Mengenal Manfaat Dan Fungsi Tabir Surya Untuk Kulit

Share dan Tag Temanmu di :

Tabir surya adalah salah satu krim khusus untuk melindungi kulit dari serangan sinar matahari yang cenderung sering mengakibatkan terjadinya keruksakan pada sel kulit. Memang benar jika bahwasannya sinar matahari sangat bagus untuk kesehatan, karena dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Akan tetapi, di sisi lainnya jika tubuh terkena sinar matahari terlalu lama tanpa perlindungan, akibatnya dapat berdampak buruk bagi warna serta kesehatan kulit anda.  Karena sinar ultraviolet B (UVB) sendiri dapat memicu kulit menjadi terbakar, menghitam dan terkena kanker kulit.  Dan sama halnya seperti sinar UVB, sinar ultraviolet A (UVA) juga dapat meningkatkan resiko kanker kulit dan juga keriput, meski tidak menyebabkan kulit terbakar.


Dan salah satu cara efektif untuk menghindari efek buruk dari sinar ultraviolet tersebut anda dapat menggunakan tabir surya, karena pada umumnya pada setiap tabir surya mendung SPF yang dapat menahan serangan sinar UV. Adapun berbagai kandungan zat yang terkandung dalam tabir surya berkualitas baik diantaranya adalah titanium dioksida, seng oksida, okstil mentoxy cinnimate, octinoxate, oxybenzone, para amino benzoic acid, homoselate, 4-MBC, avo benzeno dan ocrtylcrylene. Kesemua kandungan tersebut sangatlah baik untuk kulit. Lalu apa saja fungsi tabir surya untuk kulit? Adapun manfaat serta fungsi dari tabir surya untuk kulit selangkapnya adalah sebagai berikut:

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap, kusam dan juga bersisik.
  • Mencegah timbulnya bintik-bintik hitam pada kulit serta mempercepat pemudaran flek hitam pada wajah akibat pemakaian kosmetik yang tidak cocok.
  • Mempertahankan minyak dan air alami yang tersembunyi di bawah kulit. Sehingga kulit tetap lembab serta terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.
  • Dapat mencegah pigmentasi yang menggumpal serta tidak rata pada kulit akibat paparan sinar matahari ataupun serangan radikal bebas.
  • Melindungi kulit dari kerutan-kerutan halus yang dapat menyebabkan kulit nampak lebih tua, cenderung lebih kering, tidak bercahaya dan juga kusam.
  • Memperbaiki jaringan kulit terdalam yang mengalami keruksakan dan juga peradangan.
  • Meregenerasi serta mempertahankan kesehatan kolagen serta keratin yang ada di dalam kulit, agar tetap kenyal dan juga lembab.
  • Mencegah kulit dari gatal dan ruam akibat sinar matahari yang telah bercampur dengan debu ataupun partikel halus beracun yang ada di dalam radikal bebas.
  • Mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker yang di sebabkan radiasi sinar ultraviolet yang telah bertahan selama bertahun-tahun.
  • Menghaluskan dan melembutkan permukaan kulit sehingga struktrur kulit lebih rata, padat, halus merona secara alami.
  • Dapat mengontrol minyak dalam kulit agar tetap seimbang dan mencegah masuknya bakteri dengan mudah melalui pori-pori kulit termasuk salah satunya debu.

Adapun cara kerja tabir surya sendiri adalah dengan cara memantulkan sinar matahari agar tidak mengenai kulit. Namun ada pula tabir surya yang bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum mengenai kulit anda. Kini tabir surya atau sunblock telah di jual secara bebas di pasaran, anda tinggal hanya memilih jenis sunblock yang cocok dengan tipe kulit anda.

Namun, untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, pilihlah tabir surya yang mengandung SPSF 15 atau lebih, terutama bagi mereka yang memiliki kulit putih. Pilih juga tabir surya yang mengandung perlindungan multi-spektrum yang dapat melindungi kulit anda dari sinar UVB dan UVA.

Untuk penggunaan tabir surya sendiri, anda dapat menggunakan 2 sendok tabir surya 15 hingga 30 menit sebelum anda beraktivitas di bawah sinar matahari. Pastikan tabir surya merata pada seluruh permukaan tubuh anda termasuk pada bagian kaki, belakang kaki, telinga dan kepala (jika kepala anda botak). Sedangkan untuk bagian bibir anda dapat menggunakan lip balm. Oleskan kembali tabir surya tiap 2 jam sekali apabila anda sering berkeringat atau berenang. Dan hal yang paling penting adalah mengecek tanggal kadaluarsanya sebelum di gunakan.

Nah, itulah beberapa manfaat dan fungsi tabir surya untuk kulit. Semoga setelah menyimak informasi ini anda mengetahui seberapa pentinganya fungsi krim tabir surya sebagai pelindung kulit, untuk kulit yang lebih sehat dan cantik meski seharian beraktivitas di bawah sinar matahari.

By Nida Saripah - Kulit Kamis, 27 Oktober 2016 13:08:37

Related Post :
Obat Kimia
Obat Pereda Gejala Asma…

Obat Pereda Gejala Asma…

Penyakit
Berbagai Faktor Pemicu Biduran…

Urtikaria aatu biduran merupakan…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Infeksi Nosokomial…

Tahukan anda apa itu…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Cefixime Untuk…

Obat antibiotik cefixime untuk…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Ceker…

Ceker ayam sering kali…

Kesehatan
Berbagai Cemilan Sehat Untuk…

Berbagai cemilan sehat untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
5 Langkah Sederhana Untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Terdapat 10 langkah sederhana yang…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe Di Kulit Kepala

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe atau…

Kulit
Wajib Tahu! Bahan Alami Ini Bisa Bantu Atasi Kanker Kulit

Apakah Anda sedang mencari solusi…

Kirim Pertanyaan
Top