Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Kamboja merupakan salah satu bunga yang ditanam di pekarangan rumah untuk mempercantik rumah. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias oleh sebagian orang. Namun tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja, ternyata bunga kamboja juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain bunga, bagian kamboja seperti akar, batang, daun, kulit dan getahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.


Bunga kamboja mempunyai nama ilmiah Plumeria rubra L.cv Acutifolia. Sama seperti bunga yang lainnya seperti bunga melati, bunga kamboja juga memiliki wangi yang khas. Tanaman ini juga mempunyai beberapa jenis, ada yang kecil dan ada juga yang besar yang bisa mencapai beberapa meter. Warna bunganya pun berbeda-beda ada yang berwarna putih, merah, kuning, merah muda bahkan kombinasi dari warna-warna tersebut.

Bunga kamboja memiliki sebutan yang berbeda di berbagai daerah, di daerah jawa dikenal dengan sebutan semboja, masyarakat bali menyebutnya bunga jebun, orang sunda menyebutnya samoja, kamoja, samboja, masyarakat gorontalo menyebutnya bunga lomilate, masyarakat madura menyebutnya campaka molja atau bakul, masyarakat minangkabau menyebutnya pandam, masyarakat minahasa menyebutnya karasuti, kolosusu, tintis, sedangkan masyarakat todore menyebutnya capaka kubu.

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Mengobati bisul

Kamboja memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya adalah mengobati bisul. Caranya, sediakan 1 lembar daun kamboja yang segar, panaskan di atas api, sesudah daun kamboja layu atau lemas, oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian tempelkan daun kamboja yang masih panas tersebut ke bagian yang titumbuhi bisul. Cara lainnya yaitu dengan getah kamboja, ambil getah kamboja langsung dari pohonnya, lalu oleskan ke bagian yang ditumbuhi oleh bisul.

Mengatasi bengkak

Kamboja juga memiliki manfaat dapat mengatasi bagian anggota tubuh yang bengkak. Caranya, sediakan kulit batang kamboja, tumbuk hingga halus, rebus sampai mendidih. Kemudian kompres atau rendam bagian tubuh yang bengkak dengan menggunakan air rebusan tersebut.

Cara lainnya adalah sediakan akar dan daun daun kamboja, kemudian rebus sampai mendidih dan beri sedikit garam. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau merendam kulit yang bengkak. Lakukan 2 kali sehari.

Mengobati patek (frambusia)

Frambusia atau patek ialah penyakit infeksi pada kulit. Cara mengobatinya, bisa menggunakan kulit kamboja. Caranya, sediakan kulit kamboja , tumbuk halus, rebus sampai airnya matang atau mendidih. Kemudian pakailah air rebusan tersebut untuk mandi dan menggosok pada bagian yang terkena patek.

Mengobati kencing nanah

Kamboja memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya dapat mengobati kencing nanah. Kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS). Bagian tanaman ini yang dipakai untuk mengobati kencing nanah adalah akar kamboja. Caranya, sediakan satu potong akar pohon kamboja, cuci dengan air yang bersih, rebus dengan air 2 gelas sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut 1 gelas setiap harinya.

Menghilangkan tahi lalat

Kamboja juga memiliki manfaat dapat menghilangkan tahi lalat. Caranya, ambil beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas, oleskan atau tempelkan pada tahi lalat yang ingin anda hilangkan.

Menghilangkan mata ikan dan kutil

Selain dapat menghilangkan tahi lalat, kamboja juga bermanfaat dapat menghilangkan mata ikan. Bahkan dapat menghilangkan kutil. Caranya, ambillah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas. Kemudian oleskan dan tempelkan kapas tersebut pada mata ikan dan kutil sampai merata.

Sebagai obat antibiotik

Getah bunga kamboja berkhasiat sebagai antibiotik yang efektif mengobati luka yang disebabkan pada saat seseorang terjatuh yang dapat mengakibatkan luka yang terbuka. Hal ini dikaarenakan getah bunga kamboja memiliki kandungan triterpenoid, alkaloid, tanin dan flavonoid.

Itulah beberapa manfaat kamboja untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat.

By Rizka Ardiana - Manfaat Senin, 17 Oktober 2016 11:17:30

Related Post :
Ibu Hamil
Fakta Hyperemesis Gravidarum yang…

Sama seperti kehamilan sebelumnya,…

Ibu Dan Anak
Anak Sering Berteriak ?…

Berteriak bisa menjadi kebiasaan…

Kesehatan
Risiko Penyakit dari Golongan…

Selain sebagai pelengkap dokumen…

Penyakit
Cara Penanganan Herpes Genital…

Sistem kekebalan tubuh yang…

Tips
Tips Diet Sehat Alami…

Memiliki badan ideal adalah…

Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala…

Cara mengatasi sakit kepala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Segudang kandungan gizi yang terdapat…

Manfaat
Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan Daging Bebek

Meskipun tidak sepopuler daging ayam,…

Manfaat
Manfaat Pisang Merah Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat pisang merah yang luar…

Kirim Pertanyaan
Top