Kandungan Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Kandungan Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh

Kesemek memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Kandungan serat di dalamnya lebih banyak dibandingkan dengan buah apel. Tidak hanya rasanya yang manis, buah kesemek juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat kesemek diantaranya adalah untuk mencegah pembuluh darah menjadi keras, mencegah penyakit kanker, menstabilkan tekanan darah, memperlambat penuaan dini, menjaga kelenturan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah agar tetap normal, memperkuat limpa, menjaga kesehatan paru-paru, dan mencegah penyakit makula pada orang lansia.


Anda yang mengalami masalah dengan kelebihan berat badan bisa rutin mengonsumsi kesemek karena seratnya yang tinggi bisa melangsingkan tubuh. Selain itu, manfaat kesemek lainnya adalah untuk meningkatkan produksi sel darah merah untuk memenuhi sel-sel akan sari makanan dan oksigen, meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan organ jantung, melancarkan sirkulasi darah, anti tumor, dan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Kesemek sebaiknya dikonsumsi langsung, tanpa diproses terlebih dahulu. Namun jika menginginkan, Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus segar. Minum dengan rutin buah kesemek untuk menghindarkan diri dari penyakit hipertensi.

Cara pengolahan kesemek lainnya adalah dengan dijadikan buah kering. Tidak hanya itu, buah kesemek kering juga dapat dijadikan ramuan dan diminum. Caranya mudah, yakni siapka dua buah kesemek yang telah dikeringkan, masukkan ke panci kemudian beri air dan kukus sampai matang. Haluskan buah kesemek lalu tambahkan madu murni sebanyak satu sendok kemudian campurkan dan minum. Ramuan tradisional kesemek ini efektif dalam menyembuhkan batuk berdahak dan asma.

Buah kesemek juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit perut. Anda dapat meredakannya dengan memamak satu kesemek segar sehingga panas dan nyeri di perut akan hilang sendiri. Selain itu, kesemek juga bisa dijadikan obat alami disentri atau obat alami diare. Cara membuatnya, rebus dua potong kesemek kering lalu aduk sampai menjadi bubur, campur dengan perasan jeruk nipis, konsumsi sehari tiga kali. 

Meski kesemek yang seringkali disebut dengan apel jawa, tapi kesemek mempunyai tekstur daging yang berbeda dengan apel asli. Daging apel bertekstur keras, sedangkan buah kesemek memiliki tekstur lebih lembut dengan kandungan air yang banyak. Untuk rasanya pun berbeda dengan rasa daging buah apel. Apel mempunyai rasa manis asam sementara kesemek rasanya manis. Daging buah kesemek juga dapat dijadikan toping kue.

Di beberapa daerah di Indonesia, buah kesemek disebut juga dengan buah genit karena kulit buah kesemek berwarna putih seperti yang diberi bedak. 

By Ana Rediana - Manfaat Jum'at, 14 Oktober 2016 15:40:34

Related Post :
Kesehatan
Mengetahui dan Mewaspadai Amuba…

Berenang atau bermain air…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu…

Selain menyebabkan obesitas, ini…

Obat Kimia
Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi…

Fenofibrate obat untuk mengatasi…

Kesehatan
Makanan Ini Tidak Boleh…

Makanan ini tidak boleh…

Alami
Cara Mengobati Panu Menahun…

Cara mengobati panu menahun…

Penyakit
Mengenal Jenis-jenis Penyakit Yang…

Tahukah anda apa saja…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat Dari Konsumsi Susu Secara Rutin

Selain bagus untuk kesehatan tulang…

Manfaat
Ini Manfaat Kacang Kapri Yang Banyak Tidak Diketahui

Ini beragam manfaat yang akan…

Kirim Pertanyaan
Top