Tips Cara Mengatasi Disfagia Atau Sulit Menelan

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Mengatasi Disfagia Atau Sulit Menelan

Disfagia adalah istilah medis yang berarti sulit menelan. Pada orang yang mengalami kondisi tersebut, proses penyaluran makanan ataupun minuman dari mulut ke lambung memerlukan usaha besar dan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kondisi orang sehat. Disfagia memiliki potensi menjadi ancaman yang serius untuk kesehatan. Pada beberapa kasus, penderita bahkan sampai tidak mampu makan maupun minum sama sekali karena gejala rasa sakit sudah sangat parah.


Gejala-gejala disfagia lainnya adalah rasa nyeri ketika menelan, tersedak maupun batuk saat makan atau minum, makanan terasa nyangkut dalam tenggorokan maupun dada, mengeluarkan air liur terus menerus, asam lambung seringkali naik ke tenggorokan, penurunan berat badan, makanan yang telah ditelan kembali keluar, suara menjadi serak, dan sering sakit ulu hati.

Karena rasa sakit pada tenggorokan, penderita biasanya memotong makanan menjadi kecil bahkan sampai menghindari makanan tertentu. Beberapa faktor bisa membuat seseorang mengalami disfagia seperti menderita kondisi yang membuat esophagus menyempit maupun membuat kerongkongan mengalami obstruksi semisal kanker mulut, penyakit asam lambung, dan penyakit eosinophilic oesophagitis.

Selain itu, disfagia juga bisa disebabkan karena kondisi bawaan seperti gangguan belajar, cerebral palsy, serta bibir sumbing. Bisa juga karena menderita kondisi yang bisa mengganggu kinerja otot pendorong makanan dari kerongkongan ke lambung seperti scleroderma dan akalasia. Faktor umur juga dapat memperlemah kemampuan otot dalam menelan.

Ketika Anda mengalami disfagia, sebaiknya jangan abaikan dan segeralah memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan akan efektif jika diagnosis. Penanganan dini juga bisa menurunkan risiko terkena komplikasi-komplikasi seperti dehidrasi, hilang berat badan, malnutrisi, dan pneumonia. Dalam diagnosis, dokter tidak hanya menanyakan gejala yang dirasakan pasien dan tingkat keparahannya, tetapi juga dokter akan mengecek indeks massa tubuh pasien untuk melihat apakah pasien kurang nutrisi karena kesulitan menelan atau tidak.

Untuk tes awal, dokter umumnya menyuruh pasien untuk meminum air dalam takaran tertentu dengan cepat. Catatan waktu yang didapatkan dan jumlah air yang tertelan bisa membantu dokter untuk menaksir kemampuan pasien dalam menelan. Berbagai metode pemeriksaan yang bisa dilakukan diantaranya adalah endoskopi, fluoroskopi, dan manometri.

Mengetahui penyebab sulit menelan sangat penting untuk tingkat keberhasilan pengobatan. Supaya proses menelan menjadi lebih mudah, selain memberikan obat atau menerapkan prosedur pengobatan, dokter juga akan merekomendasikan pasien untuk mengonsumsi makanan kental agar menelan lebih mudah.

By Ana Rediana - Tips Rabu, 05 Oktober 2016 16:00:38

Related Post :
Kesehatan
Manfaat Donor Darah Sangat…

Manfaat donor darah sangat…

Kesehatan
Mengetahui Nilai Kesehatan Dibalik…

Minuman Es Kepal Milo…

Penyakit
Mengenal Penyakit Hepatitis B…

Penyakit hepatitis B akut…

Kesehatan
Penyebab Dan Cara Menghilangkan…

Penyebab dan cara menghilangkan…

Daun
Manfaat Daun Kemuning Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Amankah Mengatasi Rematik dengan…

Pada umumnya, penyakit ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Tips
Cara Mencegah Amputasi Kaki pada Penderita Diabetes

Untuk mencegah pembusukan yang lebih…

Tips
Tips Diet Sehat Alami Tanpa Obat

Memiliki badan ideal adalah dambaan…

Kirim Pertanyaan
Top