Gejala Dan Diagnosis Autisme Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Memiliki anak dengan autisme memang menjadi tantangan tersendiri untuk setiap orang tua. Bagi orang tua maupun calon orang tua, pengetahuan mengenai gejala autisme sangat diperlukan. Berikut beberapa gejala umum yang membuat Anda bisa lebih waspada.


Anak yang terkena autisme mengalami perkembangan bicara yang sangat lamban. Misal tidak mampu bicara lebih dari 10 kata ketika usianya menginjak dua tahun atau terkadang sama sekal itidak bisa berbicara. Anak yang mengidap autisme juga tidak pernah mengungkapkan emosi, tidak merespon saat ada yang memanggil namanya sekalipun indera pendengarannya normal, tidak peka terhadap perasaan orang lain, menghindari kontak mata, tidakmauberpelukanataubermanja-manjadengan orang tua, jarang menggunakan ekspresi wajah atau bahasa tubuh ketika berkomunikasi.

Selain itu, nada bicara pada anak autis juga tidak biasa seperti datar, tidak dapat memulai percakapan, meneruskan obrolan, dan umumnya hanya bicara ketika mereka minta sesuatu, sering mengulang kata dan frasa namun tidak dapat menggunakannya dengan tepat, tampak tidak paham akan pertanyaan serta petunjuk sederhana, dan tidak paham mengenai interaksi sosial yang umum misal cara menyapa.

Gejala dalam pola perilaku juga seringkali ditunjukkan oleh anak dengan autisme. Misalnya tidak bisa diam, mempunyai kelainan dalam bergerak misal selalu berjinjit, lebih suka rutinitas familiar dan akan marah jika terdapat perubahan, melakukan gerakan yang diulang-ulang misal menjentikkan jari atau mengayunkan tubuh kedepan dan belakang, cara bermain tidak imajinatif, hanya menyukai makanan tertentu misal memilih makanan berdasarkan warna dan tekstur, cenderung sensitif terhadap sentuhan, cahaya, maupun suara, namun tidak memberikan respon terhadap rasa sakit.

Jika Anda mencurigai adanya gejala autisme pada anak, sebaiknya rujuk anak pada para spesialis seperti psikiater, psikolog, ahli terapiwicara, maupun dokter spesialis anak. Memang tidak ada pemeriksaan yang spesifik untuk mengonfirmasi autisme. Kelainan tersebut dapat didiagnosis berdasarkan gejala yang diperlihatkan anak.

Namun biasanya dilakukan pemeriksaan fisik untuk melihat kemungkinan mengenai adanya penyakit lain serta sejumlah pertanyaan tentang kesehatan, perkembangan, dan informasi mengenai perilaku anak yang dikumpulkan dari pihak bersangkutan seperti keluarga dan pihak sekolah.

Autisme bisa juga terjadi pada orang dewasa. Tidak sedikit orang yang menyadari bahwa dirinya menderita autis ketika sudahdewasa. Mereka biasanya takut untuk mendapatkan diagnosis karena akan sangat merasa dikucilkan serta diremehkan. Hubungi dokter maupun psikiater ketika Anda merasa memiliki gejala autisme.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Jum'at, 14 Oktober 2016 08:07:56

Related Post :
Kesehatan
Dampak Negatif Bagi Orang…

Dampak negatif bagi orang…

Kewanitaan
Tanda Dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Tips
Cara Mengatasi Migrain Yang…

Cara mengatasi migrain sebelah…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Abses Beserta…

Jenis-jenis penyakit abses beserta…

Obat Kimia
Suplemen Untuk Memperkuat Sistem…

Suplemen Untuk Memperkuat Sistem…

Ibu Dan Anak
7 Kebiasaan Sehat Agar…

7 Kebiasaan sehat ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Anak yang memiliki berat badan…

Ibu Dan Anak
Manfaat dan Bahaya Kebiasaan Menghisap Jari pada Bayi

Menghisap jari atau menggigit kuku…

Ibu Dan Anak
Obat Alami Batuk Pilek Untuk Bayi Dan Balita

Obat alami batuk pilek pada…

Kirim Pertanyaan
Top