Penyebab Dan Tanda Gejala Penyakit Hipospadia

Share dan Tag Temanmu di :

Hipospadia, keabnormalam pada saluran kemih dan penis

Hipospadia merupakan sebuah keabnormalan pada saluran kemih (uretra) dan penis. Dalam kondisi normal, lubang uretra berada di ujung penis yang berguna untuk mengeluarkan urin. Namun pada orang yang mengidap penyakit hipospadia, lubang uretra berada di bagian bawah penis. Biasanya kondisi ini adalah kondisi bawaan yang diderita sejak lahir. Kondisi tersebut bisa menyebabkan gangguan pada proses buang air kecil dan ereksi.


Kondisi hipospadia yang dialami setiap penderita biasanya berbeda-beda. Tingkat keparahannya tergantung pada lokasi lubang uretra dalam penis. Umumnya, lubang uretra penderita hipospadia terletak di dekat ujung penis. Namun terdapat pula pengidap yang lubang uretranya terletak di tengah atau di pangkal penis. Posisi tersebut terbilang parah.

Penyebab dan tanda gejala penyakit hipospedia

Gejala-gejala orang yang mengalami jenis-jenis hipospadia terbilang mirip. Diantaranya adalah penis melengkung ke bawah karena terjadinya pengencangan jaringan yang berada di bawah penis, kulup tampak menaungi ujung penis, dan percikan abnormal ketika buang air kecil. Jika anak Anda mengalaminya, segera bawa ke dokter.

Seperti kebanyakan cacat lahir pada umumnya, penyebab kelainan hipospadia belum diketahui dengan pasti. Pembentukan penis selama bayi di dalam rahim tergantung pada hormon seperti testosterone. Pakar memperkirakan, keabnormalan pada penderita hipospadia disebabkan karena keefektifan hormon terhambat.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi pemicu munculnya hipospadia. Diantaranya adalah faktor keturunan. Meski hipospadia memang bukan termasuk penyakit keturunan, namun kondisi tersebut bisa terjadi pada bayi yang mempunyai anggota keluarga dengan kondisi yang sama. Selain itu, faktor pemicu lain diperkirakan dapat berdampak pada perkembangan janin di masa kehamilan. Misalnya karena pengaruh usia ibu hamil ketika usianya di atas 40 tahun atau pajanan rokok dan senyawa kimia lain selama hamil, terutama pestisida.

Bayi yang mengalami hipospadia umumnya bisa didiagnosis tidak lama sesudah dilahirkan. Diagnosis tersebut bisa dengan pemeriksaan fisik pada penis dengan mata telanjang dan tidak memerlukan tes lainnya. Tetapi untuk kasus hipospadia parah memerlukan pemeriksaan lebih detail untuk memastikan ada atau tidaknya keabnormalan terhadap fungsi alat kelamin pengidap. Oleh karena itu, dokter akan menganjurkan pengidap menjalani tes kromoson serta proses pemindaian area genital.

Namun sekalipun anak Anda didiagnosis menderita hipospadia, belum tentu dia memerlukan penanganan medis. Hal tersebut akan sangat tergantung pada tingkat keparahan hipospadia yang dialami. Jika lubang uretra letaknya dekat dengan lokasi yang semestinya dan bentuk penis tidak melengkung, penanganan medis khusus bisa jadi tidak diperlukan. Namun jika lubang uretra letaknya jauh dari tempat yang seharusnya, operasi pemindahan uretra harus dilakukan.

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 22 Oktober 2016 10:52:30

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Berikut adalah informasi terlengkap…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Obat Kimia
Carbamazepine Obat Penyakit Kejang…

Carbamazepine obat penyakit kejang…

Alami
Obat Alami Glaukoma Yang…

obat alami glaukoma pada…

Kesehatan
Makanan dan Minuman Penyebab…

Makanan dan minuman penyebab…

Penyakit
Cara Penanganan Herpes Genital…

Sistem kekebalan tubuh yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Sakit Tenggorokan Tak Kunjung Sembuh? Awas Penyakit Laringitis !

Anda tengah mengalami sakit tenggorokan…

Penyakit
Ketahui Gejala Penyebab dan Bahaya Infeksi Rahim

Ketahui gejala penyebab dan bahaya…

Penyakit
Vokalis Koes Plus Yon Koeswoyo Meninggal Akibat Komplikasi Penyakit

Komplikasi penyakit diduga kuat menjadi…

Kirim Pertanyaan
Top