Khasiat Dan Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Khasiat Dan Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Ubi jalar maupun ketela rambat banyak dibudidayakan dan dipakai untuk makanan pokok. Terutama di daerah Afrika. Akarnya membentuk umbi dan banyak dimanfaatkan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Jika diklasifikasikan berdasarkan warna, ubi jalar mempunyai banyak varian diantaranya adalah ubi jalar putih, orange, ungu, dan abu-abu. Semua jenis ubi jalar mempunyai kandungan sama. Namun pada ulasan kali ini, kami akan membahas hanya tentang ubi ungu.


Ubi ungu kaya akan serat, beta karoten, karbohidrat kompleks, dan mikronutrien seimbang. Tidak heran jika umbi-umbian mempunyai banyak manfaat untuk tubuh karena kandungannya tersebut. Warna dari ubi ini ungu dan bisa dijadikan warna alami yang sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Ubi ungu bisa diolah menjadi bahan makanan seperti es krim, kripik, minuman, kue, dan lain-lain. Hal tersebut sangat memungkinkan karena dalam ubi ungu tidak mengandung lemak yang berbahaya dan  makanan ini aman bila dikonsumsi oleh semua kalangan mulai anak-anak sampai orang lanjut usia. Bahkan ubi ungu aman dikonsumsi bayi yang berusia 6 bulan untuk dijadikan makanan pendamping ASI berkat kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Menurut penelitian, ubi ungu mengandung kalium, zinc, magnesium, lisin, tembaga, vitamin C, E, vitamin B1, protein, dan mineral. Kandungan vitamin A pada ubi jauh lebih tinggi di banding tomat dan buah bit bahkan wortel. Selain rasanya yang pulen, manis, sedap, dan nikmat, beragam manfaat ubi  ungu juga bisa Anda rasakan. Mulai dari untuk diet  hingga menurunkan tensi darah tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan rangkuman manfaat ubi ungu

Menurunkan tekanan darah tinggi. Buah-buahan, sayuran, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan antioksidan seperti karotenoid, asam fenolik, dan, antosianin. Fungsi antioksidan tersebut adalah untuk mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.

Perlu Anda ketahui, umbi ungu sangat baik bila dimakan bersama daunnya karena mengandung kadar asam klorogenik yang tinggi, sebagai bagian dari zat antioksidan yang mampu mencegah tekanan darah tinggi sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Menjaga berat badan. Penelitian singkat pernah dilakukan terhadap manusia. Hasilnya orang yang diberikan tambahan makanan selama sebulan dengan ubi ungu, berat badannya stabil dan tensi  darahnya turun. Jadi, bisa disimpulkan ubi ungu sangat baik untuk penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Antikanker. Sesuai dengan namnanya, ubi ungu berwarna ungu dan warna tersebut dapat dicirikan memiliki kandungan antosianin yang tinggi sebagai zat yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab kanker

Selain itu, ubi ungu mempunyai khasiat menghambat perkembangan sel-sel kanker karena para ahli gizi yang meneliti kandungan ubi ungu menemukan zat antioksidan yang disebut sianidin dan peonidin (turunan dari antosianin). 

Senyawa kimia fenol antipenuaan yang tinggi juga terdapat pada ubi ungu. Namun jika ingin mendapatkan khasiat tersebut, konsumsilah ubi yang baru diambil dari dalam tanah, karena kandungannya masih segar dan dapat berkhasiat maksimal, jangan mengkonsumsi yang telah lama tersimpan karena khasiat anti kankernya telah berkurang.

Belilah ubi ungu yang segar, baru diambil dari tanah, lalu olahlah sesuai keinginan dan konsumsilah. Jangan membeli dan mengkonsumsi ubi ungu yang sudah keriput dan berakar karena khasiat dan rasanya berkurang.

By Ana Rediana - Manfaat Kamis, 06 Oktober 2016 15:42:15

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Penyakit Ensefalopati Serta…

Tahukah anda apa itu…

Ibu Dan Anak
Tips Jitu Hentikan Bayi…

Ibu tidak perlu khawatir…

Alami
Obat Sakit Gigi Alami…

Obat sakit gigi alami…

Penyakit
Kondisi Medis Hypoalbuminemia yang…

Hypoalbuminemia adalah tanda medis…

Kesehatan
Warna Gusi Berubah Jadi…

Setiap orang memiliki warna…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Jeruk Purut…

Jeruk purut merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat
Mengetahui Kebaikan dan Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain bisa meningkatkan nilai ibadah…

Kirim Pertanyaan
Top