Manfaat Daun Hantap Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun hantap bagi sebagaian khalayak luas masih terbilang asing dan masih jarang di ketahui, jika di bandingan dengan manfaat daun lainnya, seperti manfaat daun kelor, ataupun manfaat daun sirih merah. Akan tetapi, sebagian masyarakat lainnya telah mengolah daun hantap ini sebagai minuman tradisional berkhasiat untuk pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit.


Hantap adalah salah satu tumbuhan yang masih termasuk ke dalam jenis tumbuhan sterculiaceae, yang merupakan tanaman yang banyak tumbuh di iklim tropis. Penanamannya yang tergolong cukup mudah menjadikan tanaman ini banyak di jumpai di daerah beriklim tropis termasuk Indonesia. Cara penanamannya sendiri yaitu dengan memotong batangnya yang masih berdaun,  kemudian di tanam di tanah. Usahakan cocok tanam di lakukan pada saat musim hujan agar pohon hantap yang memiliki perakaran tunggang, batang tegak dan berkayu ini mudah tumbuh serta tumbuh cukup lama hingga bertahun-tahun.

Daun hantap sendiri berbentuk daun tunggal dengan permukaan atas licin, memiliki warna hijau tua dan permukaan bawah yang kasar dengan tulang daun menonjol dan ujung daun yang runcing. Sedangkan daun hantap yang masih muda memiliki warna hijau muda, tepi daun merata dan ujung daun yang runcing.  Lalu, sebenarnya Apa kandungan dan manfaat daun hantap bagi kesehatan? untuk mendapatkan jawaban selengkapnya, anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Kandungan dan manfaat daun hantap bagi kesehatan

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Nurmaya effendi yang merupakan seorang mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, mengungkap bahwasannya daun hantap (Sterculia cocinea Jack) memiliki kandungan fitokimia berupa tanin, steroid serta alkeloid di dalamnya. Dan dari beberapa senyawa tersebut terkumpul beberapa khasiat dan manfaat daun hantap yang di yakini sangat baik untuk kesehatan. Salah satu diantaranya adalah sebagai obat alami panas dalam. Selain itu, masih banyak manfaat daun hantap lainnya, yang juga tak kalah baik untuk kesehatan. Seperti halnya untuk mengobati sariawan, melancarkan buang air besar, melancarkan persalinan serta mengatasi perut kembung.

Bahkan dewasa ini daun hantap telah banyak di produksi menjadi minuman jelly daun hatap sebagai makanan fungsional karena memiliki serat yang baik untuk kesehatan, yang mana apabila dikonsumsi persajiannya alah 150 g atau berkisar 3,12 g serat di dalamnya. Dan hal tersebut sesuai dengan persyaratan kadar serat pada pangan fungsional menurut kepala badan pengawas obat dan makanan RI (BPOM RI Th. 2011) yaitu pangan mengandung serat sekurang-kurangnya 3 g persajian.

Cara mengolah daun hantap yang baik dan benar

Untuk mendapatkan manfaat baik dari daun hantap, anda perlu mengolahnya secara baik dan benar pula. Adapun langkah untuk pengolahannya cukup mudah, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sediakan 4-5 lembar daun hantap, kemudian bersihkan daun hatap dari berbagai kotoran yang menempel.
  • Sediakan pula air masak dingin kurang lebih 2-3 gelas.
  • Remas-remas daun hantap pada air masak tadi sampai lendir daun hantap larut di air.
  • Saring air larutan lendir hantap tersebut untuk membuang ampas ataupun sisa daun yang masih tersisa.
  • Setelah di saring, air daun hantap siap di minum
  • Konumsi air daun hantap 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari.

Efek samping yang mungkin di timbulkan setelah anda mengonsumsi air daun hantap adalah sering kencing. Akan tetapi, hal tersebut dianggap wajar setelah anda mengonsumsi air daun hantap.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar manfaat daun hantap bagi kesehatan dan cara pengolahannya. Semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang kini tengah mengalami keluhan kesehatan panas dalam dan lainnya. Selamat mencoba!

By Nida Saripah - Daun Jum'at, 28 Oktober 2016 11:16:27

Related Post :
Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Obat Cina
Khasiat Jamu Kapsul Montalin…

Kapsul montalin salah satu…

Kewanitaan
Cara Mengatasi Turun Peranakan…

Cara mengatasi turun peranakan…

Alami
Obat Luka Caesar Yang…

Obat luka caesar alami…

Manfaat
Manfaat Tak Terduga Dari…

Sama seperti buah-buahan lainnya,…

Kesehatan
Awas! Gangguan Kesehatan Ini…

Mudik ke kampung halaman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Asam Bagi Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Daun
Ini Dia Khasiat Menakjubkan Daun Legundi Untuk Kesehatan

Mengenal daun legundi lengkap dengan…

Kirim Pertanyaan
Top