Gejala Penyebab Dan Pencegahan Demam Kuning

Share dan Tag Temanmu di :

Demam kuning merupakan penyakit yang disebabkan virus dan ditularkan lewat perantara nyamuk. Nyamuk yang membawa virus tersebut lalu menyebarkannya ke penduduk sekitar sampai menyebabkan demam hingga gangguan serius pada organ ginjal dan hati. Infeksi virus yang sudah merambat ke hati bisa mengganggu fungsi organ tersebut sampai bisa menyebabkan perubahan pada warna kulit menjadi kuning.


Penyebab demam kuning yang paling utama adalah karena gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejala demam kuning yang paling umum adalah sakit kepala, mual, muntah, demam, dan nyeri otot. Ada tiga tahap infeksi virus demam kuning yang terkadang sulit dibedakan dengan infeksi virus lainnya. Bahkan tahap awal sama sekali tanpa gejala.

Tahapan awal infeksi bisa berlangsung 3-4 hari dan dimulai 3-6 hari sejak gigitan nyamuk terjadi. Gejala lain yang bisa muncul adalah hilang nafsu makan, mata dan wajah kemerahan, serta lebih sensitif terhadap cahaya. Tahap kedua merupakan tahap remisi dimana pasien tampak membaik. Umumnya pasien sembuh di tahap yang berlangsung sekitar 2 hari. Meski demikian, pasien disarankan tetap waspada karena sekitar 15 sampai 25 persen jumlah pasien bisa memasuki fase ketiga dengan risiko yang lebih tinggi dan bisa berujung kematian.

Di fase ketiga, pasien sebagian mewaspadai munculnya kerusakan pada organ hati yang bisa membuat kulit dan mata menjadi kuning. Tidak hanya itu, bisa juga muncul demam yang disertai pendarahan dalam tubuh, peradangan hati atau hepatitis, muntah darah, serta kerusakan organ-organ lain.

Dalam mengobati demam kuning memang cukup sulit karena belum ada antivirus yang bisa menyembuhkannya. Tetapi penanganan suportif sangat diperlukan untuk menangani gejalanya. Gejala umum seperti sakit kepala, demam, serta nyeri otot bisa diatasi dengan obat pereda sakit seperti ibuprofen dan paracetamol.

Namun harap waspadai karena demam kuning bisa menimbulkan komplikasi seperti kerusakan organ tubuh pemicu kondisi gagal ginjal sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut di rumah sakit. Perawatan dapat direkomendasikan untuk mengatasi demam kuning seperti menjaga tekanan darah, memberikan oksigen, proses dialysis untuk penderita gagal ginjal, serta transfuse sel plasma untuk meningkatkan level pembekuan darah.

Mencegah demam kuning bisa dengan memberikan vaksin yang dilakukan sebelum seseorang melakukan traveling ke area yang memiliki potensi menyebarkan demam kuning. Vaksin bisa dilakukan minimal 10 hari sebelum waktu keberangkatan. Usia yang aman untuk mendapatkan vaksin adalah pasien dengan jarak usia 9 bulan sampai 60 tahun supaya terlepas dari risiko-risiko berbahaya seperti radang otak dan kematian.

By Rizka Ardiana - Penyakit Rabu, 12 Oktober 2016 08:12:43

Related Post :
Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Selain bagus untuk kesehatan…

Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi…

Waktu olaharaga yang tepat…

Kesehatan
Dampak Negatif Terlalu Sering…

Mengonsumsi obat warung dalam…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Telur Bagi…

Banyak manfaat telur bagi…

Penyakit
Mengenal Bahaya Kolesterol Tinggi…

Kolesterol merupakan senyawa lemak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Diabetes Tipe 2 Gejala Penyebab Dan Penanganannya

Diabetes secara umum terbagi 2…

Penyakit
Ketahui Jenis Cacing Jahat Penyebab Anak Cacingan

Ketahui jenis cacing jahat yang…

Penyakit
Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Penyebab kolesterol tinggi dan dampaknya…

Kirim Pertanyaan
Top