Tips Dan Cara Ampuh Untuk Mengatasi Anak Susah Makan

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah anda kini tengan merasa kebingungan akibat anak susah makan? Apa anda khawatir si kecil menjadi kekurangan asupan nutrisi dalam masa tumbuh kembangnya? untuk mendapatkan solusinya, anda dapat menyimak artikel berikut ini.


Banyak dari orang tua terutama bunda yang mengeluhkan anaknya sangat sulit makan ataupun pilih-pilih dalam makanan. Bahkan menyebabkan mereka kebingungan dan memiliki kekhawatiran yang tinggi terhadap kesehatan dan daya tahan tubuh buah hatinya tersebut terhadap. Akan tetapi, sesungguhnya kondisi tersebut dapat di atasi apabila ada keseriusan, kesabaran dan atau hal apa yang harus anda lakukan.

Pada usianya kini anak sangat memerlukan asupan nutrisi yang seimbang dan teratur terlebih buah dan sayur. Dan hal terebut menjadi penentu anak tumbuh sehat dan juga aktif. Adapun jika kini anak susah makan, anda patut mengetahui berbagai macam penyebabanya sebelum anda mencari solusinya, agar cara penanganannya jauh lebih efektif.  Ada beberapa faktor penyebab anak susah makan diantaranya seperti kehilangan selera makan, rasa ingin tahu yang besar terhadap jenis makanan lainnya, sedang mengalami tumbuh gigi, sedang mengalami batuk atau flu, terlalu banyak mengonsumsi cemilan, sedang tidak nafsu makan, menunjukkan keakuannya, mengonsumsi makanan manis sebelum jadwal makan.

Tips dan cara ampuh untuk mengatasi anak susah makan

Adapun untuk mengatasi hal itu semua anda dapat mnyimka ulasan berikut ini hingga selesai.

Jadikan waktu makan adalah saat yang menyenangkan

Umumnya cara ini di lakukan pada anak yang masih kecil dan berumur balita. Jika anda memiliki anak yang masih berumur balita dan kini sangat sulit untuk di ajak makan, anda dapat mnerapkan cara ini salah satunya melewati terapi bermain. Dengan cara ini anda dapat mengetahui konflik permasalah yang menyebabkan anak susah makan dan dapat mengatasinya sesuai dengan penyebabnya.

Hindari untuk mengancam, menghukum dan menakut-nakuti anak agar ia bersedia makan yang banyak. karena hal tersebut hanya memberikan kesan kepada anak bahwa waktu makan adalah saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan hal yang mustahil jika hal tersebut dapat berdampak pada fisiologisnya.

Mengajarkan anak tentang perilaku makan yang baik dan juga teratur

Tips selanjutnya untuk mengatasi anak susah makan adalah anda patut membudayakan makan bersama di meja makan. Dengan begitu anda dapat berinterksi dengan anak dan menjadi teman yang menyenangkan di meja makan.

Dengan begitu, selain dapat memper erat berhubungan anak dan orang tua, maka pola makan teratur sesuai dengan jadwal makan bisa anak lakukan. Jadwalkan makan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan kegiatan sehari-harinya seperti waktu tidur, mandi dan lain sebagainya.

Berikan ia menu cemilan sehat dengan sajian menarik

Saat si kecil berusia 2 tahun, aktivitasnya semin banyak, sehingga ia sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyisiatinya, anda dapat memberikannya cemilan sehat dalam porsi kecil dan beragam yang di buat sendiri oleh bunda di rumah.  seperti halnya bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang  sus mini isi fla coklat, donat tabur keju dan lainnya.

Libatkan anak dalam menyiapkan makanan

Anda dapat Melibatkan anak pada saat menyiapkan atau menghidangkan makanan. Seperti halnya anda dapat meminta pertolongnnya untuk membawakan sayur dan buah di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Sehingga anak senang karena makanannya di siapkan oleh ia sendiri dan anakpun dapat makan dengan lahap. Selain itu, anak akan mencontoh apa yang di lakukan oleh orang tuanya. Bila anda mengonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan orang tuanya.

Memberikan reward atau hadiah yang mendidik

Jika si kecil susah makan, maka tidak ada salahnya untuk membujuknya dengan memberikan reward atau hadiah kepada mereka. Anak kecl umumnya sangat menyukasi hadiah terlebih pemberian dari orang tuanya. Hal ini akan dapat membantu anak yang sangat malas untuk makan menjadi lahap.

Namun pilihlah reward atau hadiah yang mendidik anak. Seperti halnya melakukan rekreasi ke kebun binatang. Selain membuat anak anda makan, juga akan memberikan dampak posistif terhadap diri mereka.

Nah, itulah beberapa tips dan cara ampuh mengatasi anak susah makan baik usia 1 atau 2 tahun dan anak balita. Bunda kini hanya tinggal mengaplikasikannya kepada si kecil di rumah. Semoga sukses ya bun!

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Sabtu, 22 Oktober 2016 09:59:44

Related Post :
Penyakit
Waspadai Ciri-ciri Kanker Rahim…

Waspadai kanker rahim sejak…

Alami
Obat Alami Ambeien Dari…

Obat alami ambeien atau…

Tips
Cara Mudah Dan Alami…

Cara alami membakar lemak…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Obat Kimia
Pilihan Obat Penyubur Kandungan…

Anda sedang mencari obat…

Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch…

Cara Mudah Mencegah Stretch…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Cara Tenangkan Bayi Sering Menangis dengan Akupuntur

Tips menenangkan bayi sering menangis…

Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah

Bayi yang lahir prematur memang…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top