Mengetahui Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Share dan Tag Temanmu di :

Mengetahui masa subur wanita setelah melahirkan merupakan salah satu hal yang penting untuk di ketahui bagi anda dan pasangan yang kini baru saja di karuniai seorang bayi. Dengan begitu, anda bisa mengetahui dan dapat memprediksi keadaan sistem reproduksi anda sudah bormal kembali. Selain itu, anda juga dapat merencanakan program hamil berikutnya, agar anda tidak hamil terlalu dini setelah anda baru melahirkan bayi beberapa waktu dekat ini. Maka dari itu, dengan mengetahui masa subur setelah melahirkan, setidaknya anda dapat mengatur jarak kehamilan berikutnya, dan anda bersama pasangan dapat mensiasati kondisi tersebut.


Setelah melahirkan, wanita membutuhkan waktu hingga 42 hari atau setara dengan 6 minggu untuk mengembalikan sistem reproduksinya ke bentuk awal seperti sebelumnya saat mengalami kehamilan. Begitu juga dengan siklus menstruasinya. Seorang wanita paling cepat membutuhkan waktu hingga 42 hari untuk mengembalikan hormon di dalam tubuhnya seperti saat sebelum hamil. Bahkan di luar itu, banyak dari pada wanita membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan menstruasinya yang pertama setelah mereka melahirkan. Kondisi tersebut sering kali di sebabkan akibat perubahan hormonal di dalam tubuh ibu yang menyusui. Salah satunya adalah adanya hormon prolaktin yang akan menekan esterogen dan menghambat menstruasi pada ibu menyusui. Selain itu, pola makan ataupun pola hidup anda juga sangat mempengaruhi kondisi tersebut.

Namun anda jangan khawatir karena pada umumnya kondisi amenorea atau tidak mendapatkan menstruasi selama menyusui dianggap normal dan sangat bervariasi pada wanita, yaitu antara 3-24 bulan (2 tahun). Pada jangka waktu tersebut, siklus haid anda setelah melahirkan akan kembali normal secara perlahan ataupun bisa juga setelah anda berhenti menyusui.

Lalu, kapan masa subur wanita setelah melahirkan?

Mendapatkan menstruasi setelah melahirkan merupakan salah satu hal yang penting. Selain telah mengetahui bahwa sistem reproduksi anda telah kembali seperti semula, dengan begitu juga anda bisa mengetahui masa subur anda setelah melahirkan

Anda dapat melakukan perhitungan rata-rata menstruasi setiap bulan di lakukan dalam waktu 3 bulan secara berturut-turut. Bahkan alangkah lebih baik lagi, jika di lakukan selama 6 bulan.

Contoh perhitungan yang di lakukan selama 3 bulan berturut-turut:

Juni siklus haid terjadi dalam 28 hari, Juli 32 hari, Agustus 28 hari. Maka rata-rata menstruasi anda adalah (28+33+28)/3 = 28 hari. Jadi, ada kemungkinan anda akan mendapatkan menstruasi di bulan september dengan siklus 28 hari. Dan masa subur biasa ada pada di hari ke 14 plus minus 2, yang di hitung dari hari pertama menstruasi berakhir.

Contohnya jika anda terakhir menstruasi tanggal 20 agustus, maka 28 hari kedepan anda akan mendapatkan mentruasi kembali sekitar tanggal 18 mei. Jika menstruasi teratur 28 hari, maka perhitungan akan mudah di lakukan yaitu hari ke 14 di hitung dari menstruasi pertama. Seperti menstruasi tanggal 1 mei, maka masa subur adalah 14 mei plus minus 2 yaitu sekitar 12-16 mei.

Kebanyakan dari bidan ataupun dokter berpendapat bahwasannya melakukan hubungan pasutri  setelah 6 minggu anda malahirkan bayi masih di anggap aman. Akan tetapi, hal tersebut sangat rentan adanya kehamilan baru terlebih jika anda belum mengetahui masa subur anda pasca melahirkan. Dan resikonya bayi anda akan mendapatkan sedikit berkurang karena anda sendiri sibuk merenncanakan kehamilan setelah melahirkan. Sebaiknya, anda menunda ntuk meremncanakan kehamilan, setidaknya hingga bayi anda berumur 1 tahun, agar anda bisa lebih fokus untuk memberikan perhatian kepada bayi anda tersebut.

Demikian informasi yang  dapat kami sampaikan seputar mengenal masa subur pada wanita setelah melahirkan. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk mempertimbangkan, apakah ingin segera mendapatkan kehamilan berikutnya, ataupun menunda kehamilan anda setelah melahirkan.

By Nida Saripah - Kewanitaan Sabtu, 15 Oktober 2016 10:16:13

Related Post :
Ibu Hamil
Mengenali Penyebab Keguguran pada…

Keguguran sangat identik dan…

Tips
Cara Menghindari Bau Mulut…

Bau mulut merupakan salah…

Alami
Resep Ramuan Bawang Merah…

Ramuan bawang merah ternyata…

Manfaat
Manfaat Buah Pepaya Untuk…

Segudang kandungan mineral dan…

Kesehatan
Ada Benjolan Di Leher?…

Ada benjolan di leher?…

Tips
Cara Menyimpan ASI Perah…

Cara menyimpan ASI Perah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Keuntungan Pemakaian Alat Kontrasepsi IUD / KB Spiral

Keuntungan pemakaian alat kontrasepsi IUD…

Kewanitaan
Tanda Dan Gejala Keputihan Abnormal

Gejala keputihan abnormal sangat penting…

Kewanitaan
Mengapa Menstrual Cup Lebih Baik dari Pembalut? Ini Alasannya

Dibandingkan dengan pembalut, penggunaan menstrual…

Kirim Pertanyaan
Top