Jenis-Jenis Tes Untuk Mendiagnosa Penyakit Asma

Share dan Tag Temanmu di :

Asma merupakan penyakit kronis atau jangka panjang yang terjadi pada saluran pernafasan yang ditandai dengan penyempitan saluran nafas dan peradangan yang membuat sulit bernafas dan menimbulkan sesak. Untuk menguatkan diagnosis apakah Anda terkena asma atau bukan, dokter akan melakukan sejumlah tes selain melakukan diagnosis dari gejala yang dirasakan.


Pertama adalah tes spirometri yang bertujuan untuk memeriksa kondisi paru-paru. Untuk mengukur kinerja paru-paru, maka dilakukanlah tes spirometri. Lewat tes ini, Anda akan diminta untuk bernafas ke dalam mesin spirometer.

Terdapat dua pengukuran yang dapat dilakukan mesin spirometer yakni volume udara yang Anda hembuskan dalam satu detik dan jumlah total udara yang dihembuskan. Umumnya Anda diminta untuk bernafas beberapa kali dalam mesin tersebut untuk mendapatkan data yang akurat. Untuk mengetahui mengenai saluran pernafasan Anda, data yang didapatkan selanjutnya dibandingkan dengan pengukuran rata-rata orang yang sehat dan seusia dengan Anda.

Terkadang, pengukuran awal dilakukan lebih dulu. Selanjutnya dokter memberikan obat untuk membuka saluran nafas agar bisa mengetahui apakah obat tersebut bisa memulihkan nafas Anda atau tidak. Setelah itu, dilakukan pengambilan data kembali. Jika hasilnya lebih tinggi setelah Anda diberi obat, maka data akan memperkuat diagnosis.

Yang kedua adalah tes kadar arus ekspirasi puncak yang bertujuan untuk mengukur tingkat hembusan udara. Alat yang bernama peak flow meter atau PFM akan dipakai dokter untuk mengukur seberapa cepat Anda mampu menghembuskan udara dari paru-paru dalam satu kali nafas. Tes tersebut dilakukan untuk mendapatkan data tentang kadar ataupun tingkat arus ekspirasi puncak.

Selain itu, ada pula tes responsivitas saluran nafas lewat tantangan mannitol. Tes tersebut dipakai untuk memastikan tentang bagaimana saluran pernafasan Anda bereaksi saat terpapar pemicunya. Dalam melakukan tes ini, Anda akan diminta untuk melakukan tantangan mannitol dengan menghirup serbuk kering yang jumlahnya dapat ditingkatkan seiring tes ini berlangsung. Dengan demikian, tes tersebut dengan sengaja memicu gejala asma serta menyebabkan saluran nafas menyempit.

Pada anak-anak, media pemicu asma yang bisa dipakai adalah olahraga selain bubuk kering mannitol. Setelah itu, Anda diminta menghembuskan nafas ke dalam spirometer untuk mengukur besar FVC dan FEV1 Anda berubah usai terkena pemicu. Jika terjadi penurunan drastis saat diukur, maka kemungkinan Anda mengidap asma.

Selain tes-tes yang kami sebutkan di atas, ada pula tes diagnosa asma lain seperti tes untuk melihat apakah ada peradangan pada saluran nafas atau tidak serta tes alergi. Untuk mengetahui apakah gejala asma yang diderita disebabkan alergi atau bukan, dokter biasanya melakukan tes kulit atau tes darah.

By Sri Maryati - Penyakit Kamis, 27 Oktober 2016 10:46:03

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Obat Kimia
Obat Oles Gatal Kutu…

Obat oles gatal kutu…

Tips
Cara Mudah Atasi Mata…

Berikut adalah beberapa tips…

Penyakit
Mengenal Cara Diagnosis Dan…

Cara diagnosis dan pengobatan…

Kesehatan
Inilah Daftar Makanan Sehat…

Selain mengkonsumsi obat dari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker Paru-paru

Mengenal lebih jauh tentang kanker…

Penyakit
Penularan Cacar Air Pada Anak Di Bawah 10 Tahun

Penularan Cacar Air Pada Anak…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Informasi tentang penyakit hepatitis, jenis-jenis,…

Kirim Pertanyaan
Top