Kandungan Dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Buah melon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sebelum masuk ke pembahasan manfaat buah melon, akan membahas dulu tentang buah melon dan kandungan gizinya. Melon merupakan buah yang termasuk dalam jenis labu-labuan. Buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis Melo ini masih bersaudara dengan blewah, buah semangka dan labu.


Buah melon memiliki rasa yang yang manis serta menyegarkan, sebab buah ini mengandung banyak air. Selain itu, daging buah melon pun mempunyai tekstur yang lembut. Cara mengolah buah ini bermacam-macam, ada yang dijadikan jus, campuran minuman segar dingin dan ada juga yang dikonsumsi secara langsung.

Buah melon memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, sehingga tidak heran bila buah ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah kandungan gizi yang dimiliki buah melon yaitu diantaranya karbohidrat, protein, vitamin A, potassium, vitamin C, kalium, likopen, kolagen, karotenoid, elektrolit, antioksidan, serat dan kandungan air.

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Baik untuk pencernaan

Buah melon memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya ialah baik untuk pencernaan. Hal ini dikarenakan buah melon memiliki kandungan serat dan air yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sama seperti menfaat buah pepaya, buah melon memiliki manfaat dapat mengatasi susah buang air besar.

Mencegah diabetes

Banyak sekali manfaat mengkonsumsi buah melon secara rutin setiap harinya salah satunya adalah dapat mengontrol tekanan darah serta mengatur kadar gula darah. Karena buah ini mengandung gula alami dan air yang mampu mencegah resiko diabetes.

Menurunkan berat badan

Melon adalah salah satu buah yang cocok untuk anda yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah melon mengandung sodium yang rendah, bebas lemak dan kolesterol dan rendah kalori.

Kesehatan kulit

Buah melon memiliki kandungan kolagen. perlu anda ketahui bahwa kandungan kolagen mempunyai manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Sehingga tidak heran buah melon ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, membuat kulit halus dan tidak kering.

Mencegah stroke

Buah melon memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Tentunya hal ini dapat sangat membantu dalam mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung. Selain mengandung kalium, buah melon juga mengandung elektrolit.

Kesehatan mata

Sama seperti wortel, buah melon juga memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan zat betakaroten yang bermanfaat mampu meningkatkan ketajaman penglihatan mata serta menyehatkan mata. Zat betakaroten tersebut kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi mata.

Mencegah kanker

Sama seperti buah dan daun sirsak, buah melon juga bermanfaat untuk mencegah dan membasmi kanker. Hal ini dikarenakan buah melon memiliki kandungan karotenoid.

Mencegah serangan jantung

Buah melon memiliki kandungan adenosine yang bermanfaat untuk mencegah serta mengentikan penggumpalan peredaran sel darah yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung dan penyakit stroke.

Itulah kandungan dan manfaat buah melon bagi kesehatan. Setelah anda mengetahui manfaat buah melon, sebaiknya konsumsi buah ini secara rutin setiap hari.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 21 Oktober 2016 11:05:48

Related Post :
Penyakit
Pengobatan Alami Untuk Penyakit…

Berikut adalah kisah tentang…

Alami
Terapi Penyembuhan Syaraf Kejepit…

Terapi penyembuhan syaraf kejepit…

Kesehatan
Pantangan Bagi Penderita Asma…

Pantangan bagi penderita asma…

Obat Kimia
Obat Untuk Penyakit TBC…

Obat untuk penyakit TBC…

Penyakit
Mengenal Aneurisma Otak penyakit…

Aneurisma otak yang dialami…

Penyakit
Komplikasi Luka Bakar Akut…

Waspadai komplikasi luka bakar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Manfaat Lada Hitam untuk Atasi Infeksi Pencernaan

Selain sebagai bumbu pelengkap, lada…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah kedondong…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Daging Burung Puyuh bagi Kesehatan

Selain memiliki telur yang dapat…

Kirim Pertanyaan
Top