Pencegahan Dan Pengobatan Darah Tinggi (Hipertensi)

Share dan Tag Temanmu di :

Pencegahan Dan Pengobatan Darah Tinggi (Hipertensi)

Bagi Anda yang memiliki hipertensi sebaiknya rutin memantau tekanan darah dengan ketat sampai angkanya bisa berada di batas normal. Dokter umumnya menyarankan perubahan gaya hidup karena hal tersebut termasuk cara mengobati hipertensi dan mencegah hal buruk lainnya terjadi. Langkah tersebut dapat diterapkan dengan mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok, mengurangi konsumsi garam serta kafein, berolahraga secara teratur, menurunkan berat badan jika perlu, serta mengurangi konsumsi minuman keras.


Mencegah hipertensi akan lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan mengobatinya. Oleh karena itu, pencegahan sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Jika terlalu lama diabaikan tanpa diobati, hipertensi dapat memicu terjadinya komplikasi yang dapat mengancam jiwa pengidapnya. 

Banyak orang mengidap penyakit ini tanpa menyadarinya karena hipertensi memang tidak mempunyai gejala yang signifikan. Orang dewasa perlu memeriksakan tekanan darah setidaknya lima tahun sekali. Tetapi untuk mereka yang mempunyai risiko hipertensi tinggi sebaiknya menjalani pemeriksaan tekanan darah setiap tahun.

Dalam beberapa kasus, seseorang yang memiliki hipertensi sangat tinggi dapat mengalami gejala seperti sakit kepala berkepanjangan, sesak nafas, mimisan, serta pandangan kabur. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan. Hipertensi yang tidak segera ditangani dapat mengarah pada penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Perempuan yang sedang hamil juga sebaiknya mengukur tekanan darah dengan teratur meski hasilnya tekanan darah ada di batas normal. Tapi setidaknya dengan rutin memeriksakan tekanan darah, ibu hamil bisa menurunkan risiko hipertensi yang memungkinkan terjadi semasa kehamilan. Jika tidak diperiksakan, ibu hamil mempunyai potensi mengalami kondisi serius atau yang dikenal dengan nama preeklamsia yang bisa menyebabkan gangguan pada plasenta, organ yang menjadi penghubung peredaran darah bayi pada ibu.

Penyebab hipertensi belum dapat dipastikan. Pada kasus dimana hipertensi sama sekali tidak ada penyebabnya, maka dikenal dengan nama hipertensi primer. Terdapat beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi tersebut. Diantaranya adalah faktor usia, faktor keturunan, merokok, kelebihan berat badan maupun obesitas, kurang olahraga, mengonsumsi terlalu banyak garam, terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, dan stress. 

Kadar oksigen serta nutrisi yang dialirkan dalam darah akan diukur tubuh sesuai berat badan. Sehingga berat badan berlebihan akan memerlukan nutrisi dan oksigen lebih banyak. Hal tersebut membuat volume darah yang diperlukan pun lebih banyak. Volume darah yang meningkat bisa meningkatkan tekanan darah. 

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 25 Oktober 2016 15:36:40

Related Post :
Kesehatan
Kenali Penyebab Dada Terasa…

Selain mengonsumsi makanan atau…

Penyakit
Mengetahui Prosedur Operasi Usus…

Berikut adalah informasi jenis…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Informasi tentang kandungan gizi…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Minum Wine…

Wine termasuk minuman beralkohol…

Kesehatan
Penyebab Timbulnya Tumor Payudara…

Untuk mencegah timbulnya tumor…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Ada beberapa makanan sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita Nyeri Dada Sebelah Kiri

Berikut adalah pertolongan pertama pada…

Kesehatan
Dampak Konsumsi Minuman Kekinian Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Meskipun terlihat menggiurkan, namun apakah…

Kesehatan
Manfaat Donor Darah Sangat Baik Untuk Kesehatan

Manfaat donor darah sangat baik…

Kirim Pertanyaan
Top