Rekomendasi Pengobatan Untuk Penderita Herpes Genital

Share dan Tag Temanmu di :

Sejauh ini, tak ada obat yang dapat dipakai untuk menyembuhkan infeksi herpes simpleks (HSV). Umumnya, obat yang digunakan adalah antivirus namun obat-obatan tersebut hanya berfungsi untuk mengendalikan gejala yang muncul karena infeksi virus ini. Obat-obatan antiherpes yang umum dipakai diantaranya adalah famsiklovir, asiklovir, dan valasiklovir.


Virus herpes simpleks terkadang tidak menyebabkan gejala apapun karena virus tersebut dapat bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh dalam sel-sel saraf. Saat kambuh, virus aktif kembali serta bergerak menuju kulit lewat saraf sehingga menyebabkan luka baru. Orang yang baru pertama kali terkena infeksi ini mungkin tak akan menunjukkan adanya gejala dan sebagai akibatnya mereka sama sekali tidak tahu bahwa dirinya telah terinfeksi.

Gejala herpes genital diantaranya adalah adanya sensasi rasa gatal, sakit, bahkan geli di area genital atau anal, terdapat luka terbuka dan tampak adanya area kemerahan tanpa rasa gatal dan sakit, terdapat luka melepuh yang pecah dan terbuka di sekitar genital, paha, rektum, serta bokong, sakit punggung bagian bawah, merasakan sensasi sakit ketika buang air kecil, terdapat luka terbuka atau melepuh di leher rahim, mengalami beberapa gejala flu seperti kelelahan, hilang nafsu makan, dan demam, serta adanya cairan keluar dari vagina.

Virus tersebut dapat menjadi tidak aktif atau laten dalam tubuh untuk beberapa waktu. Namun virus bisa kembali aktif dan menyebabkan gejala herpes kembali datang. Dengan kata lain, sesudah gejala dari infeksi pertama hilang, bukan berarti virus tersebut juga hilang dari dalam tubuh.

Saat infeksi terjadi untuk yang pertama kali, tubuh akan menghasilkan antibodi untuk melawan infeksi. Tubuh akan mampu mengenali virus serta kekuatan yang diperlukan untuk melawan HSV menjadi lebih efektif. Sebagai efeknya, infeksi yang terjadi tidak akan separah pada infeksi pertama. Frekuensi akan berkurang, gejalanya pun akan lebih cepat hilang.

Penyebab herpes genital adalah virus herpes simpleks (HSV) yang disebabkan karena hubungan seksual lewat vagina, anal, maupun oral. Kedua jenis virus yang bisa menyebabkan herpes genital adalah HSV-1 dan HSV-2. Penyebaran virus bisa dengan kontak langsung dengan pasangan yang telah terinfeksi HSV. Hal tersebut dapat terjadi sekalipun orang yang terinfeksi tak mengalami gejala apapun. Virus tersebut bisa menyebar lewat bagian yang lembap dari dinding kulit genital, anus, dan mulut. Selain itu, virus HSV pun dapat menyebar lewat luka herpes dan dapat terjadi di area mulut, mata, dan tubuh lainnya.

By Rizka Ardiana - Penyakit Sabtu, 29 Oktober 2016 08:40:52

Related Post :
Alami
Kecap dan Jeruk Nipis…

Campuran kecap dan jeruk…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika…

Jika tidak segera ditangani…

Penyakit
Mengenal Penyebab Pembengkakan Kelenjar…

Penyebab dan gejala pembengkakan…

Tips
3 Tips Tetap Cantik…

Meskipun sudah memasuki usia…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Manfaat Lain Tisu Basah…

Tisu basahkini tidak hanya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Faktor Resiko Karsinoma Nasofaring Atau Kanker Pada Tenggorokan

Faktor resiko karnisoma nasofaring atau…

Penyakit
Ketahui Jenis Cacing Jahat Penyebab Anak Cacingan

Ketahui jenis cacing jahat yang…

Penyakit
Gejala Infeksi Saluran Pernafasan Yang Mudah Dikenali

Gejala Infeksi Saluran Pernafasan yang…

Kirim Pertanyaan
Top