Faktor Penyebab Impotensi Atau Lemah Syahwat Pada Pria

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab impotensi sering kali tidak diketahui oleh penderitanya. Padahal dengan mengetahui faktor pemicu impotensi, penderitanya mampu mengatasi kondisi tersebut secara tepat. Impotensi merupakan sebuah penyakit disfungsi seksual yang dialami pria. Impotensi maupun disfungsi seksual bisa menyebabkan seorang pria mengalami disfungsi ereksi atau mempertahankan ereksi penisnya sehingga kegiatan seksual terganggu.


Penyebab impotensi salah satunya adalah faktor psikologis seperti stress, cemas, depresi, ataupun memiliki masalah dalam hubungan dengan pasangan. Jika penyebab dasar adalah hal-hal yang berkaitan dengan faktor psikologis, maka ereksi masih dapat terjadi pada waktu tertentu. Misal terjadi ketika pria melakukan mastubrasi ataupun ketika bangun tidur. Tetapi pada saat berhadapan dengan pasangannya, pria tidak mampu berereksi.

Selain faktor psikologis, faktor penyebab impotensi lainnya adalah masalah fisik seperti diabetes, stroke, kadar hormon testosterone rendah, ketidak seimbangan hormone tiroid, penyakit Parkinson, sindromcushing, hipertensi, obesitas, penyakit jantung, sclerosis multiple, penyakit peyronie atau pertumbuhan jaringan perut dalam penis, kadar kolesterol tinggi, kelelahan, aterosklerosis atau terjadi penyumbatan pembuluh darah, dan sindrom metabolic ataupun kombinasi gangguan kesehatan dimana lemak tubuh, kadar kolesterol, tekanan darah, dan insulin mengalami kenaikan.

Impotensi juga dapat terjadi karena efek samping dari obat-obatan seperti antagonis H2 atau obat yang dapat dipakai untuk tukak lambung, anti depresan maupun obat pereda depresi, anti histamine maupun obat pereda gejala alergi, sitotoksik maupun obat kemoterapi, steroid, antikonvulsan atau obat yang dipakai untuk epilepsi, antiandrogen atau obat penekan hormon androgen, asam fibrat untuk menangani kolesterol tinggi, antipsikotik atau obat yang dipakai untuk menangani skizofrenia, obat penghambat beta untuk menangani hipertensi, dan obat diuretik yang dipakai untuk menangani penyakit ginjal, hipertensi, dan gagal jantung.

Terdapat beberapa hal lain yang tidak termasuk dalam faktor masalah psikologis, fisik, atau efek samping obat-obatan namun bisa menjadi penyebab impotensi. Diantaranya adalah mengonsumsi alkohol berlebihan, merokok, cedera maupun komplikasi karena operasi pada bagian tulang belakang maupun daerah panggul, dan penyalahgunaan narkoba.

Untuk mengobati impotensi, diagnosis harus dilakukan untuk menentukan pengobatan yang tepat. Untuk mengetahui mengenai penyebab seseorang mengalami impotensi, dokter akan bertanya mengenai riwayat seksual, kesehatan fisik, serta mental pasien dengan lebih mendetail.

Jika dokter menduga bahwa impotensi yang dialami disebabkan faktor fisik, maka dalam memastikannya, pemeriksaan lebih lanjut sangat dianjurkan. Salah satunya adalah dengan memeriksakan penis dan testikel pasien untuk mengetahui mengenai seberapa sensitive saraf-saraf pada organ tersebut.

Sedangkan jika penyebab impotensi pada pasien diduga karena faktor psikologis, maka sebaiknya pasien dirujuk ke psikiater atau psikolog untuk ditangani lebih lanjut.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 26 Oktober 2016 11:18:21

Related Post :
Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1…

Gejala diabetes tipe 1…

Manfaat
Manfaat Omega 3 Dan…

Khasiat dan manfaat omega…

Kesehatan
Inilah Akibat Jika Sering…

Inilah akibat jika sering…

Manfaat
Manfaat Jamur Enokitake Si…

Berbagai manfaat jamur enakitoke…

Kesehatan
Efek Samping Operasi Caesar…

Selain efek samping jangka…

Kesehatan
Mewaspadai Bahaya Vape yang…

Saat ini terdapat kasus…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Diagnosis Penyakit Hipoparatiroid Dan Pengobatannya

Diagnosis penyakit hipoparatiroid pada orang…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau AIDS Pada Anak Dan Dewasa

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit yang…

Penyakit
Mengenal Penyakit Radang Amandel Atau Tonsilitis Beserta Gejalanya

Penyakit radang amandel atau tonsiltis…

Kirim Pertanyaan
Top