4 Jenis Kanker Darah Atau Leukimia Yang Umum Terjadi

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker darah atau yang disebut juga dengan leukemia merupakan kanker yang menyerang sel pembentuk sel darah di dalam sumsum tulang. Pada orang yang sehat, sel-sel darah putih berkembang dengan teratur ketika tubuh memerlukannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun pada penderita leukemia, sumsum tulang memproduksi sel-sel darah putih abnormal yang diproduksi secara berlebihan dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Jumlahnya sangat berlebihan sehingga mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah sehat berkurang.


Terdapat beberapa jenis leukemia. Namun umumnya berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni kronis dan akut. Kanker darah akut berkembang cepat dan mengakibatkan penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal dengan pesat. Penyebarannya menembus ke dalam aliran darah. Leukemia jenis ini perlu ditangani dengan cepat.

Sedangkan leukemia kronis berkembang dengan perlahan dan dalam jangka panjang. Gejalanya tidak dirasakan dengan cepat sehingga baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun. Sel-sel darah putih yang harusnya sudah mati akan tetap hidup dan malah menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, dan organ lain yang terkait.

Kanker darah pun bisa dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Jika menyerang sel-sel limfa, maka dikenal dengan nama leukemia limfotik dan jika menyerang sel-sel myeloid maka disebut dengan leukemia mielogen. Berdasarkan dua pengelompokan di atas, ada empat jenis kanker darah yang umum terjadi. Berikut kami jelaskan.

1. Leukimia limfotik akut. Disebut juga acute lymphocytic leukemia bisa menghambat fungsi limfosit sehingga menyebabkan pengidapnya mengalami infeksi serius. Biasanya leukemia jenis ini diidap anak-anak.

2. Leukemia mielogen akut. Disebut dengan acute myelogenous leukemia, kanker darah jenis ini umumnya menyerang orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang anak-anak dan remaja. Kanker darah ini membentuk sel-sel myeloid yang tidak sempurna serta bisa menyumbat pembuluh darah.

3. Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphoticytic leukemia. Jenis kanker darah yang satu ini hanya dialami orang dewasa. Leukemia limfotik kronis biasanya baru terdeteksi setelah kanker memasuki stadium lanjut karena pasien cenderung tidak mengalami gejala apapun dalam waktu yang lama.

4. Leukemia mielogen kronis. Disebut dengan chronic myelogenous leukemia, jenis kanker darah ini biasanya diderita orang dewasa. Kanker ini mempunyai dua tahap. Yang pertama adalah sel-sel abnormal berkembang dengan perlahan-lahan kemudian ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel abnormal akan berkembang dengan pesat yang membuat kondisi pasien menurun dengan drastis.

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 27 Oktober 2016 07:51:13

Related Post :
Kesehatan
Mengenali Metode Pengobatan Tumor…

Pengobatan tumor yang dilakukan…

Ibu Hamil
Ketahui Ciri-Ciri Wanita Hamil…

Berikut adalah ciri-ciri wanita…

Alami
Obat Hidrosefalus Alami Untuk…

Obat hidrosefalus alami untuk…

Kesehatan
Tips Memilih Suplemen Herbal…

Meskipun terbuat dari bahan…

Tips
Cara Agar Minus Pada…

Berbagai tips dan cara…

Kesehatan
Mengenal Lyme Disease Penyakit…

Baru-baru ini Avril Lavigne…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Dan Penyebab Penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Tanda gejala dan penyebab penyakit…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Radang Amandel Yang Tepat

Ketahui diagnosis dan pengobatan radang…

Penyakit
Ciri-ciri Orang Yang Terkena Penyakit Batu Empedu

Batu empedu bisa terjadi pada…

Kirim Pertanyaan
Top