Batuk Respon Tubuh untuk Mengeluarkan Lendir

Share dan Tag Temanmu di :

Tubuh manusia mempunyai system untuk melawan gangguan yang dating dari luar. Salah satu gejala yang disebabkan karena adanya gangguan adalah batuk. Batuk merupakan respon alami dari tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkan lender serta faktor-faktor penyebab iritasi seperti asap dan debu agar keluar dari saluran pernafasan.


Batuk biasanya sembuh dalam tiga minggu dan tidak memerlukan pengobatan. Dalam mengatasinya, selain mengonsumsi obat batuk kimia, banyak orang juga menggunakan obat batuk alami yang terbuat dari air madu dan lemon. Ramuan obat batuk tradisional seperti itu bisa mengobati berbagai jenis batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak.

Ciri batuk kering secara umum adalah adanya rasa gatal di tenggorokan sehingga memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini terjadi ketika saluran pernafasan bagian atas dan tenggorokan mengalami peradangan atau inflamasi. Otak menganggap peradangan ini sebagai kondisi asing kemudian berusaha menghilangkannya dengan batuk.

Sedangkan dalam kasus batuk berdahak, batuk-batuk sangat membantu untuk mengeluarkan dahak dari saluran paru-paru. Batuk-batuk juga bisa terjadi ketika sedang flu dan pilek. Jika batuk yang dialami lebih dari tiga minggu karena infeksi virus atau jika batuk justru malah bertambah parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Begitu juga jika batuk disertai dengan sakit dada, sulit bernafas, dan batuk berdarah.

Jika batuk Anda benar-benar parah, dokter akan merujuk Anda ke dokter spesialis paru-paru untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan yang dilakukan dimulai dengan mengambil sampel dahak untuk menentukan antibiotic apa yang cocok untuk diberikan, rontgen bagian dada untuk memeriksa apakah Anda terkena infeksi paru-paru atau tidak, tes alergi untuk mengecek apakah batuk disebabkan karena pemicu alergi atau bukan, serta melakukan tes spirometri yakni dengan menarik serta menghembuskan nafas lewat tabung yang terhubung dengan mesin yang bertujuan untuk memeriksa adanya penyakit saluran pernafasan.

Lalu apa saja yang menjadi penyebab batuk ? Penyebab utama batuk adalah adanya infeksi saluran pernafasan. Selain itu, bisa juga karena penyakit jangka panjang yang kambuh seperti asma, bronchitis kronis, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit refluks gastroesofagus (GERD) karena luka dan iritasi karena asam lambung, serta rhinitis alergi seperti hay fever atau alergi terhadap serbuk sari.

Batuk pada anak yang berkepanjangan dapat menjadi sebuah indikasi adanya infeksi saluran pernafasan yang serius. Konsultasikan pada dokter untuk mewaspadai batuk rejan yang gejalanya berupa batuk bertubi-tubi, intens, dan mengeluarkan dahak kental, wajah merah dan kelelahan karena batuk terus menerus, adanya suara lengkingan pada setiap tarikan nafas setelah batuk, serta muntah.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 29 Oktober 2016 10:22:02

Related Post :
Penyakit
Ketahui Gejala dan Metode…

Ketahui gejala dan metode…

Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Tak…

Diperlukan beberapa metode untuk…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Batuk Pada…

Waspadai berbagai resiko dan…

Kesehatan
Benarkah Kopi dan Habbatussauda…

Selain susu dan krim,…

Obat Kimia
Domperidone Obat Untuk Mengatasi…

Domperidone adalah obat untuk…

Tips
Inilah Pertolongan Pertama Pada…

Pertolongan pertama pada serangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Awas ! Jangan Konsumsi Makanan Kadaluarsa Ini Bahayanya

Informasi tentang bahaya mengkonsumsi makanan…

Kesehatan
Ingin Terhindar dari Depresi ? Konsumsi Makanan Ini !

Tekanan pekerjaan dan aktivitas yang…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top