Mengenal Penyakit Infeksi Ginjal Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Pernahkah Anda mendengar tentang pielonefritis? Pielonefritis atau infeksi ginjal merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan rasa sakit yang kurang nyaman karena bakteri berpindah dari kandung kemih ke ginjal, baik salah satu ataupun dua-duanya. Dalam tubuh manusia, ada dua organ ginjal yang menghasilkan urin dan dialirkan lewat ureter serta disimpan dalam kandung kemih. Urin lalu dikeluarkan dari kandung kemih lewat uretra.


Infeksi ginjal umumnya berupa komplikasi dari infeksi saluran kemih. Bakteri memasuki tubuh manusia lewat kulit yang ada di sekitar uretra kemudian berpindah dari uretra ke kandung kemih sebelum menginfeksi ginjal. Infeksi ginjal umumnya terjadi pada perempuan karena uretra mereka lebih pendek dibandingkan dengan uretra laki-laki. Kondisi tersebut membuat bakteri mudah untuk masuk ke ginjal.

Perempuan yang aktif dalam berhubungan seksual mempunyai risiko lebih tinggi dalam mengalami infeksi ginjal. Sementara pada anak-anak, jika mereka mengalami kelainan saluran kemih sejak mereka lahir atau mengalami kondisi yang disebut dengan refluks vesicoureteral, maka mereka lebih rentan mengalami infeksi ginjal.

Infeksi ginjal akan membuat gejala muncul dengan cepat yakni hanya berselang waktu beberapa jam saja usai bakteri mencapai ginjal. Berikut gejala umum yang bisa muncul pada penderita infeksi ginjal.

-Demam disertai dengan menggigil.
-Sering buang air kecil yang terasa tidak nyaman bahkan sakit. Kondisi tersebut umumnya mirip dengan gejala awal infeksi saluran kemih dengan bau urin yang berbeda dari biasanya.
-Adanya rasa tidak nyaman dan sakit pada sekitar perut bagian samping atau di punggung.
-Diare, mual, dan muntah.
-Merasa kelelahan.
-Selera makan hilang.

Gejala-gejala tersebut memang tidak hanya diakibatkan karena infeksi ginjal, namun dapat juga diakibatkan oleh infeksi kandung kemih atau infeksi pada uretra yang bisa disertai dengan sensasi terbakar ketika buang air kecil, warna urin lebih gelap, dan adanya darah dalam urin. Oleh sebab itu, perlu dilakukan prosedur pemeriksaan medis untuk mendiagnosisnya.

Infeksi ginjal juga bisa terjadi pada anak-anak dengan gejala berupa rewel, badan yang lemas dan kurang berenergi, susah makan, mengompol saat tidur, sakit perut, pertumbuhan anak kurang normal, sakit perut, adanya darah di dalam urin atau hematuria, sakit kuning atau jaundice, serta bau urin berbeda dari biasanya.

Infeksi ginjal harus ditangani dokter karena penderita harus menerima antibiotik dengan cepat. Sebaiknya segera temui dokter jika mengalami rasa sakit yang tak kunjung hilang, demam tinggi, ataupun jika adanya perubahan pada pola buang air kecil. Tidak hanya itu, keberadaan darah di dalam urin juga menjadi pertanda Anda perlu menemui dokter segera untuk menemukan kondisi yang menjadi penyebabnya.

By Rizka Ardiana - Penyakit Senin, 24 Oktober 2016 10:22:18

Related Post :
Obat Kimia
Obat Hydrochlorothiazide Untuk Meningkatkan…

Hydrochlorothiazide merupakan obat diuretik…

Kesehatan
Jangan Nekat Bikin Tato…

Saat ini tato mata…

Penyakit
Mengetahui Perbedaan Penyakit Epilepsi…

Berikut adalah perbedaan penyakit…

Kesehatan
Cara Menyembuhkan Hepatitis B…

Cara menyembuhkan hepatitis B…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Buah Sirsak…

Informasi tentang kandungan gizi…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Spiramycin Untuk…

Spiramycin biasanya dipakai untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Waspadai Bahaya Dan Komplikasi Akibat Penyakit Asam Urat

Berikut adalah berbagai bahaya dari…

Penyakit
Berbagai Penyebab Kesemutan Pada Tangan Kaki dan Kepala

Berbagai penyebab kesemutan pada tangan…

Kirim Pertanyaan
Top