Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Penyakit ginjal sulit untuk disembuhkan. Perawatannya fokus untuk memperlambat dan mencegah supaya penyakit tidak berkembang dan untuk meredakan rasa sakit. Tidak hanya itu, pengobatan juga memiliki tujuan untuk mengurangi risiko munculnya penyakit lain yang terkait. Gagal ginjal kronis (GGK) yang ada di stadium satu sampai tiga biasanya dapat ditangani langsung oleh dokter umum. Pada stadium lanjut yakni stadium empat serta stadium lima, pasien umumnya dirujuk ke dokter spesialis.


Tingkat keparahan dari gagal ginjal kronis (GGK) menentukan jenis pengobatan apa yang cocok diberikan. Dalam beberapa kasus, kerusakan yang terjadi pada ginjal serta sirkulasi tubuh bisa dicegah dengan mengonsumsi obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, obat-obatan pun diberikan untuk mencegah dan mengontrol perburukan GGK sampai tubuh kehilangan semua fungsi ginjal. Kondisi tersebut dinamai gagal ginjal permanen atau End Stage Renal Disease.

Satu dari seratus pengidap GGK stadium tiga mengidap gagal ginjal. Mereka memerlukan perawatan lebih lanjut untuk menggantikan sejumlah fungsi dari ginjal Untuk mengetahui dan menggali lebih banyak informasi, Anda bisa mengunjungi Perhimpunan Nefrologi Indonesia atau Registrasi Ginjal Indonesia. 

Tekanan darah tinggi bisa mempercepat perkembangan kerusakan ginjal. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrol tekanan darah yang bisa dilakukan dengan mengubah life style seperti mengurangi berat badan dan mengurangi konsumsi garam. Tetapi jika perubahan tersebut belum cukup mengontrol tekanan darah, Anda mungkin memerlukan obat-obat antihipertensi seperti obat penghambat ACE atau angiotensin converting enzyme inhibitor.

Obat penghambat ACE dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap ginjal serta mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Contoh penghambat ACE adalah lisinorpil dan ramipril. Obat tersebut bisa menyebabkan efek samping berupa sakit kepala dan batuk kering. Gejala-gejala tersebut bisa hilang setelah beberapa hari pemakaian meski pada beberapa penderita batuk kering akan tetap muncul.

Tidak hanya itu, terdapat juga obat anti-hipertensi yang disebut dengan angiotensin-II receptor blocker (ARB) yang meliputi valsartan, losartan, dan irbesartan. Efek samping dari obat tersebut jarang tetapi tetap ada, misal rasa pusing.

Selain mengonsumsi obat-obatan, perkembangan GGK serta tekanan darah tinggi juga bisa dicegah dengan merubah gaya hidup seperti berolahraga teratur, mengurangi berat badan, berhenti merokok, mengonsumi makanan sehat dan gizi seimbang serta rendah lemak, membatasi konsumsi miras, dan menjaga asupan garam agar tidak lebih dari 6 gram per hari.

By Ana Rediana - Obat Kimia Senin, 24 Oktober 2016 15:44:18

Related Post :
Kesehatan
Dampak Negatif Kurang Tidur…

Tidak hanya dapat membuat…

Manfaat
Ini Manfaat Yang Di…

Informasi manfaat dan khasiat…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Gejala Kehamilan…

Adanya kehamilan terjadi karena…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Daun…

Kemangi yang memiliki nama…

Tips
Cara Memanfaatkan Garam Dapur…

Umumnya garam dapur digunakan…

Penyakit
Jangan Sampai Terkecoh! Ini…

Mengenal 7 penyakit yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Nama Obat Disfungsi Ereksi Tadalafil di Apotek

Nama Obat Disfungsi Ereksi Tadalafil…

Obat Kimia
Obat Bacitracin Pencegah Infeksi Bakteri Pada Luka Ringan

Obat Bacitracin Pencegah Infeksi Bakteri…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Cefixime Untuk Mengobati Infeksi Bakteri

Obat antibiotik cefixime untuk mengobati…

Kirim Pertanyaan
Top