Mengenal Hiponatremia Dan Pencegahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Hiponatremia merupakan sebuah istilah medis untuk kondisi yang menggambarkan kadar natrium yang rendah di dalam darah. Dalam tubuh, natrium mempunyai fungsi utama yakni untuk membantu mengendalikan kadar air. Tidak hanya itu, natrium pun diperlukan supaya fungsi tubuh dapat terjaga dengan baik misalnya untuk mengendalikan fungsi saraf, tekanan darah, dan kinerja otot. Zat tersebut biasanya dapat ditemui dalam cairan luar sel tubuh atau cairan ekstrasel.


Ketika kadar natrium di dalam cairan ekstrasel lebih rendah dibanding dengan batas normal, maka air akan masuk ke dalam sel-sel untuk menyeimbangkan kondisi ini. Air yang berpindah dari luar sel ke dalam akan membuat sel membengkak. Pembengkakan tersebut yang berpotensi menyebabkan gejala hiponatremia muncul.

Gejala umum hiponatremia diantaranya adalah linglung, sakit kepala, kejang-kejang, mual dan muntah, gelisah, kram atau kelemahan otot, lemas dan lelah, uring-uringan, serta turunnya tingkat kesadaran yang berujung pada koma sampai kematian. Sebaiknya Anda mewaspadai gejala-gejala tersebut dan segera kunjungi dokter jika merasakan beberapa diantara gejalanya.

Dalam kondisi normal, kadar natrium adalah 135 sampai 145 mEq/liter. Jika kurang dari 135 mEq/liter, maka Anda berpotensi mengalami hiponatremia. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini diantaranya adalah faktor usia, diare atau muntah kronis dan parah, kurang minum atau terlalu banyak minum, mengonsumsi obat-obatan tertentu, serta mengidap kondisi tertentu.

Orang yang lanjut usia cenderung mengalami hiponatremia lebih tinggi karena mereka kurang menyadari saat tubuh mereka kurang cairan. Sedang diare yang disertai muntah parah serta kronis juga menjadi faktor penyebab hiponatremia karena kondisi tersebut dapat memicu berkurangnya kadar natrium dan elektrolit dari tubuh.

Mengonsumsi terlalu banyak air atau kurang mengonsumsinya sama sekali dapat memicu hiponatremia. Natrium akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk keringat. Jika keringat Anda berlebih, maka kadar natrium dalam darah akan berkurang. Sementara kurang minum akan memicu hilangnya elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Beberapa obat-obatan pun dapat membuat kadar natrium dalam darah berkurang. Diantaranya adalah pil diuretik, obat pereda sakit, antidepresan, dan obat terlarang seperti ekstasi. Orang yang mengalami gagal jantung, sirosis hati, penyakit ginjal, syndrome of inappropriate anti-diuretic hormone, dan rendahnya hormon tiroid karena kelenjar adrenal mengalami gangguan.

Untuk mencegah hiponatremia, Anda dapat melakukan berbagai langkah dalam menghindari rendahnya sodium dalam tubuh. Diantaranya adalah minum air secukupnya, tidak berlebihan dan tidak kurang, menangani kondisi-kondisi penyebab kadar sodium rendah, serta memilih sport drink untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang ketika berolahraga.

By Rizka Ardiana - Penyakit Selasa, 25 Oktober 2016 08:41:56

Related Post :
Kesehatan
Mengetahui Gejala Gula darah…

Berbagai gejala gula darah…

Penyakit
Ciri-ciri Wanita Jika Terkena…

Ciri ciri infeksi rahim…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Segudang kandungan gizi yang…

Penyakit
Waspada! Gejala Kanker Kulit…

Waspadai! Ternyata terdapat gejala…

Kesehatan
Suka Minum Bubble Tea?…

Dibalik rasanya yang manis,…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing…

Ekstrak cacing merupakan obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspada! Ini Efek Samping Cuci Darah Bagi Kesehatan Anda

Selain membawa manfaat, efek samping…

Penyakit
Perhatikan ! Ini Bedanya Sakit Amandel Dan Radang Tenggorokan

Informasi tentang perbedaan sakit amandel…

Penyakit
Kenali Gejala Dan Penyebab Penyakit Malaria

Berikut ini adalah berbagai gejala…

Kirim Pertanyaan
Top