orang lain bila penyebabnya adalah alergi.


Gangguan Dan Penyakit Pada Mata

Glaukoma

Glaukoma dapat menyebabkan mata tidak bisa melihat dalam jangka waktu tertentu. Gejala dari glaukoma diantaranya sakit dibagian belakang mata, penglihatan jadi tidak jelas, sakit mata yang parah, mata merah, tidak dapat melihat ketika redup.

Cara pencegahannya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, Vitamin E,  batasi mengkonsumsi kafein, memakai pelindung mata ketika mengemudikan kendaraan dan memakai kacamata hitam ketika berada dibawah sinar matahari.

Degenerasi Makula

Degenerasi Makula merupakan penyakit mata yang muncul dibagian makula. Penyebab dari penyakit mata jenis ini adalah faktor usia, faktor keturunan, obesitas, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok serta adanya riwayat kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Gejala degenerasi makula diantaranya penglihatan menjadi kabur, tidak dapat mengenal warna, tidak dapat melihat warna yang cerah dan tidak dapat melihat dengan jelas.

Cara pencegahannya ialah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin serta antioksidan tinggi, makanlah makanan yang mengandung lemak sehat, makanlah biji-bijian dan menerapkan gaya hidup sehat.

Neuritis optik

Neuritis optik adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan di bagian saraf optik. Penyebab dari penyakit ini ialah infeksi dari berbagai macam jenis bakteri seperti bakteri penyebab penyakit campak, gondok, herpes dan sifilis. Penyebab yang lainnya ialah penggunaan obat-obatan jangka panjang.

Gejala neuritis optik adalah bagian belakang mata terasa sakit, penglihatan mengalami gangguan sementara waktu, tidak dapat mengenal warna secara baik.

Ablasi retina

Ablasi retina merupakan suatu kondisi dimana jaringan pada retina mengalami penurunan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya peradangan pada mata, cedera yang disebabkan oleh benturan atau kecelakaan yang terjadi pada mata, pernah operasi mata, adanya riwayat penyakit diabetes.

Mata bintitan

Mata bintitian dapat disebabkan oleh infeksi kuman, peradangan dan mata kelilipan saat terkena benda asing atau debu. Gejala dari penyakit ini adalah mata terasa perih dan nyeri, mata berwarna merah atau kebiruan dan bintitan seperti bisul dikelopak mata bagian atas atau bawah.

Cara pencegahannya adalah hindari mengucek mata saat terkena debu, cuci tangan sebelum memegang mata, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A (sayuran maupun buah-buahan), memakai pelindung mata saat bekerja di tempat yang terdapat polutan.

Katarak


Katarak merupakan penyakit yang bisa menyebabkan penglihatan berkurang. Selain itu, penyakit mata jenis ini dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, penglihatan menjadi ganda, mata jadi sensitif pada cahaya dan tidak bisa melihat dengan jelas pada malam hari.

Katarak dapat disebabkan ole berbagai faktor diantaranya faktor usia, faktor keturunan, faktor obesitas, pernah mengalami gangguan pada mata, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol dan paparan langsung dari sinar matahari.

Cara pencegahannya adalah memakai kacamata hitam ketika berada dibawah sinar matahari, menjaga kesehatan mata seperti konsumsi makanan yang dapat menyehatkan mata dan memeriksakan tekanan darah, kadar kolesterol serta kadar gula darah secara rutin.

Rabun mata

Ada 2 jenis rabun mata yaitu rabun dekat dan rabun jauh. Rabun dekat ialah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat benda terlalu dekat. Sedangkan rabun jauh ialah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat benda terlalu jauh.

Keratitis

Keratitis ialah jenis penyakit mata yang menyerang pada bagian kornea mata. Penyakit ini disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri. Keratitis merupakan salah satu jenis penyakit mata yang berbahaya.

Berbagai gangguan dan penyakit pada mata harus dihindari dan dicegah. Oleh karena itu selalu menjaga kesehatan mata.

By Rizka Ardiana - Penyakit Rabu, 05 Oktober 2016 11:53:01

Related Post :
Obat Kimia
Obat Sakit Perut Saat…

Obat sakit perut saat…

Obat Kimia
Obat Clopidogrel untuk Mencegah…

Clopidogrel merupakan salah satu…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Fimosis Serta…

Informasi tentang penyakit fimosis…

Alami
Cara Alami Dan Ampuh…

Inilah cara alami dan…

Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada…

Mata merupakan bagian yang…

Obat Kimia
Triamcinolone Obat Untuk Mengurangi…

Obat yang tergolong obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Gejala Vertigo dan Cara Mengatasinya

Sensasi kepala serasa berputar dan…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Batu Ginjal

Informasi tentang penyebab batu ginjal,…

Penyakit
Metode Terapi Parkinson Secara Tradisional Paling Mudah

Metode terapi parkinson secara tradisional…

Kirim Pertanyaan
Top