Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Buah markisa merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutannya. Namun, buah yang memiliki rasa asam ini, kini telah banyak di budidayakan oleh banyak negara termasuk salah satunya di Indonesia. Hal tersebut di karenakan buah markisa termasuk salah satu komoditi buah yang cukup bersaing dengan jenis buah-buahan yang lainnya. Di Indonesia buah markisa yang banyak di budidayakan adalah markisa ungu (Passiflora edulis var. edulis), markisa konyal (passiflora lingurangis), markisa kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa) dan erbis (Passiflora quadrangularis). Bahkan markisa juga kini telah di banyak di kemas dalam bentuk sirup maupun minuman kemasan. Tak hanya rasanya yang segar, hal tersebut juga di karenakan manfaat markisa tidak kalah baiknya dengan manfaat buah lainnya seperti manfaat jeruk nipis, manfaat strawberry dan buah-buahan lainnya.


Buah markisa sendiri sangat kaya akan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Vitamin C merupakan unsur nutrisi tinggi yang ada di dalamnya Dan berperan untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain dari vitamin C, masih banyak kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam markisa diantaranya seperti karoten, niasin, asam sitrat, zat besi 0.3 mg, kalsium 2 mg, dan fosfor 12 mg. Selain dari pada itu, dalam secangkir markisa utuh juga terdapat 24, 5 gram serat, lebih dari 5 gram protein, vitamin A 130 IU, dan 13 karotenoid yang berbeda termasuk di dalamnya zeta, beta, alpha karoten, b-cryptoxanthin dan lucopen.

Maka dari itu, terkumpul banyak sekali manfaat markisa bagi kesehatan tubuh, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengontrol tekananan darah. mengopnsumsi 1 buah markisa setiap hari, dapat memenuhi 1/4 kebutuhan kalium setiap harinya. Kalium sendiri merupakan mineral penting dalam tubuh  yang memiiki peran sebagai vasodilator. Kalium sendiri dapat menenangkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain dari pada itu, kalium juga sangat di perlukan dalam menjaga keseimbangan cairan yang terdapat dalam sel-sel tubuh.

2. Meningkatkan sirkulasi darah
. Besi dan tembaga merupakan dua komponen penting dari produksi sel darah merah. Komponene tersebut mampu memperlebar pembuluh darah, sehingga oksigen dapat mengalir secara leluasa ke daerah-daerah yang di perlukan oleh tubuh. Selain itu, zat besi juga mampu merangsang aktivitas metabolisme di dalam semua sistem organ  dan meningkatkan produktivitas. Menjaga fungsi aliran darah tetap sehat sangat penting untuk tubuh.

3. Menyehatkan pencernaan. Buah-buahan merupakan salajh satu sumber serat terbesar. Salah satunya adalah markisa, yang menyediakan 98% kebutuhan serat harian untuk kita. Serat sendiri merupakan komponen penting untuk memfasilitasi pencernaan makanan yang sehat dan pengaturan buang air besar. Markisa juga merupakan sumber serat larut yang baik dalam pulp, yang bertinak sebagai pencahar masal, dan menggerakkan makanan melewati saluran pencernaan. Dan hal tersebut dapat mengurangi tanda-tanda sembelit karena bang air besar teratur serta terhindar dari gangguan pencernaan lainnya.

4. Menyehatkan mata. Vitamin A sering di kaitkan dengan peningkatan kesehatan mata, termasuk pencegahan degenerasi makula, katarak hingga kebutaan. Vitamin A yang terkandung dalam buah markisa juga nyatanya dapat meningkatkan kesehatan kulit agar tetap lembaba dan bersinar.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh. Sejak zaman dahulu, markisa telah di budidayakan karena kandungannya ang di percayai dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut di karenakan markisa mengandung vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin. Selain sebagai antioksidan , vitamin C juga mampu merangsang aktivitas sel-sel darah putih dan sisanya dari sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit umum maupun penyakit serius lainnya.

6. Mencegah kanker. Markisa merupakan sumber yang kuat akan aktivitas anti karsinogenik dalam tubuh. Antioksidan dalam markisa dapat menetralisil radikal bebas yang merupakan pemicu kanker. Markisa juga mengandung vitamin A, berbagai flavonoid, serta senyawa fenolik, yang semuanya di kaitkan dengan sifat anti-kanker, terutama pada kanker mlut dan kanker paru-paru.

Selain baik untuk kesehata, khasiat buah markisa juga sangat baik dam sering kali di gunakan untuk kecantikan wajah, diet, kesuburan, kehamilan dan untuk bayi.

Nah, itulah beberapa kandungan gizi dan manfaat buah markisa untuk kesehatan. Semoga apa yang kai sampaikan pada kesempatan kali ini memberikan manfaat juga khususnya memberikan wawasan pengetahuan baru bagi anda sekalian.

By Nida Saripah - Manfaat Sabtu, 29 Oktober 2016 13:46:14

Related Post :
Manfaat
Manfaat Soda Kue Untuk…

Manfaat soda kue untuk…

Tips
Cara Mendiagnosa Kanker Sarkoma…

Sarkoma ewing termasuk kanekr…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita…

Penderita perut kembung sangat…

Kesehatan
Waspada! 5 Hoax Kesehatan…

Saat ini banyak kabar…

Manfaat
Inilah Manfaat Sehat Lada…

Selain dijadikan sebagai bumbu…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Selain di kenal sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Biji Rami Si Kecil Yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Ketahui tentang biji rami lengkap…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging Kerbau Bagi Kesehatan

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap serta…

Manfaat
Inilah Ragam Manfaat Daun Zodia Bagi Kesehatan

Berikut adalah manfaat daun zodia…

Kirim Pertanyaan
Top