Penyebab Gejala Dan Pengobatan Hiperparatiroidisme

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Gejala Dan Pengobatan Hiperparatiroidisme

Hiperparatiroidisme merupakan kondisi saat kelenjar paratiroid yang ada di leher memproduksi hormon paratiroid terlalu banyak. Kadar hormon paratiroid yang tinggi bisa menyebabkan kadar kalsium di dalam darah menjadi meningkat. Di sisi lain, kadar fosfor akan menurun.


Hiperparatiroidisme adalah gangguan hormon yang terbilang langka. Perempuan umumnya lebih berisiko terkena kondisi tersebut disbanding pria seiring dengan pertambahan usia mereka. Perempuan yang sudah memasuki masa menopause merupakan kelompok yang paling sering menderita hiperparatiroidisme. 

Sebenarnya kondisi ini jarang menimbulkan gejala pada orang yang mengalaminya. Gejala tersebut biasanya muncul karena adanya peningkatan kadar kalsium di dalam darah. Gejalanya berupa rasa lelah, tampak sedikit bingung, otot terasa lemas, hilang nafsu makan, hilang konsentrasi, selalu haus, sering buang air kecil, mual, konstipasi, dan sakit perut. Selain itu, depresi juga bisa terjadi. 

Jika Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Peningkatan kadar kalsium yang tidak ditangani dapat menimbulkan gejala lanjutan seperti rasa bingung yang meningkat, sering mengantuk, dehidrasi, nyeri tulang, muntah-muntah, hipertensi, detak jantung tidak teratur, sampai kejang otot. Bahkan pada kasus yang terbilang parah, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan koma dan pingsan. 

Berdasarkan penyebabnya, kondisi ini dibagi menjadi dua jenis yakni primer dan sekunder. Hiperparatiroidisme primer adalah kondisi yang terjadi saat adanya kondisi lain yang menyerang kelenjar paratiroid sehingga kelenjar tersebut membengkak dan menjadi overaktif. Kondisi tersebut biasanya berupa hyperplasia, kanker pada kelenjar paratiroid, dan tumor jinak kelenjar paratiroid. 

Sementara hiperparatiroidisme sekunder terjadi bersama dengan kondisi lain yang menyebabkan kadar kalsium di dalam darah menurun secara berkepanjangan. Hal tersebut mengakibatkan kelenjar paratiroid terstimulasi untuk terus memproduksi hormon paratiroid. Kondisi tersebut diantaranya adalah penyakit ginjal kronis, defisiensi vitamin D, dan gangguan penyerapan di usus.

Hiperparatiroidisme bisa didiagnosis lewat pemeriksaan darah rutin. Jika dokter menduga hiperparatiroidisme menyebabkan ginjal rusak, maka dilakukan pula pemeriksaan X-Ray. Mengenai pengobatannya, dokter umumnya akan menyarankan untuk menunggu serta melihat kondisi pasien selama beberapa waktu. Hal tersebut akan dilakukan terutama jika kadar kalsium hanya meningkat sedikit, tidak ada gejala lain yang perlu diterapi, dan tidak ada kerusakan yang terjadi pada ginjal.

Pengobatan untuk mengatasi hiperparatiroidisme tergantung pada jenisnya. Pada kasus hiperparatiroidisme primer yang kasusnya sebagian besar disebabkan tumor jinak adenoma, pengobatan yang efektif adalah dengan operasi pengangkatan tumor tersebut. Dokter juga terkadang akan memberikan obat untuk menurunkan kadar kalsium atau bisphosphonate lewat infus. 

By Ana Rediana - Penyakit Jum'at, 28 Oktober 2016 15:40:10

Related Post :
Manfaat
Ini Manfaat Luar Biasa…

Beragam manfaat konsumsi susu…

Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera…

Permen merupakan salah satu…

Tips
Tips Mengurangi Nyeri Persalinan…

Berikut adalah berbagai tips…

Obat Kimia
Efek Samping Penggunaan Obat…

Efek samping penggunaan obat…

Obat Cina
Thermolyte Plus Obat Pelangsing…

Thermolyte plus obat pelangsing…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Saat Vertigo…

Pertolongan pertama saat vertigo…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ciri-ciri Orang Yang Terkena Penyakit Batu Empedu

Batu empedu bisa terjadi pada…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Otak (Bag. 3)

Sebagian besar kasus kanker otak…

Penyakit
Tanda Dan Ciri-Ciri Gejala Osteoporosis Yang Perlu Anda Ketahui

Tanda dan ciri-ciri gejala osteoporosis…

Kirim Pertanyaan
Top