Tips Sehat Agar Anak Terhindar Dari Kuman Penyakit

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Sehat Agar Anak Terhindar Dari Kuman Penyakit

Karena sistem kekebalan tubuh anak-anak belum sempurna, mereka mempunyai risiko terjangkit infeksi lebih besar. Dewasa ini, sebagian kuman yang ada di sekitar berubah menjadi makin kuat dan sulit diobati. Namun meski demikian, orang tua tidak perlu membatasi anak untuk main di luar karena banyak cara untuk mencegah atau menghindarkan anak dari kuman. Mulai dari hal-hal sederhana misalnya mencuci tangan sebelum makan serta mandi dengan rutin memakai sabun.


Kuman memiliki ukuran sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini membuat kuman dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah dan mendatangkan penyakit tanpa kita sadari. Terdapat empat kuman yang umum ditemui yakni jamur, virus, protozoa, dan bakteri. Berikut kami berikan tips mengenai kebiasaan sehat untuk menghindarkan anak dari berbagai kuman yang merugikan.

-Membiasakan diri untuk mandi dan cuci tangan dengan rutin. Kulit anak adalah organ yang rentan menjadi tempat menempelnya bakteri seperti Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit pada anak seperti infeksi saluran nafas dan infeksi kulit. Salah satu bakteri yang berbahaya adalah MRSA atau methicillin-resistant staphylococcus aureus yang kebal dengan antibiotik yang umum dipakai. Sehingga orang yang terinfeksi bakteri ini penyakitnya akan sulit diobati dan memerlukan jenis antibiotik lebih kuat. Bakteri ini bisa menyebabkan masalah lebih serius seperti infeksi tulang dan pneumonia atau radang paru. Bakteri ini dapat berpindah lewat tangan anak yang kotor. Oleh karena itu, menjaga tangan dan tubuh agar selalu bersih merupakan langkah penting dalam menghindarkan anak-anak dari kuman dan penyakit.

-Menghindari makanan yang telah jatuh. Ada iklan yang membentuk opini public bahwa makanan yang jatuh sebelum lima menit masih bisa dimakan. Padahal sebuah penelitian yang dilakukan menegaskan bahwa makanan yang jatuh ke lantai, banyak bakteri yang akan langsung menempel. 

-Memenuhi jadwal vaksinasi. Vaksinasi adalah cara untuk melindungi anak dari berbagai macam penyakit berbahaya. Memenuhi jadwal vaksin adalah hal penting dan perlu diperhatikan. Tidak hanya vaksinasi wajib, selain itu ada pula vaksinasi khusus seperti vaksinasi flu yang bisa dilakukan untuk melindungi tubuh dari virus. Mengenai vaksin tersebut, konsultasikan dengan dokter. 

-Menggunakan antibiotik dengan bijak. Jika penggunaan bakteri tidak tepat, maka yang terjadi adalah bakteri baik juga akan terbunuh. Bakteri baik dibutuhkan dalam sistem pencernaan. Penggunaan antibiotik yang kurang tepat juga bisa meningkatkan resistensi antibiotik.

-Membersihkan seluruh penjuru rumah dengan teratur. Karpet adalah salah satu perabot rumah yang perlu dibersihkan dengan teratur supaya bulu hewan maupun debu tidak ikut terhisap. 

-Mejaga kesehatan hewan peliharaan. Anda yang mempunyai hewan peliharaan, jagalah kebersihan hewan peliharaan Anda terutama yang memiliki risiko tinggi untuk membawa bakteri bahaya seperti ular dan kura-kura yang berpotensi membawa bakteri salmonella.

Supaya kesehatan anak serta keluarga dapat optimal, lakukan kebiasaan ini dengan pola hidup sehat lainnya seperti mengajak anak untuk aktif bergerak dan menjaga asupan makanan dengan tidak jajan sembarangan.

By Ana Rediana - Tips Kamis, 13 Oktober 2016 15:39:17

Related Post :
Manfaat
Manfaat dan Kandungan Buah…

Manfaat dan kandungan buah…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Air…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Obat Sakit Pinggang Alami…

Obat sakit pinggang alami…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka…

Jika Anda mengalami luka…

Kesehatan
Ikuti Aturan Ini Agar…

Meskipun menyehatkan, jangan lakukan…

Penyakit
Mengenal Terapi Dan Pengobatan…

Mengatasi sleep apnea pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Ampuh Cegah Flu Unta Ala Penduduk Arab Saudi

Penyakit flu unta atau MERS…

Tips
Tips
Cara Efektif Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara efektif mengatasi bibir kering…

Kirim Pertanyaan
Top