Kandungan Dan Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Mulai saat ini anda dapat coba mengganti sarapan nasi dengan sarapan oatmeal di pagi hari. Karena selain mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan, di dalamnya masih terdapat banyak berbagai macam jenis kandungan nutrisi lainnya yang di butuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila khasiat dan manfaat oatmeal sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh.


Oatmeal adalah jenis gandum yang mengandung serat sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan dan juga dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Maka dari itu, makanan yang sangat banyak di sarankan oleh ahli gizi sebagai menu makanan sehat ini, bagus untuk di konsumsi untuk menjaga kesehatan termasuk kesehatan jantung.

Dengan menyantap semangkok oatmeal panas di pagi hari, maka anda akan siap menjalankan aktivitas dengan semangat dan juga energi yang penuh. Dalam 100 gram oat sendiri, mengandung banyak sekali nutrisi dan juga gizi yang di perlukan oleh tubuh diantaranya seperti serat, lemak, protein, mangan, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, mangan, kalium dan juga zat besi.

Khasiat dan manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh

Setelah kita mengatahui berbagai macam kandungan yang terdapat di dalamnya, maka tak heran jika oatmeal mengandung berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat oatmeal untuk mengatasi masalah pencernaan

Mengonsumsi oat di duga dapat menyelesaikan masalah pencernaan seperti batu empedu, Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau gangguan usus besar, divertikulosis (kantung kecil yang menonjol keluar melalui usus besar), penyakit radang usus, dan juga sembelit. Bahkan menuruit suatu penelitian oat yang di konsumsi setiap haru pun dapat menurunkan resiko terkena kanker usus besar. Akan tetapi penelitian tersebut memerlukan bukti dan penelitian yang lebih lanjut.

Manfaat oatmeal bagi penderita diabetes

Oatmeal mengandung kandungan serat yang tinggi. Kandungan tersebut akan membuatnya lebih lambat di cerna tubuh. Yang mana artinya oatmeal tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat pada penderita diabetes, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol agar tetap stabil.

Manfaat oatmeal untuk kolesterol

Oatmeal disinyalir mengandung kandungan serat yang mampu memblokir atau mengurangi penyerapan LDL pada usus. Dengan mengonsumsi minimal 5 gram atau lebih serat (1,5-2 cangkir) setiap harinya di yakini dalam mengurangi kolesterol jahat yang terakumulasi di dalam tubuh. Serat yang di hasilkan akan semakin banyak jika anda menyajikan oatmeal yang di campurkan dengan buah-buahan seperti pisang.

Manfaat oatmeal untuk mengurangi resiko jantung

Dengan mengonsumsi oatmeal 2 minggu secara berturut-turut mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat)  dan kolesterol total, yang pada akhirnya berkemungkinan menurunkan resiko penyakit jantung.

Manfaat oatmeal untuk menjaga berat badan ideal

Serat yang terkandung dalam oatmeal akan bertahan lama berada di dalam perut. Ini akan menyebabkan anda lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga dapat mencegah anda melakukan kebiasaan yang dapat menambah berat badan seperti mengemil. Dan hasilnya berat badan ideal anda akan terjaga.

Meski manfaat oatmeal untuk kesehatan saangatlah banyak, akan tetapi sebagian oarang mungkin salah satunya anda tidak menyukai oatmeal karena rasanya yang tidak enak akibat hambar. Untuk menyisiatinya, anda dapat mencampurkan beberapa jenis buah ke dalamnya seperti strawberry, apel, blueberry, atau pisang ke dalam semangkok oatmeal anda. Atau pun anda bisa menambahkan 1 sendok makan gula merah atauppun madu kedalamnya agar trasa sedikit manis.

Nah itulah Kandungan dan manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh. Jika kini anda telah mengatahui berbagai jenis kandungan dan manfaat yang terdapat di dalamnya, maka saat ini juga mulailah hari anda dengan semangkuk oatmeal panas di pagi hari. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Manfaat Selasa, 18 Oktober 2016 10:41:56

Related Post :
Tips
Cara Mengobati Penyakit Hepatitis…

Cara mengobati penyakit hepatitis…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Kesehatan
5 Pilihan Menu Takjil…

Berikut adalah pilihan menu…

Kesehatan
Hal Yang Harus Dihindari…

Hal yang harus dihindari…

Tips
Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu…

Tips mendeteksi keberadaan kutu…

Penyakit
Ini Penanganan Sinusitis Ringan…

Terapi penanganan sinusitis ringan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Ini Manfaat Yang Di Dapat Jika Rutin Konsumsi Bayam Merah

Informasi manfaat dan khasiat kandungan…

Manfaat
Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bengkoang memiliki nama ilmiah Parchyzus…

Kirim Pertanyaan
Top