Penyebab Gejala Dan Jenis-jenis Kanker Lambung

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Gejala Dan Jenis-jenis Kanker Lambung

Kanker lambung merupakan jenis kanker yang menggerogoti organ lambung yang merupakan salah satu bagian sistem pencernaan. Penyakit tersebut bisa diidap orang-orang di segala usia, meski penderitanya sebagian besar berusia 55 tahun ke atas.


Kanker lambung yang umum terjadi adalah adenocarcinoma, kondisi saat kanker menyerang sel-sel pada bagian lapisan dalam lambung yang berfungsi memproduksi cairan seperti mucus atau lendir. Tidak hanya adenocarcinoma, terdapat pula beberapa jenis kanker lambung lain meski jarang didapati. Diantaranya adalah tumor strona gastrointestinal (GIST) yakni kanker yang menyerang otot-otot dinding perut atau jaringan ikat.

Ada pula limfoma lambung yakni kanker yang menyerang bagian jaringan limfatik maupun jaringan yang membantu tubuh dalam melawan infeksi. Yang terakhir adalah carcinoid yakni kanker yang menyerang sel-sel yang bertugas menghasilkan hormon dalam lambung.

Berikut kami jelaskan beberapa gejala kanker lambung yang dirasakan pasien di tahap awal. Diantaranya adalah perut terasa sakit atau mulas, kembung serta sering bersendawa, nyeri pada tulang dada, mual dan muntah, cepat kenyang ketika makan, sulit menelan makanan, serta mengalami gangguan pencernaan dan sering kumat.

Berbagai gejala kanker lambung yang lebih parah diantaranya adalah anemia, muntah darah, sakit kuning, hilang nafsu makan, tinja berwarna hitam atau ada darah pada tinja, tubuh terasa lelah, mengalami penurunan berat badan, serta adanya pembengkakan pada perut. 

Perkembangan gejala maupun pertumbuhan kanker pada setiap penderita bisa berbeda-beda. Ada yang perkembangannya terjadi dengan perlahan ataupun cepat. Gejala kanker lambung di tahap awal umumnya sulit untuk dikenali karena hampir sama dengan gejala kondisi gangguan lambung lain misalnya tukak lambung. Oleh karena itu, dokter harus melakukan diagnosis terlebih dahulu. Sebaiknya Anda memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala di atas. 

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab kanker lambung? Sejauh ini, penyebabnya memang belum diketahui dengan pasti. Tetapi secara umum, kanker terjadi saat sel-sel pada bagian tertentu di lambaung berkembang dengan tidak terkendali. Akibatnya, sel-sel yang tadinya mempunyai sifat normal untuk membantu tubuh dapat berfungsi dengan baik justru menjadi tumor yang sifatnya merusak serta bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. 

Karena gejala kanker lambung terbilang hampir sama dengan berbagai masalah lambung lainnya, oleh karena kebanyakan penderita tidak menyadari bahwa dirinya menderita kanker lambung sampai kanker tersebut sudah masuk stadium tinggi saat didiagnosis dokter. 

Menurut sebuah penelitian, 15 persen penderita kanker lambung setidaknya masih bisa bertahan hidup lima tahun ke depan setelah dia didiagnosis dan sekitar 15 persen lainnya masih bisa hidup setidaknya 10 tahun ke depan. 

By Ana Rediana - Penyakit Rabu, 26 Oktober 2016 15:37:11

Related Post :
Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu…

Selain menyebabkan obesitas, ini…

Ibu Dan Anak
Manfaat dan Bahaya Kebiasaan…

Menghisap jari atau menggigit…

Kewanitaan
Mengalami Iritasi Atau Gatal…

Anda tengah mengalami vagina…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah…

Wow!! inilah kandungan dan…

Penyakit
Mengetahui Perbedaan Sakit Maag…

Mengetahui perbedaan sakit maag…

Penyakit
Ini Penanganan Sinusitis Ringan…

Terapi penanganan sinusitis ringan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Faktor Penyebab Dan Cara Penularan HIV AIDS Pada Manusia

Faktor penyebab dan cara penularan…

Penyakit
Mitos Tentang Penyakit Rematik yang Perlu Diketahui

Terdapat beberapa mitos tentang penyakit…

Penyakit
Waspadai Penyebab Pengentalan Darah Pada Ibu Hamil

Waspadai penyebab pengentalan darah pada…

Kirim Pertanyaan
Top