Gejala Dan Cara Mencegah Infeksi Pada Cantengan

Share dan Tag Temanmu di :

Cantengan, sakit pada sudut kuku karena pertumbuhan kuku tidak normal
Cantengan adalah kondisi yang terjadi dimana sudut ujung jari terasa sakit, berwarna kemerahan, dan terasa bengkak. Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan sisi kuku menjorok kedalam dan melukai kulit. Kondisi ini umumnya dialami oleh jempol kaki.


Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat membuat sisi kuku tumbuh kedalam kulit. Diantaranya adalah karena sering menggunakan kaos kaki maupun sepatu yang sempit, tidak rapi saat memotong sisi kuku, memotong kuku terlalu pendek, karena secara alami mempunyai kuku yang melengkung kedalam, serta karena cedera.

Gejala cantengan ditandai dengan rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan di sudut ujung jari. Gejala lainnya adalah adanya penumpukan cairan serta keluarnya nanah. Luka tersebut bisa terinfeksi. Kulit yang berada di area yang tertusuk bisa mengalami peradangan serta tumbuh dengan tidak normal. Umumnya sakit akan terasa menjadi-jadi jika jari yang cantengan tertekan atau tersentuh sesuatu.

Untuk mencegah infeksi pada cantengan sebaiknya lakukan langkah-langkah perawatan tepat seperti menjaga kebersihan kuku beserta kulit di sekitarnya dan rutin mencucinya menggunakan air hangat serta sabun. Lakukan empat kali sehari masing-masing 20 menit.

Anda juga bisa mencoba menjauhkan sisi kulit dari tancapan kuku menggunakan cotton bud. Jika perlu, ganjal celah diantara kuku dan kulit menggunakan kapas sehingga kuku bisa tumbuh dengan normal. Metode tersebut akan terasa menyakitkan. Oleh sebab itu, lakukan secara perlahan dan kalau perlu gunakan minyak zaitun agar kuku menjadi lebih lembut.

Cara lain dalam menghentikan tekanan kuku pada kulit yakni dengan memotong kuku yang menancap pada kulit. Tidak hanya itu, gunakan kaos kaki dan sepatu yang nyaman serta pas sehingga kulit tidak tertekan. Anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti acetaminophen serta ibuprofen yang sesuai dengan dosis, usia, serta petunjuk yang tertera pada kemasan. Krim antibiotic juga bisa dioleskan pada jari yang cantengan untuk mencegah infeksi. Setelah diolesi, tutup jari menggunakan perban kasa.

Jika mengalami tanda-tanda infeksi seperti inflamasi parah, pendarahan, sampai keluar nanah, segera temui dokter. Apalagi jika Anda menderita diabetes. Mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sangat perlu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk kasus cantengan parah, dokter umumnya akan menempuh prosedur operasi pencabutan kuku. Operasi tersebut terbagi menjadi dua jenis yakni operasi pencabutan seluruh kuku dan pencabutan sebagian kuku.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 07 Oktober 2016 08:34:57

Related Post :
Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan…

Tips cara mengatasi kapalan…

Ibu Hamil
Hal yang Perlu Diperhatikan…

Kehamilan merupakan hal yang…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Yang…

Informasi tentang buah dan…

Obat Kimia
Acarbose Obat Untuk Penderita…

Acarbose Obat Untuk Penderita…

Kesehatan
Ini Penyebab Nyeri Pergelangan…

Berbagai penyebab nyeri pergelangan…

Alami
Fakta Menarik Seputar Teripang…

Selain digunakan sebagai bahan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Cara Mengobati Penyakit Stroke Ringan Sampai Sembuh

Selain dengan obat, cara mengobati…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Diare

Diare merupakan suatu kondisi yang…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab Psikosis

Mengenal gejala dan penyebab psikosis…

Kirim Pertanyaan
Top