Kandungan Gizi Dan Manfaat Kacang Kedelai Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Kacang kedelai atau soybeans adalah salah satu jenis polong-polongan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tak kalah dengan kandungan gizi jenis kacang lainnya untuk kesehatan seperti halnya kacang edamame dan juga kacang panjang. Di Indonesia ini, jenis polong-polongan ini sering di manfaatkan sebagai bahan baku makanan, penyedap rasa serta olahan sehat yang baik di konsumsi oleh tubuh. Seperti tempe, tahu, kecap hingga susu kedelai. Bahkan di negara maju seperti jepang dan juga China kacang kedelai di jadikan salah satu makanan pokok oleh sebagian penduduknya. Dan hasilnya bisa kita lihat, tingkat kualitas kesehatan negara tersebut memang jauh lebih tinggi. Lalu sebenarnya kandungan apa saja yang terkandung dalam kacang kedelai?


Selain nikamat untuk di konsomsi, nyatanya kacang kedelai juga memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat dan baik ntuk kesehatan tubuh. Pada 100 gram kacang kedelai terkandung 286 kal energi, 30.2 gr protein, 15.6 g lemak, 30.1 g karbohidrat, 4.9 g serat, 196 mg kalsium, 506 mg fosfor, 6.9 mg besi,  95 IU vitamin A, 0.93 mg vitamin B1, vitamin C, dan air 20 g.

Khasiat dan manfaat kacang kedelai bagi tubuh

Adapun manfaat dan khasiat kacang kedelai adalah sebagai berikut.

1. Manfaat kacang kedelai untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Sumber protein tinggi dapat anda temukan pada beberapa jenis makanan seperti pada kacang kedelai. Dengan memiliki kadar protein yang cukup di tubuh, maka fungsi metabolisme pun akan meningkat jauh lebih besar. Kandungan protein sendiri merupakan blok yang berfungsi sebagai pembangun sel dan juga pembuluh darah.

2. Manfaat kacang kedelai untuk diet

Jika anda kini ingin menurunkan berat badan secara sehat, anda dapat mencoba kacang kedelai sebagai solusinya. Hal itu di sebabkan karena kacang kedelai ini mampu mengurangi nafsu makan, maka akan mengurangi kebiasaan makan anda secara berlebih.

3. Manfaat kacang kedelai untuk mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang cukup di milikinya juga  sangat baik mengurangi resiko berbagai jenis penyakit kanker, seperti salah satunya kanker payudara. Antioksidan juga mampu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Yang mana radikal bebas tersebut mampu menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker yang sangat membahayakan kesehatan.

4. Manfaat kacang kedelai bagi jantung

Meski kedelai mengandung lemak yang cukup tinggi, namun lemak disini bukanlah lemak jenuh melain kan lemak tak jenuh. Makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol yang berlebih, sehingga jantung andapun semakin sehat.

5. Manfaat kacang kedelai untuk mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang cukup tinggi di kenal sebagai salah satu kandungan untuk menguatkan kulang dan mencegah pengorosang tulang berlangsung (osteoporosis). Selain dari pada itu, kdelai juga mengandung fitoesterogen yang berfungsi untuk memperkuat tulang. Serta kandungan proteinnya yang dapat mencegah pengeluaran kalsium melalui urine.

6. Manfaat kacang kedelai untuk mencegah anemia

Salah satu olahan kedelai yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup baik adalah tempe. Yang mana salah satu dari manfaatnya adalah dapat mencegah anemia serta kekurangan sel darah merah. Hal itu di sebabkan karena selain kandungan zat besi, tempe juga mampu meningkatkan aktivitas B12, yang berperan dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

7. Manfaat kacang kedelai untuk diabetes

Kandungan serat serta  vitamin B kompleks, serta kandungan asam aminonya menjadikan kedelai menjadikan makanan sempurna yang sangat baik di konsumsi oleh penderita diabetes. Terlebih kandungan seratnya yang juga ikut membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

8. Manfaat kacang kedelai untuk menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam kacang kedelai maupun olahannya mampu membantu kontraksi otot perut sehingga dapat mencegah sembelit. Kandungan antibakteri di dalamnya juga dapat mencegah diare pada anda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung dalam manfaat kacang kedelai Seperti halnya monopouse, antiaging, hiertensi, kehamilan, kesuburan, menghilangkan jerawat, menguatkan tulang dan gigi dan lainnya. Namun, untuk mendapakan khasiatnya, anda harus mengonsumsi kedelai dalam takaran yang pas dan tidak lebih. Karena jika nada mengonsumsinya dalam takaran yang lebih, maka dapat berpotensi menimbulkan efek samping seperti mengakibatkan asam urat. Hal itu di sebabkan karena kedelai mengandung purin sedang yaitu 50-100 mg/ 100 g.

By Nida Saripah - Manfaat Senin, 17 Oktober 2016 08:58:02

Related Post :
Obat Kimia
Obat Penurun Kadar Kolesterol…

Obat penurun kadar kolesterol…

Alami
6 Bahan Alami Untuk…

Berikut ini adalah beberapa…

Penyakit
Penyebab dan Gejala Kondisi…

Kelainan albinisme merupakan kelainan…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Penyakit
Mengetahui Kaitan Antara Sirosis…

Kanker hati seringkali dikaitkan…

Obat Kimia
Retinoic Acid Obat Untuk…

Retinoic acid obat untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging Kepiting Bagi Tubuh

Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Daging Burung Pipit Bagi Kesehatan

Meskipun sering dianggap sebagai hama…

Kirim Pertanyaan
Top