Pengobatan Hidrosefalus Dan Efek Sampingnya

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan hidrosefalus dan efek sampingnya.

Hidrosefalus merupakan sebuah penyakit yang menyerang otak. Penyebab hidrosefalus sendiri di picu oleh menumpuknya cairan serebrospinal dalam otak, dan berakibat adanya peningkatan tekanan pada otak. Ciri-ciri hidrosifalus yang paling menonjol adalah kepala menjadi tampak besar. Pengobatan hidrosefalus yang utama adalah dengan operasi yang bertujuan untuk membuang kelebihan cairan dalam otak. Salah satu operasi yang dilakukan untuk menanganinya adalah operasi pemasangan shunt.


Shunt adalah alat yang berbentuk selang yang dipasangkan ke dalam kepala oleh ahli bedah yang bertujuan untuk mengalirkan cairan otak ke bagian tubuh lain untuk diserap pembuluh darah. Bagian tubuh yang sering dipilih sebagai rute aliran cairan tersebut adalah rongga perut. Shunt dilengkapi katup yang fungsinya adalah untuk mengendalikan aliran supaya cairan dalam otak tidak surut dengan terlalu cepat.

Shunt yang dipasangkan pada anak-anak atau bayi biasanya harus diganti seiring dengan pertumbuhan untuk menyesuaikan dengan badan mereka yang semakin besar. Sebanyak dua kali prosedur pemasangan alat tersebut akan dilakukan pada anak-anak sebelum usianya menginjak 10 tahun. Jenis operasi untuk menangnai hidrosefalus lainnya adalah EVT atau endoscopic third ventriculostomy. Berbeda dengan prosedur pemasangan shunt, pada prosedur ETV, cairan pada otak dibuang dengan membuat lubang penyerapan baru pada permukaan otak. Prosedur tersebut diterapkan pada kasus hidrosefalus yang dipicu penyumbatan ventrikel otak.


Operasi memang terbukti efektif dalam menangani hidrosefalus. Namun, bukan tidak mungkin prosedur tersebut bisa menyebabkan efek samping. Seperti pada operasi pemasangan shunt dimana efek samping yang timbul biasanya berupa kerusakan atau penyumbatan pada alat yang dipakai. Hal tersebut wajar karena shunt adalah alat yang terbuat dari materi berbahan lembut dan rentan mengalami kendala.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa efek samping yang bisa muncul usai menjalani prosedur pemasangan shunt.

- Infeksi. Kondisi tersebut umum terjadi terutama setelah beberapa bulan dioperasi. Gejala infeksi pasca pemasangan shunt berupa sakitkepala, mual, leher kaku, nyeri di sekitar jalur shunt, dan demam. Pada anak-anak, mereka lebih sering mengantuk dan menjadi rewel. Jika infeksi yang terjadi tidak terlalu parah, dokter akan memberikan antibiotik. Jika kondisi cukup parah, penggantian alat shunt biasanya dilakukan.

- Penyumbatan. Jika alat shunt tersumbat, maka cairan bisa menumpuk kembali dalam otak. Kondisi tersebut perlu cepat ditangani karena bisa menyebabkan kerusakan pada otak.

- Pengubahan posisi. Terkadang shunt tidak berada di posisi yang tepat dan tentu akan menimbulkan masalah dan membuat cairan serebrospinal merembes ke sisi selang.

Sedangkan efek samping dari endoscopic third ventriculostomy (ETV) diantaranya adalah kerusakan pembuluh otak, pendarahan dalam otak, infeksi, kegagalan otak untuk menyerap cairan, dan menutupnya kembali lubang penyerapan cairan otak.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 25 Oktober 2016 08:10:12

Related Post :
Kesehatan
Ketahui Gejala-gejala Hiperhidrosis

Anda sudah tahu tentang…

Penyakit
Ketahui Gejala Dan Penyebab…

Ketahui gejala dan penyebab…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode…

Tes deteksi serta metode…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi…

Perubahan kebiasaan makan pada…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Buah…

harga buah delima yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika Tidak Segera Ditangani

Jika tidak segera ditangani dengan…

Penyakit
Mengenal Virus Yang Menjadi Penyebab Gastroenteritis

Mengenal virus yang menjadi penyebab…

Penyakit
Tanda dan Gejala Stroke Ringan Mati Sebelah

Tanda dan Gejala Stroke Ringan…

Kirim Pertanyaan
Top