Jenis Vitamin Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagai orang tua tentunya selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk salah satunya dengan memberikan mereka  beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga mereka tidak rentan terserang suatu penyakit. Tidak harus selalu menggunakan suplemen, bahkan lebih baik juka menggunakan sumber vitamin alami di sekitar kita seperti dari makanan salah satunya.


tanpa kita sadari, seiring berjalannya waktu sistem kekebalan tubuh anak juga semakin berkembang, beradaptasi dan memperkuat diri terhadap fakor lingkungan di sekitarnya. Paparan kuman juga membuat sistem imun tubuh anak belajar bagaimana mempertahankan diri serta membangun ketahanan tubuh terhadap infeksi. Dan makanan yang mereka konsumsi dapat membentuk kekebalan tubuh semakin kokoh sehingga mereka dapat melawan penyakit secara efektif. Maka dari itu, bunda perlu menyediakan makanan yang kaya akan nutrisi, serta sumber makanan untuk daya tahan tubuh anak.

Sumber dan jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak

Berikut kami akan informasikan beberapa nutrisi dan berbagai macam jenis vitamin yang wajib dipenuhi oleh anak. Hal tersebut dapat di jadikan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh anak secara alami, yang bisa anda berikan melalui beberapa jenis makanan.

  • Vitamin A

Selain baik untuk kesehatan mata anak, vitamin A juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jenis vitamin ini memainkan peran dalam meningkatkan respon antibodi serta fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A tinggi diantaranya adalah keju, telur, yogurt, wortel, ubi jalar, lobak, mangga, bayam, kol dan lainnya.

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang mengandung antioksidan yang cukup di dalamnya. Jenis vitamin ini sangat di perlukan untuk melawan infeksi, membantu melindungi sel dan menjaga anak agar tetap sehat, membantu proses penyembuhan, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Dukung sistem kekebalan tubuh anak dengan memberikannya makanan sumber vitamin C sebagai cemilan, seperti paprika, brokoli, kol, ubi jalar, jambu biji, jeruk, buah kiwi, dan buah mangga.

  • Vitamin D

Jenis vitamin ini juga memiliki peran penting dalam menunjang kekebalan tubuh, kekebalan terhadap infeksi dan juga pencegahan alergi. Sumber vitamin D yang paling efektif adalah sinar matahari di pagi hari. Namun anda juga dapat menjumpainya dalam beberapa jenis makanan seperti salmon, mackerel, telur, susu peretumbuhan, margarin berfortifikasi serta sarapan sereal berfortifikasi.

Namun sayangnya, jumlah vitamin D yang terkandung dalam makanan terbilang masih sedikit di banding dengan jenis kandungan lainnya, sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian anak. Maka dari itu, anak-anak sangat di anjurkan untuk mendapatkan suplmen vitamin D, baik dalam bentuk tetes vitamin, susu yang di perkaya vitamin D serta multivitamin anak berbentuk tablet yang juga kaya akan vitamin D.

  • Prebiotik

Prebiotik bukanlah jenis vitamin melainkan zat yang sangat mendukung pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dalam tubuh anak. Sejumlah bakteri baik tersebut sangat di perlukan oleh tubuh untuk memerangi bakteri jahat yang berpotensi bahaya di dalam tubuh. Maka dari itu, beberapa jenis makanan yang mengandung prebiotik dapat menunjang kekebalan tubh anak secara alami. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya adalah pisang, bawang, tomat, asparagus, bawang putih dan makanan gandum utuh. Beberapa susu yang mengandung prebiotik juga dapat melengkapi diet sehat seimbang anak.

  • Zat besi

Kandungan ini memiliki peranan penting dalam pembentukan hemoglobin, yang merupakan protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan ini juga bisa mendukung perkembangan kognitif normal untuk mendukung kecerdasan otak anak. Jika anak kekurangan zat besi maka dapat berdampak pada penurunan kekebalan tubuh anak. Dan menyebabkan anak lebih rentan mudah terserang penyakit infeksi.

Anda dapat memasukan jenis makanan yang mengandung zat besi kedalam menu makanan anak untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Bberepa diantaranya seperti daging merah, hati, kacang polong, kacang, aprikot kering, beras merah, susu pertumbuhan, sarapan sereal, tepung kacang kedelai dan juga sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam serta daun singkong.

  • Zinc

Zinc adalah jenis mineral yang umumnya di temukan di semua jaringan tubuh.  Zinc juga memiliki fungsi penting untuk tubuh di antaranya untuk pembentukan sel-sel baru, mempercepat penyembuhan luka, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terlebih pada anak-anak.

Tubuh sendiri tidak menyimpan cadangan zinc, maka dari itu, anda wajib menyertakan sumbe zinc dalam variasi makanan sehat mereka. Beberapa makanan yang mengandung zinc yang cukup tinggi di dalamnya meliputi: daging, susu, keju, roti, produk sereal dan seafood.

Nah, itulah deretan berbagai jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Maka dari itu, mulai sekarang bunda jangan sampai lupa ya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang di perlukan oleh si kecil, dengan memasukan beberapa jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ke dalam daftar menu makanan si kecil setiap harinya. Sehingga sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat dan penyakit pun lewat.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Selasa, 11 Oktober 2016 14:31:15

Related Post :
Kesehatan
Ketahui Efek Samping Kerokan…

Tehnik pengobatan kerokan dikatakan…

Penyakit
Jenis Penyakit Glaukoma Dan…

Glaukoma adalah penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Menjaga Kesehatan…

Tips cara menjaga kesehatan…

Kesehatan
Awas! Jangan Membaca Sambil…

Jangan membaca sambil tiduran…

Kesehatan
Makanan yang Dianjurkan Setelah…

Tubuh harus tetap diberi…

Kesehatan
Mengapa Mata Tidak Bisa…

Secara alami, sebagian besar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mudah menghilangkan dan mengatasi…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Penyakit Kulit Pada Bayi

Jenis penyakit yang memang sering…

Kirim Pertanyaan
Top