Macam-Macam Imunisasi Dasar Untuk Anak Dan Fungsinya

Share dan Tag Temanmu di :

Macam-macam imunisasi dasar untuk anak
Jika dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai vaksin hepatitis B dan vaksin polio, dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang macam-macam imunisasi lainnya. Selain hepatitis B dan polio, ada pula vaksin BCG yang diberikan untuk mencegah tuberculosis  atau TBC. Penyakit  TBC menyerang system pernafasan dan termasuk penyakit  yang berbahaya, serta dapat menyebabkan kematian.


Pemberian vaksin ini dilakukan hanya satu kali yakni ketika anak baru dilahirkan sampai berusia dua bulan. Efek samping yang umum setelah anak mendapatkan imunisasi BCG adalah demam dan adanya benjolan pada kulit yang disuntik. Sedangkan efek samping lain yang jarang terjadi adalah adanya reaksi alergi.

Selain itu, ada juga DTP yang merupakan vaksin gabungan. Vaksin tersebut diberikan untuk mencegah penyakit  tetanus, difteri, dan pertusis atau batuk rejan. Difteri adalah penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan sesak nafas, radang paru-paru, sampai kematian. Sementara tetanus adalah penyakit kejang otot yang tidak kalah mematikan. Yang  terakhir adalah pertusis atau batuk rejan, batuk parah yang bisamengganggu pernafasan. Sama halnya seperti difteri, batuk rejan pun bisa menyebabkan radang paru-paru, kerusakan pada otak, sampai kematian.

Pemberian vaksin DTP perlu dilakukan dalam lima dosis yakni ketika anak berusia dua bulan, empat bulan, enam bulan, satu setengah sampai dua tahun, dan lima tahun. Efek samping  yang muncul setelah anak disuntik vaksin DTP adalah demam, rasa nyeri, dan mual. Efek samping lainnya namun jarang terjadi adalah kejang-kejang. Tidak hanya vaksin DTP, ada pula vaksin Td yang berguna untuk melindungi tubuh dari difteria dan batuk rejan.

Vaksin Td diberikan bagi anak yang berusia di atas 7 tahun yang tidak mendapatkan vaksin DTP. Vaksin Td harus diulangi setiap 10 tahun untuk mempertahankan kekebalan tubuh terhadap batuk rejan dan difteria.

Selain itu, ada juga vaksin campak. Campak merupakan sebuah penyakit virus yang menyebabkan pilek, demam, sakit tenggorokan, batuk, serta ruam. Vaksin campak diberikan dalam 3 dosis yakni ketika anak berumur  9 bulan, 2 tahun, serta 6 tahun. Efek samping dari suntik vaksin campak adalah demam serta nafsu makan yang hilang.

Yang terakhir yang kami bahas adalah vaksin rotavirus, vaksin untuk mencegah diare. Pemberian vaksin tersebut dilakukan dengan berangkai, yakni ketika anak berusia dua bulan, empat bulan, dan enam bulan. Efek samping dari vaksin rotavirus yang paling umum adalah mual dan muntah, nyeri perut, demam dan diare.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 24 Oktober 2016 10:16:59

Related Post :
Penyakit
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang…

Meskipun jarang menunjukkan gejala,…

Manfaat
Manfaat Air Kelapa Muda…

Manfaat dan khasiat air…

Penyakit
Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan…

Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan…

Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera…

Tanda-tanda melahirkan anak pertama…

Kesehatan
Perawatan Khusus Pasca Operasi…

Perawatan khusus pasca operasi…

Tips
Begini Cara Membuat Masker…

Berbagai bahan alami yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila Sering Mengunyah Es Batu

Meskipun bagi sebagian orang mengunyah…

Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Berhenti Konsumsi Gula

Gula memang dapat memicu timbulnya…

Kirim Pertanyaan
Top