Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

Tips Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi

Demam merupakan kondisi saat suhu tubuh ada di atas 37,5 derajat celcius. Demam bisa disebabkan karena infeksi ringan sampai parah. Demam dianggap berpotensi berbahaya ketika suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius. Saat suhu tubuh sangat tinggi, hal tersebut menandakan infeksi serius sedang terjadi di dalam tubuh. 


Demam akan menghilang dengan sendiri dalam beberapa hari. Untuk mengobati demam, berbagai obat-obatan penurun panas dapat dibeli bebas di apotek. Sebelum mengonsumsinya, baca aturan pakai serta ikuti dosis yang dianjurkan. Gejala demam yang paling umum selain suhu tubuh yang lebih tinggi diantaranya adalah menggigil, sakit kepala, berkeringat dingin, batuk-batuk, sakit telinga, sakit tenggorokan, sakit otot, diare dan muntah-muntah, hilang selera makan, dan merasa kelelahan.

Beberapa obat-obatan untuk mengatasi demam karena infeksi diantaranya adalah aspirin, parasetamol, antibiotik, antivirus, dan ibuprofen. Aspirin merupakan obat demam yang bisa dikonsumsi hanya oleh orang dewasa. Aspirin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak karena obat ini dapat memicu munculnya sindrom reye yakni penyakit yang dapat memberikan pengaruh terhadap hati dan otak. Aspirin bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

Ibuprofen dan parasetamol juga bisa diandalkan untuk mengatasi demam. Orang yang sedang demam umumnya merasa kurang nyaman karena berbagai gejala yang timbul. Parasetamol atau ibuprofen bisa dikonsumsi sesuai dosis serta aturan pakai. Meski ada beberapa obat demam yang tidak bisa dikonsumsi tanpa resep dokter, namun berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum meminumnya sangat direkomendasikan. 

Beberapa orang yang sering merasa pusing atau sakit kepala biasanya mengonsumsi paracetamol. Namun sebaiknya penggunaan paracetamol tidak sering dan tidak untuk jangka panjang karena bisa merusak ginjal dan hati. Antibiotik juga bisa diberikan sesuai dengan resep dokter. Antibiotik diberikan ketika terdapat kecurigaan adanya infeksi bakteri penyebab demam seperti pneumonia. 

Antivirus umumnya tidak terlalu dibutuhkan karena infeksi virus bisa dilawan secara otomatis oleh kekebalan tubuh manusia. Obat tersebut hanya diberikan ketika risiko komplikasi pada penderita terbilang tinggi. Cara penanganan sakit ringan seperti demam yang disebabkan virus adalah dengan mengonsumsi banyak air dan istirahat yang cukup.

Selain itu, saat mengalami demam, Anda juga bisa menggunakan pakaia tipis dan berada di ruangan yang sejuk. Istirahatlah yang cukup untuk memulihkan tubuh dan membantu kekebalan tubuh. Karena terlalu banyak beraktivitas bisa meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih panas. Jika tidak diatasi dengan baik, demam bisa pula mendatangkan komplikasi seperti halusinasi, dehidrasi parah, sampai kejang-kejang.

By Ana Rediana - Tips Sabtu, 08 Oktober 2016 15:25:07

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

  • Tips Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh Lgi

    1 Balasan

    Tips

    Selamat pagi, saya merupakan seorang penderita asma akut dan kini sedang menjalani berobat jalan di salah satu pusat kesehatan. Namun, meski begitu asma saya sering kali timbul secara tiba-tiba. Adakah…

  • perih dan sakit pada mata kambuhan

    1 Balasan

    Tips

    Selamat sore dok, saya kerja didepan layar monitor komputer sudah hampir 3 tahun lebih. Beberapa bulan kebelakang saya sering merasakan rasa perih dan sakit mata, terus menjalar kebagian kepala dengan…


Tips
Tips Cara Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat terja disaat keringat…

Tips
Cara Mengobati Bisul Yang Sudah Pecah Agar Cepat Kering

Cara mengobati bisul yang sudah…

Tips
Cara Mengatasi Alergi Kulit Bentol-bentol Paling Efektif

Cara mengatasi alergi kulit bentol-bentol…

Tambah Pertanyaan
Top