Penyebab Dan Gejala Herpes Zoster

Share dan Tag Temanmu di :

Herpes zoster adalah kondisi yang biasanya dialami kaum manula terutama mereka yang usianya di atas 50 tahun. Penyakit ini disebut juga dengan nama cacar ular atau cacar api yang disebabkan virus varisela zoster. Virus yang menetap dalam tubuh bahkan setelah cacar sembuh bisa aktif kembali di kemudian hari dan menjadi penyebab herpes zoster.


Herpes zoster memang tidak mengancam jiwa, namun bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah. Oleh karena itu, hubungi dokter segera jika Anda merasakan adanya gejala yang bisa ditangani sedini mungkin. Virus penyebab herpes zoster akan menetap di dalam jaringan saraf tubuh bahkan setelah cacar sembuh.

Kembalinya virus penyebab cacar yang menyebabkan herpes zoster belum diketahui dengan pasti. Namun terdapat beberapa faktor pemicu yang bisa mempengaruhinya yakni usia terutama yang usianya 50 tahun ke atas, pernah mengidap cacar air, mengalami stress, dan sistem kekebalan tubuhnya menurun karena mengidap diabetes, menjalani kemoterapi, maupun menggunakan obat steroid jangka panjang.

Orang yang mengidap herpes zoster tidak dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain, namun bisa menularkan cacar air. Jika belum pernah terkena cacar air sebelumnya kemudian mengalami kontak langsung dengan penderita herpes zoster, maka Anda berpotensi untuk terinfeksi virus varisela zoster dan terkena cacar air.

Gejala utama herpes zoster adalah rasa sakit yang terasa seperti sensasi terbakar. Beberapa hari kemudian, ruam menyerupai setengah lingkaran akan muncul. Ruam tersebut umumnya mengelilingi sisi kanan ataupun sisi kiri tubuh, terutama di bagian dada dan perut. Ruam tersebut lalu akan membentuk luka melepuh dengan berisi air yang gatal dan koreng dalam 3 sampai 5 hari.

Meski demikian, gejala-gejala penyakit tersebut bisa bervariasi. Sebagian kecil pengidap akan mengalami rasa nyeri tanpa ruam. Gejala-gejala yang bisa menyertai gejala utama, diantaranya adalah nyeri di seluruh tubuh, demam dan menggigil, dan sakit kepala. Herpes zoster biasanya bukan termasuk penyakit serius dan tidak mengancam jiwa. Namun sebaiknya jika Anda pernah menderita cacar air lalu merasakan gejala-gejala di atas sebaiknya segera menghubungi dokter untuk menurunkan risiko komplikasi.

Pencegahan herpes zoster bisa dilakukan untuk menurunkan risiko herpes zoster muncul yakni dengan menerima vaksin herpes zoster dan vaksin cacar air. Meski tidak sepenuhnya mencegah herpes zoster, namun setidaknya vaksin ini bisa mengurangi keparahan gejala yang dialami seseorang jika terserang penyakit ini.

Cara sederhana lainnya untuk mencegah penyebaran herpes zoster adalah dengan tidak meminjam barang-barang pribadi orang yang mengidap seperti pakaian atau handuk.

By Rizka Ardiana - Penyakit Jum'at, 21 Oktober 2016 09:38:53

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyebab Pembengkakan Kelenjar…

Penyebab dan gejala pembengkakan…

Ibu Hamil
Mengenal 3 Tahapan Dalam…

Ini 3 tahapan dalam…

Kesehatan
Tak Disangka! Ternyata Keputihan…

Tidak selalu membahayakan, ternyata…

Manfaat
Inilah Manfaat Sehat Lada…

Selain dijadikan sebagai bumbu…

Ibu Hamil
Begini Cara Mencegah Preeklampsia…

Begini cara mencegah preeklampsia…

Kesehatan
Sering Ngupil? Hati-hati Ini…

Sering mengupil? Hati-hati Ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus Campak Lebih Dekat

Campak merupakan infeksi yang disebabkan…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Pencegahan Gonore (Kencing Nanah)

Penyebab dan cara pencegahan gonore…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Kanker Ovarium Pada Wanita

Kanker ovarium menjadi salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top