Gejala Depresi Dan Cara Mengobatinya

Share dan Tag Temanmu di :

Depresi merupakan suasana hati buruk yang berlangsung dalam kurun waktu cukup tertentu. Saat mengalami depresi, hati akan merasa sedih, tidak memiliki motivasi untuk beraktivitas, putus harapan, menyalahkan diri sendiri, dan hilang ketertarikan terhadap hal-hal yang dulunya dianggap menghibur.


Merasakan sedih di hati adalah hal yang wajar. Namun saat mengalami depresi, suasana sedih berlangsung sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kondisi tersebut akan mempengaruhi perilaku, perasaa, serta cara pikir.

Banyak orang menganggap depresi merupakan sesuatu yang sepele serta dapat hilang dengan sendiri. Padahal depresi merupakan bentuk penyakit yang lebih dari sekadar emosi sementara. Depresi bukan kondisi yang dapat diubah dengan cepat dan lansung. Karena depresi, seseorang akan merasa aktivitas sehari-hari sangat tidak menyenangkan. Bahkan dalam mempertahankan hubungan dengan keluarga maupun orang lain terasa berat. Depresi dapat membuat orang yang mengalaminya merasa hidup ini tidak berguna, bahkan karena depresi, seseorang bisa bunuh diri.

Setidaknya ada 350 juta orang di dunia yang mengalami depresi. Data tersebut didapat dari WHO. Namun masih banyak orang yang menderita depresi tak mengakui kondisi mereka sehingga tidak pernah dibicarakan dan ditangani. Depresi umumnya lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan pada laki-laki. Sekitar satu juta orang di dunia bunuh diri karena depresi.

Jika Anda merasakan gejala-gejala berikut ini, waspadailah karena bisa jadi Anda sedang depresi. Gejala depresi diantaranya adalah mudah cemas, sedih berkepanjangan, hilang selera untuk menikmati hobi, tidak punya harapan dalam hidup, tidak percaya diri, mudah menangis, sensitif dan mudah marah, merasa sangat bersalah, dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan apapun. Pada fisik, depresi pun menimbulkan gejala seperti gangguan pola tidur, badan selalu terasa lelah, merasakan berbagai macam sakit, dan tidak ada hasrat untuk berhubungan seksual.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab depresi? Biasanya depresi disebabkan karena kejadian tragis seperti kehilang pekerjaan ataupun kehilangan seseorang. Selain itu, bisa juga disebabkan karena masalah keuangan, melahirkan, terisolasi secara sosial, trauma di masa kecil, dan ketergantungan terhadap alkohol maupun narkoba.

Mengobati orang yang terkena depresi akan tergantung kepada penyebab dari depresi yang dialami. Ada berbagai obat antidepresan yang bisa dipakai untuk menangani depresi. Hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter atau psikiater. Selain itu, ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengurangi konsumsi alkohol dan lebih sering berolahraga. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas terapi untuk berbagi cerita dan saling support.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 15 Oktober 2016 08:12:52

Related Post :
Manfaat
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Obat Cina
Obat Flu Untuk Ibu…

Obat flu untuk ibu…

Manfaat
Jangan Buang Biji Buah-Buahan!…

Informasi seputar khasiat dan…

Penyakit
Sering Nyeri Saat Buang…

Anda sering mengalami nyeri…

Kesehatan
Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium…

Tanda tubuh kekurangan kalsium…

Penyakit
Mengenal Gejala Faktor Risiko…

Informasi tentang polip usus,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Parkinson

Pantangan makanan bagi penderita parkinson…

Kesehatan
Dampak Negatif Mengonsumsi Daging Terlalu Banyak

Meskipun memiliki rasa yang nikmat…

Kesehatan
Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat telur bebek untuk kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top