Manfaat Donor Darah Sangat Baik Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Donor Darah Sangat Baik Untuk Kesehatan

Tahukah anda manfaat donor darah sangat baik untuk kesehatan yang dapat mencegah penyakit? Lalu kapan anda terakhir donor darah?

Banyak manfaat yang di dapat saat melakukan donor darah yang tidak banyak orang ketahui saat mereka melakukan pengambilan darah, baik saat kita mendonorkan kepada orang yang sedang membutuhkan kantung darah ataupun saat kita secara rutin mendonorkan darah di PMI.


Darah sangat berperan penting dalam tubuh untuk menghantarkan nutrisi makanan, oksigen, dan asupan lainnya keseluruh tubuh. Pada saat kita mendonorkan darah, tubuh akan memproduksi sel darah kembali untuk dapat menggantikan darah yang telah didonorkan. Sehingga proses tersebut akan mempengaruhi organ tubuh untuk bekerja dan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat donor darah yang dapat mencegah penyakit serta untuk kesehatan? Selain untuk kesehatan jantung koroner, hipertensi, ginjal, dan kanker. Simak berikut ini.

Apakah memang bisa untuk mengurangi resiko penyakit jantung?

Darah adalah sel yang mengandung hemoglobin yang terbentuk dari zat besi berfungsi untuk mengikat oksigen. Kebutuhan zat besi bisa diperoleh dari makanan yang berasal dari sumber hayati dengan ketersediaan hayati 2 hingga 3% dan sumber hewani dengan ketersediaan hayati 20 hingga 23% dan juga kebutuhan zat besi tergantung dari jenis kelamin serta usia, jika laki-laki dewasa membutuhkan 8.5 mg/hari dan wanita dewasa sejak dari usia subur membutuhkan 18.9 mg/hari.

Faktanya bahwa zat besi sumber hayati yang agak sulit diserap sebenarnya justri menguntungkan karena zat besi yang mudah diserap apabila dikonsumsi secara berlebihan, seperti zat besi hewani yang berasal dari daging justru akan menimbun dalam tubuh sehingga rentan terkena penyakit jantung koroner.

Pada wanita yang masih mengalami haid, memiliki resiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah dibandingkan dengan pria karena wanita yang mengalami haid secara teratur membuang darah sedangkan pria tidak mengalami pembuangan darah. Supaya tidak terjadi penimbunan zat besi yang berlebihan, maka disarankan untuk melakukan donor darah secara teratur setiap 3 - 6 bulan sekali.

Menurut penelitian mengatakan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dapat menurunkan resiko serangan jantung sampai 1/3 kali terutama pada pria. Keuntungan lain dari donor darah berdasarkan penelitian, akan menurunkan stress oksidatif didalam tubuh, dan menurunkan resistensi insulin, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Tak hanya itu, dengan melakukan donor darah secara rutin, maka aliran darah akan menajdi lebih lancar dan mampu mencegah penimbunan lemak, regenerasi darah akan berlangsung lebih cepat, dan hasil oksidasi kolesterol menjadi lambat serta pada dinding pembuluh darah jantung dapat mengurangi resiko tumbulnya penyakit jantung koroner.

Lalu apa saja syarat untuk melakukan donor darah?

Persaratan untuk ikut dalam kegiatan donor darah di Indonesia yaitu pendonor harus memiliki tubuh sehat secara jasmani, berusia 17 sampai 65 tahun, berat badan minimal 45 kg dengan tekanan darah sistole 100 - 170 dan diastole 70 - 100 dan memiliki kadar hemoglobin sekitar 12.5 - 17 g/dl.

Sebelum anda menodonorkan darah alangkah baiknya konsultasikan kondisi kesehatan dan pola hidup anda dengan sejujurnya kepada petugas PMI yang berguna untuk memastikan kesehatan anda dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada penerimanya. Melakukan donor darah merupakan proses pengambilan sebagian darah yang dimiliki untuk disumbangkan dan disimpan di bank darah yang dapat dipakai untuk transfusi darah bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkan juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 29 Oktober 2016 07:44:42

Related Post :
Ibu Dan Anak
Kebiasaan Sering Gigit Bibir…

Kebiasaan menggigit bibir bawah…

Penyakit
Berbagai Penyebab Telinga Bernanah…

Berikut adalah berbagai faktor…

Tips
Tips Agar Patah Tulang…

Patah tulang merupakan kondisi…

Obat Kimia
Risperidone Obat Antipsikotik Untuk…

Risperidone obat antipsikotik untuk…

Kesehatan
Lakukan 4 Hal Sederhana…

Lakukan 4 hal sederhana…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Polip…

Informari tentang jenis-jenis polip…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Awas! Konsumsi Daging Anjing Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Dibeberapa negara, daging anjing memang…

Kesehatan
5 Pilihan Menu Takjil Untuk Buka Puasa Yang Sehat Dan Lezat!

Berikut adalah pilihan menu takjil…

Kesehatan
Kebaikan yang Akan Didapatkan Ketika Anda Tertawa

Tertawa bisa membuat siapapun merasa…

Kirim Pertanyaan
Top