Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cengkeh

Share dan Tag Temanmu di :

Karang gigi atau yang sering kali kita kenal dengan plak gigi adalah lapisan tipis yang tak berwarna (transparan) dan tidak dapat di lihat dengan mata bisa, serta melekat pada gigi dan membentuk koloni atau kumpulan yang terdiri atas air liur, sisa-sisa makanan, jaringan mati, fibrinogen, mikroorganisme seperti bakteri dan lain sebagainya. Pada umunya, plak gigi terbentuk sebagai akibat dari kemalasan menggosok gigi sebelum dan sesudah tidur. Yang pada akhirnya, sisa-sisa makanan  pada gigi dan lama kelamaan menjadi kerak, yang mulanya berwarna kuning kemudian lama kelamaan menjadi menghitam, yang menempel erat pada gigi dan sangat sulit untuk di hilangkan jika hanya dengan menggunakan pasta gigi.


Pada dasarnya, gigi memiliki banyak celah dimana sisa makanan dapat bersembunyi. Saat anda mengunyah makanan setidaknya ada sedikit makanan yang tertinggal di mulut. celah tersebut sering kali sulit untuk di jangkau oleh sikat gigi, karena sebagian besar sikat gigi hanya akan bergerak pada bagian depan gigi saja.

Selain malas menggosok gigi masih banyak penyebab karang gigi terjadi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Terlalu sering makan makanan yang manis. Jika anda sangat menyukai mengonsumsi makanan manis, maka resiko timbulnya karang gigi pun semakin meningkat. maka dari itu jangan terlalu berlebihan untuk mengonsumsi makanan seperti kismis, coklat, kue tart dan makanan manis lainnya yang menempel pada gigi anda.
  • Tidak rajin berkumur. Berkumur mungkin anda anggap sebagai hal yang sepele, namun hal tersebut sangat efekttif untuk menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi. Maka dari itu, biasakanlah berkumur setelah makan.
  • Merokok. Jika anda seorang perokok maka mesti resiko terjadinya karang gigi sangatlah tinggi. Hal tersebut di karenakan tembakau dan asap rokok sangat rentan menyebabkan karang gigi dan gigi kekuningan.

Dengan adanya karang gigi, tentunya akan memperburuk penampilan gigi anda terutama membahayakan kesehatan gigi anda. Beberapa diantaranya adalah dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, penampilan gigi menjadi kotor, menimbulkan infeksio pada gusi, serta bersiko menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Namun, jika anda kini tengh mengalami masalah plak gigi, anda dapat mengatasinya dengan bahan alami seperti cengkeh. Manfaat cengkeh untuk menghilangkan karang gigi terbilang cukup efektif untuk menghilangkan plak pada gigi. Untuk informasi selengkapnya anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Cara menghilangkan karang gigi dengan cengkeh

Cengkeh atau syzygium aromaticum adalah jenis rempah-rempah yang sangat melimpah di Indonesia dan sering kali di jadikan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan serta obat herbal. Namun selain itu, manfaat cengkeh juga dapat di jadikan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Hal itu di sebabkan karena cengkeh mengandung berbagai manfaat baik di dalamnya seperti bertindak sebagai anastesis gigi alami, antimikroba, antioksidan dan kandungan khasiat yang lainnya. Sehingga cara ini sangat tepat di jadikan cara menghilangkan karang gigi akibat rokok dan penyebab lainnya. Cara ini juga sangat aman dan cocok untuk menjaga kesehatan gigi anak dari plak gigi.

Cara menghilangkan karang gigi atau plak secara tradisional dengan menggunakan cengkeh terbilang cukup mudah. Langkah-langkah yang perlu di lakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan cengkeh kering secukupnya.
  • Haluskan cengkeh kering tersebut hingga bubuk.
  • Setelah itu, gosokkan cengkeh tersebut pada karang gigi.
  • Seduh bubuk cengkeh sebagiannya lagi dengan air, dan gunakan untuk berkumur.
  • Lakukan treatmen ini secara teratur untuk menghilangkan plak gigi.

Nah, itulah cara menghilangkan karang gigi menggunakan cengkeh secara alami. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda pada umumnya.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Sabtu, 08 Oktober 2016 14:54:18

Related Post :
Alami
Pengobatan Polip Hidung Secara…

Pengobatan polip hidung secara…

Kesehatan
5 Pilihan Menu Takjil…

Berikut adalah pilihan menu…

Kesehatan
Cara Mengatasi Menopause Dini…

Cara mengatasi menopause dini…

Kesehatan
Kaki Terasa Ngilu? Ini…

Selain terasa sakit dan…

Obat Kimia
Domperidone Obat Untuk Mengatasi…

Domperidone adalah obat untuk…

Tips
Cara Memanfaatkan Garam Dapur…

Umumnya garam dapur digunakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips Mengatasi Bopeng Bekas Jerawat dengan Bawang Putih

Terdapat banyak bahan alami yang…

Tips
Cara Mengolah Bawang Putih Sebagai Obat Tradisional

Selain mengetahui khasiat bawang putih,…

Kirim Pertanyaan
Top