Gejala Chikungunya Dan Pencegahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Chikungunya merupakan virus yang menyerang manusia lewat gigitan nyamuk aedes albopictus atau aedes aegypti. Nyamuk tersebut menjadi perantara yang membawa virus chikungunya dalam tubuhnya tanpa terjangkiti. Kedua nyamuk tersebut juga merupakan nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah. Gejala dan penyebab chikungunya tidak jarang salah diagnosis dan keliru sehingga disebut sebagai gejala dan penyebab demam berdarah.


Umumnya chikungunya terjadi di daerah yang mempunyai curah hujan tinggi. Kasus penyakit ini teridentifikasi di sekitar 40 negara. Sebagian besar berada di Asia Tenggara, Afrika Timur, Afrika Barat, serta di sekitar Lautan Hindia.

Chikungunya di Indonesia pertama kali tercatat mewabah di tahun 1973 di Samarinda, lalu di Jambi tahun 1982, dan tahun 1983 di Yogyakarta. Ketika itu, wabah chikungunya dikategorikan sebagai KLB atau Kejadian Luar Biasa. Setelah tidak ada lagi kasus dalam jumlah signifikan selama 20 tahun kemudian, tahun 2001 penyakit ini mewabah kembali dengan jumlah kasus lebih tinggi dan terjadi di Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bangka, dan Sulawesi Utara.

Peristiwa tersebut membuat chikungunya bisa diidentifikasi sebagai penyakit yang pernah mewabah, kemudian mengilang, dan kembali mewabah dalam periode tertentu atau disebut dengan penyakit re-emerging.

Nyamuk aedes albopictus atau aedes aegypti biasanya menyerang di siang hari, tetapi bisa juga terjadi menjelang petang atau dini hari. Setelah Anda tergigit nyamuk yang membawa virus, gejala umumnya muncul pada 3 sampai 12 hari setelah tergigit. Gejala awal umumnya menyerupai gejala flu. Selain itu bisa juga berupa demam dengan tiba-tiba, nyeri otot yang membuat penderita merasa sakit saat bergerak dan bisa bertahan berminggu-minggu, radang sendi, sakit kepala yang tidak tertahankan, kelelahan, mual, muntah, serta adanya bintik-bintik atau ruam merah di sekujur tubuh.

Gejala tersebut umumnya dapat mereda setelah 3 sampai 5 hari, namun untuk nyeri sendi biasanya tetap terasa sampai beberapa bulan bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Pada beberapa kasus, komplikasi bisa terjadi seperti gangguan pada mata, jantung, saraf, serta saluran pencernaan. Pada orang lanjut usia, chikungunya bisa menyebabkan kematian.

Sejauh ini, belum ada vaksin yang bisa mencegah seseorang terinfeksi chikungunya. Cara mencegah gigitan nyamuk penyebab chikungunya bisa berfokus dengan mengurangi habitat tempat nyamuk berkembang biak seperti tempayan, bak mandi, ember, tangki air, vas bunga, kaleng-kaleng bekas, tempat pembuangan AC atau kulkas, tempat minum hewan peliharaan, lubang pada pohon, tempurung kelapa, dan pelepah daun.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 06 Oktober 2016 08:09:19

Related Post :
Daun
Selain Untuk Kanker Inilah…

Selain untuk kanker, berikut…

Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala…

Penyakit infeksi lambung beserta…

Kesehatan
Bahaya Racun Ikan Fugu…

Mengetahui dampak dan bahaya…

Penyakit
Bagaimana Cara Mendiagnosis Kanker…

Cara mendiagnosis kanker paru-paru…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit…

Belajar mengenali gejala sakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Oleh Penderita Bipolar

Perubahan mood yang dialami penderita…

Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata…

Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Berhenti Konsumsi Gula

Gula memang dapat memicu timbulnya…

Kirim Pertanyaan
Top