4 Jenis Kanker Darah Atau Leukimia Yang Umum Terjadi

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker darah atau yang disebut juga dengan leukemia merupakan kanker yang menyerang sel pembentuk sel darah di dalam sumsum tulang. Pada orang yang sehat, sel-sel darah putih berkembang dengan teratur ketika tubuh memerlukannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun pada penderita leukemia, sumsum tulang memproduksi sel-sel darah putih abnormal yang diproduksi secara berlebihan dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Jumlahnya sangat berlebihan sehingga mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah sehat berkurang.


Terdapat beberapa jenis leukemia. Namun umumnya berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni kronis dan akut. Kanker darah akut berkembang cepat dan mengakibatkan penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal dengan pesat. Penyebarannya menembus ke dalam aliran darah. Leukemia jenis ini perlu ditangani dengan cepat.

Sedangkan leukemia kronis berkembang dengan perlahan dan dalam jangka panjang. Gejalanya tidak dirasakan dengan cepat sehingga baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun. Sel-sel darah putih yang harusnya sudah mati akan tetap hidup dan malah menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, dan organ lain yang terkait.

Kanker darah pun bisa dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Jika menyerang sel-sel limfa, maka dikenal dengan nama leukemia limfotik dan jika menyerang sel-sel myeloid maka disebut dengan leukemia mielogen. Berdasarkan dua pengelompokan di atas, ada empat jenis kanker darah yang umum terjadi. Berikut kami jelaskan.

1. Leukimia limfotik akut. Disebut juga acute lymphocytic leukemia bisa menghambat fungsi limfosit sehingga menyebabkan pengidapnya mengalami infeksi serius. Biasanya leukemia jenis ini diidap anak-anak.

2. Leukemia mielogen akut. Disebut dengan acute myelogenous leukemia, kanker darah jenis ini umumnya menyerang orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang anak-anak dan remaja. Kanker darah ini membentuk sel-sel myeloid yang tidak sempurna serta bisa menyumbat pembuluh darah.

3. Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphoticytic leukemia. Jenis kanker darah yang satu ini hanya dialami orang dewasa. Leukemia limfotik kronis biasanya baru terdeteksi setelah kanker memasuki stadium lanjut karena pasien cenderung tidak mengalami gejala apapun dalam waktu yang lama.

4. Leukemia mielogen kronis. Disebut dengan chronic myelogenous leukemia, jenis kanker darah ini biasanya diderita orang dewasa. Kanker ini mempunyai dua tahap. Yang pertama adalah sel-sel abnormal berkembang dengan perlahan-lahan kemudian ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel abnormal akan berkembang dengan pesat yang membuat kondisi pasien menurun dengan drastis.

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 27 Oktober 2016 07:51:13

Related Post :
Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan…

Hydrocortisone adalah salah satu…

Manfaat
Manfaat Daging Belut Bagi…

Mengingat begitu banyaknya kandungan…

Kewanitaan
Ketahui Perbedaan Menstruasi dan…

Ketahui perbedaan menstruasi dan…

Alami
Ramuan Minyak Cengkeh dan…

Jika biasanya sariawan diatasi…

Kesehatan
Wajib Tahu! 10 Buah…

Selain minum obat, untuk…

Alami
Obat Alzheimer Alami Yang…

Obat alzheimer alami bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Diagnosa Penyakit Jantung Koroner Dan Cara Pengobatannya

Diagnosa penyakit jantung koroner dna…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala Dan Pengobatannya

Informasi tentang jenis-jenis kanker beserta…

Penyakit
Ini Penanganan Sinusitis Ringan Di Rumah Yang Alami Dan Efektif

Terapi penanganan sinusitis ringan sejatinya…

Kirim Pertanyaan
Top