Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Faktor Penyebab Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal bisa terjadi saat terdapat infeksi bakteri yang menyebar sampai organ ginjal baik salah satu ataupun keduanya. Bakteri paling umum yang menjadi penyebab infeksi adalah E.Coli. Bakteri tersebut juga merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Mulanya, bakteri akan masuk lewat uretra yang terbuka sampai naik menuju ke kandung kemih. Setelah itu, bakteri menginfeksi kandung kemih sampai akhirnya menyebar ke ginjal.


Bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih kemungkinan tidak sengaja menyebar dari anus ke uretra. Bakteri tersebut dapat masuk ke uretra saat kita membersihkan diri usai buang air besar ataupun ketika sedang berhubungan seksual. Tidak hanya itu, infeksi ginjal juga dapat terjadi saat infeksi bakteri maupun jamur pada kulit menyebar lewat aliran darah lalu masuk ke ginjal. Namun kondisi tersebut cukup jarang terjadi dan biasanya hanya terjadi pada orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah.

Terdapat pula faktor lain yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi ginjal. Diantaranya adalah:

  1. Anatomi tubuh wanita. Pada wanita, saluran yretra lebih dekat dengan anus dibandingkan pada pria. Sehingga mempermudah infeksi bakteri menyebar ke uretra. Tidak hanya itu, saluran uretra pada kaum wanita juga lebih pendek dibandingkan dengan uretra pada pria. 
  2. Kondisi bawaan lahir. Anak-anak yang lahir dengan kondisi medis tertentu dengan kelainan saluran kemih juga rentan terkena infeksi ginjal. Anak yang sering mengalami konstipasi juga mempunyai risiko menderita infeksi ginjal.
  3. Obstruksi pada saluran kemih. Berbagai kondisi seperti batu ginjal serta pembengkakan kelenjar prostat. 
  4. Sistem kekebalan tubuh lemah. Kondisi tersebut dapat disebabkan beberapa kondisi seperti menderita HIV/AIDS, menderita diabetes tipe 2 ataupun karena penggunaan obat-obatan untuk kemoterapi.
  5. Prostatitis. Infeksi pada kelenjar prostat dapat menyebar sampai ke organ ginjal dan menyebabkan infeksi ginjal.
  6. Wanita yang aktif secara seksual. Berhubungan seksual dapat membuat uretra iritasi dan mempermudah bakteri untuk memasuki kandung kemih.
  7. Orang yang melakukan seks anal. Bakteri akan lebih mudah masuk ke saluran kemih sampai akhirnya masuk ke kandung kemih.
  8. Wanita hamil. Perubahan fisik karena kehamilan dapat memperlambat aliran urin dalam tubuh sehingga bakteri dengan mudah bisa menyebar ke organ ginjal.
  9. Penggunaan kateter jangka panjang. Kateter merupakan pipa kecil yang dipakai mengeluarkan urin dari kandung kemih. Alat tersebut mungkin dipasang saat Anda menjalani tes diagnosis atau prosedur operasi.

By Ana Rediana - Penyakit Jum'at, 21 Oktober 2016 15:35:32

Related Post :
Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Penyakit…

Mengenal lebih dekat penyakit…

Kesehatan
Cara Menjaga Kesehatan Selama…

Melakukan persiapan kesehatan sebelum…

Tips
Cara Mengatasi Ulu Hati…

Penggunaan obat-obatan memang dapat…

Kesehatan
Cara Efektif Menjaga Lambung…

Cara efektif menjaga lambung…

Kesehatan
Gerakan OLaharaga Sederahana Di…

Berikut adalah gerakan olahraga…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Gejala Bidai Tulang Kering Atau Shin Splints

Waspadai gejala bidai tulang kering…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Miom Pada Wanita

Miom merupakan sejenis tumor jinak…

Penyakit
Penyebab Hiperhidrosis dan Cara Mengatasinya

Hiperhidrosis merupakan suatu kondisi dimana…

Kirim Pertanyaan
Top