Kandungan Dan Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Daun singkong adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sangat mudah kita jumpai disekitar kita. Selain itu umbinya juga sering kali di gunakan sebagai salah satu makanan pokok karena kandungannya yang kaya akan karbohidrat. Sementara daun singkong sering kali di jadikan seagai lalapan atau menu masakan nikmat seperti lodeh dan pelengkap pada masakan padang.


Selain rasanya yang sedap, nutrisi yang terdapat dalam daun singkong juga tidak perlu untuk diragukan lagi. Setiap 100 gram daun singkong terkandung 3.7 gram protein, 0.6 gram serat, 37 gram kalori, 0.2 gram lemak, 165 gram kalsium, 7.3 gram karbohidrat, vitamin A, C, B12, serta berbagai jenis mineral seperti fosfor, kalsium, dan juga zat besi. Maka tak heran jika anda sering kali merasa kenyang lebih lama setalah mengonsumsi daun singkong karena kandungan kalori yang cukup tinggi di dalamnya. Lalu, apa saja manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh? berikut ulasan selengkapnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa daun singkong memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C sendiri merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mampu menjaga kestabilan sel darah putih  dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Dengan rajin mengonsumsi daun singkong, anda bisa mendapatkan kebaikan vitamin A yang terkandung didalamnya. Selain sangat baik untuk penglihatan, vitamin A juga bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Mengobati penyakit stroke
Daun singkong juga dapat berperan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengobati stroke, Hal tersebut berdasarkan hasil dari beberapa penelitian baru-baru ini. Menurut penelitian, daun singkong mengandung nutrisi berupa isolvon, yang merupakan kandungan nutrisi yang baik untuk mengobati gejala stroke ringan ataupun berat.

Mempercepat proses penyembuhan luka
Kandungan zat besi yang terkandung dalam daun singkong mampu mempercepat proses penyembuhan luka bahkan meminimalisir terbentuknya bekas luka. Jadi, anda tidak perlu khawatir luka yang anda miliki sekarang dapat mengganggu penampilan anda.

Mencegah anemia
Selain efektif sebagai penyembuh dan pengering luka, kandungan zat besi yang di miliki oleh daun singkong juga mampu mencegah penyakit anemia, yang mana zat besi tersebut membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Membuat sistem pencernaan seakin sehat
Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga mampu membantu membersihkan usus dan mencegah terjadinya sembelit.

Meningkatkan nafsu makan
Sebagian orang meyakini bahwa daun singkong dapat menambah nafsu makan seseorang. Maka dari itu, jika kini nafsumakan anda sedang berkurang, anda dapat memasukkan daun singkong ke dalam menu masakan anda.

Menurunkan berat badan secara sehat
Jika kini anda tengah memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih, anada dapat melakukan program diet dengan memasukkan daun singkong ke dalam menu diet anda. Asupan kalori yang cukup tinggi di dalamnya mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah anda untuk makanan secara berlebih. Kandungan serat di dalamnya juga sangat cocok sebagai salah satu asupan diet sehat.

Efek daun singkong bagi penderita hipertensi

Banyak yang berpendapat bahwasannya daun singkong memberikan efek negatif bagi penderita hipertensi. Benarkan seperti itu? Pendapat tersebut ada benarnya. Lalu apa alasannya?

Memang ada benarnya jika daun singkong memiliki efek buruk bagi penderita hipertensi. Hal tersebut di karenakan di dalam 100 gram daun singkong terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi hingga mencapai 165 mg. Sedangkan, bagi penderita hipertensi perlu adanya kehati-hatian saat mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium.

Terlalu banyak kandungan kalsium dalam darah (lebih dari 2500 mg) dapat beraki bat negatuf bagi tubuh. salah satu dari dampaknya adalah dapat meningkatkan resiko munculnya plak pada arteri. Maka sebaiknya, jika anda tengah mengalami hipertensi, sangat penting untuk memperhatikan asupan kalsium dalam keseharian anda terlebih dalam mengonsumsi daun singkong.

Nah, itulah berbagai macam kandungan nutrisi dan manfaat daun singkong untuk kesehatan yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan khususnya dapat menambah wawsan pengetahuan anda.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 20 Oktober 2016 10:41:40

Related Post :
Manfaat
10 Khasiat Menakjubkan Rimpang…

Berikut ini khasiat dan…

Ibu Dan Anak
Ternyata Vertigo Juga Bisa…

Penyakit vertigo bisa dialami…

Kesehatan
Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat…

Kondisi kesehatan bisa dilihat…

Tips
Infeksi Cacing Pita Pada…

Infeksi Cacing Pita Pada…

Daun
Manfaat Daun Bangun Bangun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Susu Kambing Dan Manfaatnya…

Susu kambing dan manfaatnya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Ini Khasiat Daun Kemuning Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Inilah berbagai manfaat dan khasiat…

Daun
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun pandan bagi kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top