Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Tips menjaga kesehatan gigi anak.
Menjaga kesehatan gigi anak sejak dini sangatlah penting, supaya anak dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi, seperti sakit gigi berlubang dan keropos di kemudian hari. Dan disinilah peran orang tua dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sangat dibutuhkan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengajarkan kepada anak-anak betapa pentingnya menyikat gigi setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi mereka.


Tak lepas dari itu, perawatan gigi yang baik sangat penting untuk di lakukan tak lepas dari usia baik dewasa terlebih pada anak. Lalu, bagaimana cara merawat kesehatan gigi anak sejak dini? Untuk mendapatkan jawabannya, anda dapat menyimak dan mempraktekan cara ataupun tips menjaga kesehatan gigi pada anak berikut ini.

1. Membiasakan membersihkan gigi sedini mungkin

Menjaga kesehatan gigi anak dapat di mulai dari membersihkan gigi anak sedini mungkin. Salah satu diantaranya seperti anda dapat membersihkan gusi dan gigi bayi dengan menggunakan kain basah setelah mereka  selesai makan.

2. Menggunakan pasta gigi fluoride

Jenis pasta gigi fluoride dapat di gunakan setelah gigi susu anak muncul (bayi berusi 6 bulan) yang dapat membantu mencegah dan mengendalikan keruksakan gigi pada anak. Untuk anak usia di bawah 3 tahun, gunakan pasta gigi fluoride setidaknya mengandung 1000 ppm fluoride . Sedangkan, untuk anak berusi 3-6 tahun, dapat menggunakan pasta gigi fluoride 1350-1500 ppm. Namun pastikan anak-anak tidak menjilat atau menelan pasta gigi tersebut.

3. Ajarkan anak teknik menyikat gigiyang tepat

Sangatlah penting untuk memastikan anak-anak menyikat gigi dengan benar. Mengetahui cara menyikat gigi yang benar dapat mengembangkan kebiasaan menjaga kesehatan mulut yang baik sejak tahap awal. Namun tidak perlu mengajarkan anak teknik yang rumit. Cukup gunakan langkah sederhana untuk menjelaskan bagaimana cara memegang sikat gigi yang benar.

4. Flossing

Flossing atau mebrsihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang setelah makan itu juga sangat penting untuk menjaga ksehatan gigi. Sehingga tidak akan ada lagi sisa-sisa makanan yang masih tertinggla pada gigi. Meskipun sangt sulit, cara ini sangat efektif untuk membantu mencegah keruksakan gigi dan bau mulut. Flossing pada anak-anak sendiri dapat di mulai saat mereka mulai memiliki dua gigi geraham, yang umumnya terjadi pada usia 2,5 hingga 3 tahun.

5. Mengonsumsi makan bergizi

Beberapa jenis makanan juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi anak. Terlebih buah dan sayur dan olahan makanan lainnya seperti  yang mengandung kalsium di dalamnya seperti keju non-olahan, yogurt dan susu. Sebaiknya anda menghidarkan anak-anak untuk terlalu sering mengonsumsi makanan manis. Hal tersebut di karenakan gula yang terkandung dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi anak-anak  kemungkinan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Batasi pula makanan lengket yang melekat pada gigi, karea jenis makanan tersebut pun dapat menyebabkan gigi berlubang. Menyuruh anak untuk membersihkan gigi setelah mengonsumsi makanan manis, dapat mengurangi resiko keruksakan gigi pada anak.

6. Rutin perika kesehatan ke dokter gigi

Anak harus di bawa ke dokter gigi setidaknya satu kali saat dia meninjak usia 2 tahun. Hal tersebut dapat menjadikan anak-anak mulai terbiasa dengan lingkungannya, sehingga anak dapat mencegah terjadinya permasalahan pada gigi sejak dini.

Itulah tips menjaga kesehatan gigi anak sejak dini agar anak dapat terhindar dari sakit gigi di kemudian hari. Selain itu, jaga juga kesehatan gusi dan mulut anak ya bun! Semoga bermanfaat dan salam gigi sehat!

By Nida Saripah - Tips Kamis, 06 Oktober 2016 13:31:38

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus…

Campak merupakan infeksi yang…

Ibu Hamil
Hindari Makanan Penyebab Keguguran…

Untuk para ibu hamil…

Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan…

Anak yang memiliki berat…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Kol Sayuran…

Meskipun bisa menyebabkan perut…

Penyakit
Ketahui Penyebab Bicara Gagap…

Penyebab bicara gagap pada…

Kesehatan
Wanita Wajib Tahu! Ini…

Wanita wajib tahu! ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Meredakan Payudara Saat Nyeri Menyusui

Payudara nyeri merupakan salah satu…

Tips
Tips Penting Sebelum Menyimpan Daging Kurban Kedalam Freezer

Tips penting sebelum menyimpan daging…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top