6 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Anda mungkin sudah taka sing lagi dengan selasih. Biji selasih banyak dipakai sebagai pelengkap berbagai minuman dingin di restoran-restoran. Biji selasih berwarna hitam kecil dengan warna putih bening yang mengelilinginya ini mempunyai banyak manfaat.


Sebelum menjelaskan lebih rinci mengenai manfaat selasih, sebaiknya Anda ketahui dulu lebih jauh mengenai buah yang bernama latin ocinum ini. Selasih adalah tumbuhan yang termasuk ke dalam kindom plantea dan berasal dari Thailand. Tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat baik pada daun, buah, maupun bijinya. Daun selasih bisa dimanfaatkan sebagai rempah karena memiliki aroma khas yakni wangi, manis, dan menyegarkan.

Di China, biji selasih digunakan untuk obat alternatif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal tersebut tidak mengherankan karena selasih mengandung banyak manfaat seperti tymol, eugenol, metal eugenol, serat, vitamin, dan lemak. Euganol mempunyai fungsi sebagai fungisida di dalam tubuh sedangkan tymol berfungsi untuk menghalau serangga dan melawan bakteri. Berikut kami rangkum manfaat biji selasih.

1.Manfaat selasih untuk mengurangi dampak buruk nikotin. Rutin mengonsumsi biji selasih dapat meminimalisir dampak negatif dari nikotin yang didapat dari hasil hirupan asap rokok.

2.Manfaat selasih untuk menguatkan sistem imun tubuh. Manfaat tersebut dikarenakan selasih mengandung antioksidan dan vitamin C yang penting dalam menguatkan sistem imun tubuh manusia.

3.Manfaat selasih untuk menyembuhkan sembelit. Efek karminatif dalam biji selasih memiliki fungsi untuk menyembuhkan masalah-masalah pencernaan seperti perut kembung dan susah BAB. Tidak hanya itu, biji selasih juga dapat menyembuhkan radang lambung jika dikonsumsi dengan rutin. Cukup 5 gram selasih per hari.

4.Manfaat selasih untuk mengobati batuk. Selasih bisa membantu menyembuhkan batuk rejan berkat adanya kandungan antispasmodic. Oleh sebab itu, tidak heran banyak masyarakat memanfaatkan biji selasih untuk obat batuk dengan mencampurkan biji selasih pada teh yang berfungsi untuk mengencerkan dahak.

5.Manfaat selasih untuk meredakan stress. Tidak hanya dijadikan untuk aromaterapi, selasih juga bisa dipakai untuk meredakan stress dan memperbaiki suasana hati. Biji selasih juga dapat menyembuhkan syaraf tegang, migren, kelelahan, dan mengurangi depresi. Anda bisa menyeduh 5 gram biji selasih yang dicampur 200 cc air lalu minum saat masih hangat. Untuk menambah cita rasa, madu dan jeruk nipis bisa dicampurkan.

6.Manfaat selasih untuk menyembuhkan luka. Biji selasih mengandung minyak alami yang dapat dipakai untuk membantu menyembuhkan infeksi serta luka pada kulit seperti luka bakar.

By Rizka Ardiana - Manfaat Selasa, 11 Oktober 2016 08:21:09

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Buah kiwi mempunyai nama latin…

Manfaat
Manfaat
Tambah Pertanyaan
Top