Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Share dan Tag Temanmu di :
Bunga melati mempunyai nama ilmiah Jasminum sambac, ait. Tanaman ini berasal dari negara Mediterania. Melati merupakan salah sau jenis bunga yang memunyai wangi harum dan juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan dari berabad-abad lalu, melati dijadikan sebagai obat herbal oleh banyak masyarakat terutama di wilayah Mediterania.



Kandungan yang dimiliki bunga melati cukup banyak diantaranya minyak eteris (zat berbau), asetat benzilic, alkohol benzilic, indole, linalcohol, livalylacetaat dan jasmon. Kesemua kandungan tersebut sangat bermanfaat. Sehingga membuat bunga melati mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan

Mengatasi masalah PMS

Salah satu manfaat bunga melati untuk kesehatan yaitu mengatasi PMS. Pada saat wanita menjelang menstruasi biasanya sering PMS. Gejalanya biasanya bad mood, uring-uringan tidak jelas. Untuk mengatasi PMS, anda bisa menyeduh teh melati di pagi hari.

Mencegah dan mengobati kanker

Bunga melati kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat memerangi radikal bebas. Perlu anda ketahui bahwa radikal bebas ini berkaitan erat dengan perkembangan kanker. Jadi jika anda mengurangi radikal bebas didalam tubuh anda, maka akan mengurangi kanker. Seperti yang terdapat dalam manfaat rosela merah dapat mencegah sel kanker serta mengatasi kanker.

Mengatasi bengkak karena digigit serangga atau lebah

Bunga melati juga bermanfaat dapat mengatasi bengkak karena digigit serangga atau lebah. Cara membuat ramuan bunga melati sangatlah mudah yaitu sediakan 1 genggam bunga melati, remas-remas hingga halus atau bisa juga ditumbuk. Kemudian tempelkan pada bagian yang digigit serangga atau lebah.

Radang usus

Bunga melati mempunyai kandungan yang sangat bagus untuk mengatasi peradangan terutama peradangan pada saluran pencernaan seperti usus. Cara membuat ramuannya sangatlah mudah yaitu sediakan 1 genggam daun melati, cuci dengan air yang bersih, rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Diamkan sampai dingin, setelah itu saring dan minum ramuan tersebut.

Radang ginjal

Selain dapat mengatasi radang usus, bunga melati juga dapat mengatasi radang ginjal. Caranya, ambil 15 lembar daun melati, cuci dengan air yang bersih. Kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air saja. Minum air rebusan tersebut secara rutin hingga warna urine kembali normal.

Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan

Mencegah penuaan dini

Tidak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi juga bunga melati memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan salah satunya dapat mencegah penuaan dini. Bunga melati kaya akan kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dapat melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit rusak. Oleh karena itu, bila anda ingin selalu tampak awet muda, anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan minum teh bunga melati. Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan kulit dan olahraga secara rutin setiap hari.

Menghilangkan bau badan

Manfaat bunga melati untuk kecantikan sangatlah banyak, salah satunya menghilangkan bau badan. Caranya, sediakan 30 kuntum bunga melati, cuci dengan air yang bersih, masukan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan semalam. Setelah itu, minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

Menghaluskan kulit tubuh

Semua wanita pastinya ingin memiliki kulit tubuh yang halus. Sehingga bagi sebagian wanita tidak memperdulikan berapa harga perawatan ke salon. Padahal perawatan bisa dilakukan di rumah yaitu dengan memanfaatkan bunga melati.

Caranya, sediakan 1 genggang melati, cuci dengan air yang bersih dan tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan olive oil atau air mawar. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, campurkan susu atau madu. Oleskan pada kulit sampai merata, gosok-gosok sampai diberi pijatan hingga 20 menit. Bersihkan dengan handuk yang basah dan bilas sampai bersih. Lakukan secara teratur, 2-3 kali dalam 1 minggu.

Itulah beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat bermanfaat.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 14 Oktober 2016 11:59:17

Related Post :
Ibu Dan Anak
Cara Tepat dan Aman…

Ibu hamil yang mengalami…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik…

Daftar makanan yang baik…

Daun
Manfaat Daun Pandan Bagi…

Manfaat daun pandan bagi…

Penyakit
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang…

Meskipun jarang menunjukkan gejala,…

Manfaat
Manfaat Daun Bidara Untuk…

Bidara adalah tanaman yang…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat…

Daftar menu sarapan sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
6 Bunga yang Menyimpan Manfaat Menyehatkan bagi Tubuh

Disamping memiliki warna yang cantik…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Belalang Bagi Kesehatan

Manfaat mengonsumsi daging belalang bagi…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top