Berbahayakah Wanita Mengalami Keputihan Berwarna Coklat?

Share dan Tag Temanmu di :

Selain darah, masih terdapat cairan yang keluar dari jalan lahir vagina yang sering kita kenal dengan istilah keputihan (leukorea). Pada dasarnya, keputihan merupakan salah satu hal yang wajar di alami oleh wanita dalam semua usia, Namun berbeda artinya jika keputihan di sertai dengan beberapa gejala atau warna tertentu. Salah satunya adalah keputihan berwarna coklat, baik coklat muda ataupun coklat gelap. Hal inipun sontak menjadi salah satu Pertanyaan yang seing kali timbul di kalangan wanita, berbahayahakah wanita mengalami keputihan berwarna coklat?


Pada dasarnya, keputihan sendiri memiliki peranan penting dalam sistem reproduksi wanita. cairan bening ini umumnya bertindak sebagai proses pembuangan cairan yang di hasilkan kelenjar yang ada di dalam serviks dan juga vagina. Cairan tersebut membawa bakteri mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina terjaga akan kebersihannya.

Penyebab yang melatarbelakangi wanita mengalami keputihan berwarna coklat

Pada keadaan normal, keputihan berwarna coklat di sebabkan oleh tanda ovulasi dan sering kali terjadi pada awal masa kehamilan, mendekati monopause ataupun sesudah memasuki monopause. Selain itu, keputihan berwarna coklat pekat juga terjadi jika anda mengalami pendarahan pada dinding rahim (endometrium) yang umumnya terjadi sebelum menjelang menstruasi atau pada akhir periode menstruasi. Akan tetapi, jika keputihan berwarna coklat terjadi di sertai beberapa gejala seperti berbau, menimbulkan rasa gatal, ataupun gejala lainnya maka keputihan tersebut di sebut dengan keputihan abnormal yang mana merupakan tanda atau gejala adanya gangguan kesehatan pada sistem reproduksi anda.

Adapun keputihan berwarna coklat yang bersifat abnormal dapat di picu oleh beberapa kondisi berikut:

Atrofi vaginitis

Kondisi sering kali menyebabkan keputihan berwarna coklat yang di sebabkan akibat kekurangan hormon esterogen. Pada kondisi ini, vagina mengalami peradangan akibat rusaknya otot dan produksi cairan lubrikasi yang menurun. Jika anda mengalami atrofi vaginitis, anda akan mengalami beberapa gejala seperti rasa sakit saat berhubungan intim, vagina yang terasa kering dan perih, serta mengeluarkan cairan berupa keputihan berwarna coklat. Selain berwarna coklat, keputihan yang anda alami pun dapat berwarna kuning serta berbau busuk.

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Keputihan berwarna coklat juga dapat menjadi pertanda anda mengalami penyakit menular seksual seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, serta trikomoniasis. Selain keputihan berwara coklat, kondisi ini juga sering kali di sertai dengan gejala lainnya seperti rasa perih, gatal, bau dan juga ruam di sekitar vagina.

Polip rahim

Pada kondisi ini tidak hanya keputihan berwarna coklat yang menjadi gejala, gejala lain seperti pendarahan setelah melakukan hubungan seksual ataupun keluar darah haid yang keluar cukup banyak juga bisa terjadi jika anda mengalami polip rahim.

Penyakit inflamasi panggul

Inflamasi yang terjadi pada panggul juga dapat menjadi pemicu timbulnya keputihan berwarna coklat. Selain itu, anda juga akan mengalami sakit pada bagian tuba falopi, serviks, serta Lapisan rahim akan mengalami infeksi. Jika anda mengalami kondisi ini sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kanker serviks

Keputihan berwarna coklat juga dapat menjadi pertanda seseorang menderita gangguan kesehatan yang serius seperti kanker serviks. Perhatikan juyga gejala atau tanda lainnya seperti kehilangan berat badan secara drastis, nafsu makan yang berkurang, kelelahan yang berlebihan, sakit pada bagian pinggul dan juga tungkai.

Pada dasarnya keputihan berwarna coklat tidak perlu mendapatkan penanganan yang serius. Akan tetapi, jika keputihan berwarna coklat di alami secara terus menerus yang di sertai dengan beberapa tanda lain seperti gatal, sakit pada vagina, sakit saat berhubungan seksual serta keptihan yang berbau busuk, segera periksakan diri anda ke dokter kandungan untuk mendapatkan penangan yang tepat.

By Nida Saripah - Kewanitaan Rabu, 19 Oktober 2016 08:46:18

Related Post :
Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta…

Kesehatan
Ingin Miliki Tubuh Langsing…

Bagi Anda yang ingin…

Penyakit
Faktor Penyebab Dan Cara…

Faktor penyebab dan cara…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Gatal Perut…

Keluhan yang paling umum…

Kesehatan
13 Sayuran Ini Aman…

Beragam sayuran yang aman…

Kesehatan
Mengenali Penyebab dan Faktor…

Down syndrome merupakan kelainan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Benarkah Penderita Kista Ovarium Sulit Hamil?

Benarkah Penderita Kista Ovarium Sulit…

Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun Pembersih Kewanitaan

Berikut ini bahaya memakai sabun…

Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Ternyata ini penyebab haid tidak…

Kirim Pertanyaan
Top