Risiko Kesehatan Dibalik Penggunaan Sandal Jepit

Share dan Tag Temanmu di :

Sandal jepit merupakan salah satu jenis alas kaki yang cukup banyak di gemari oleh masyarakat. Selain memiliki model yang simpel, sandal jepit juga sangat mudah dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Namun, apakah Anda tahu jika terdapat risiko kesehatan dibalik penggunaan sandal jepit tersebut ?


Dengan menggunakan karet sebagai bahan utamanya, sandal jepit ini memang sangat ringan dan memudahkan penggunanya untuk bergerak tanpa harus terganggu dengan berat dan kakunya sandal tersebut. Walaupun begitu, Anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Karena pada 10 tahun terakhir banyak ditemukan sandal jepit yang diproduksi dengan menggunakan campuran bahan kimia dengan kadar yang sangat berbahaya jika terlalu sering bersentuhan dengan kulit manusia secara langsung.

Para ahli medis mengungkapkan jika sandal jepit memiliki dampak buruk yang sama dengan sepatu hak tinggi. Bahkan, penggunaan sandal jepit dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah daripada stiletto.

Menurut seorang ahli bedah ortopedi dari American Orthopaedic Foot and Ankle Society, John G. Anderson, MD, sandal jepit sangat populer selama musim panas, namun sandal ini tidak dapat memberikan perlindungan pada bagian bawah kaki.

"Sandal jepit boleh digunakan untuk menghindari licin saat ke kamar mandi atau di sekitar kolam renang. Namun, jangan gunakan sandal ini sehari-hari apalagi untuk olahraga atau mendaki," katanya.

Tak seperti sepatu, kata dia, sandal jepit akan menyebabkan sakit kaki, tendinitis dan mudah terkilir. "Sandal jepit menawarkan sedikit perlindungan. Anda berisiko lebih besar untuk menginjak kaca atau benda berat lain hingga patah atau kuku robek," ungkapnya.

Sedangkan menurut Mike O'Neill, juru bicara Asosiasi Chiropodis dan Podiatrik Inggris memeringatkan efek penggunaan sandal jepit yang terlalu lama. "Kurangnya dukungan dari flip-flop atau sandal jepit menyebabkan nyeri pada tendon di bagian dalam kaki dan tungkai bawah. Hal ini juga dapat menyebabkan bergesernya tulang kering," katanya.

Sebuah hasil tes juga menunjukkan bahwa sandal jepit merupakan tempat bersarangnya kuman berbahaya. Sandal yang digunakna selama 4 hari secara terus menerus akan menjadi rumah yang nyaman bagi bakteri mematikan, diantaranya seperti bakteri staphylococcus aureus yang bisa bersembunyi di karet sandal. Jika kita memiliki luka luar di sekitar kaki, maka bakteri tersebut bisa memasuki aliran darah dan jika tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan kematian.

Tidak hanya itu, penggunaan sandal jepit juga sering dikaitkan dengan lecet yang terjadi di sela jempol kaki. Bukan hanya menyebabkan penggunanya sulit berjalan, lecet ini juga bisa berubah menjadi gumpalan cairan dan meletus sehingga menyebabkan luka yang dapat berubah menjadi infeksi yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Disamping itu, penggunaan sandal jepit yang sering juga bisa menyebabkan postur tubuh berubah karena cara berjalan yang tidak benar.

Beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda jika masih ingin menggunakan sandal jepit dalam kegiatan sehari-hari agar tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan. Pertama, pilihlah sandal jepit yang menggunakna tali tambahan, sehingga tetap menjaga posisi sandal di kaki. Kedua, pilihlah sandal yang memiliki permukaan antilecet dan memiliki sol yang mengikuti bentuk kaki, sehingga postur tubuh tetap terjaga.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 28 Oktober 2016 14:01:15

Related Post :
Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Manfaat
Ini Dia Berbagai Manfaat…

Berbagai manfaat kacang-kacangan bagi…

Alami
Bahan Alami Untuk Mengobati…

Bagi anda yang sedang…

Kesehatan
Cara Merawat Penderita Penyakit…

Tidak semua penderita demam…

Kesehatan
Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi…

Banyak manfaat olahraga bersepeda…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan Asam Urat Paling Efektif

Terapi pengobatan dan penyembuhan asam…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Membungkus makanan dengan koran memang…

Kesehatan
Minuman Sehat Untuk Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

Berikut adalah daftar minuman sehat…

Kirim Pertanyaan
Top