Khasiat Dan Manfaat Daun Tempuyung Untuk Batu Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Sudahkah anda mengetahui bahwasannya tanaman tempuyung yang tumbuh liar di sekitar halaman anda sangat berkhasiat untuk kesehatan? Jika belum, alangkah baiknya anda menyimak ulasan khasiat dan manfaat daun tempuyung berikut ini, agar anda dapat memanfaatkan tanaman obat herbal ini untuk mengobati keluhan penyakit yang anda dan keluarga derita secara alami.


Tempuyung (Sonchus arvenshis L) adalah jenis tanaman yang masih termasuk ke dalam famili compositae. Nama lain dari tempuyung di beberapa daerah di Indonesia berbeda-beda. Diantaranya sering kali di sebut dengan jombang, galibug, rempung dan rayana di daerah tataran bumi sunda. Tanaman yang memiliki daun tunggal ini sangat khas sehingga mudah di kenali banyak orang. Selain karena memiliki bentuk daun yang lonjong dengan ujung daun yang runcing, daun tempuyung juga memiliki bentuk bergelombang tak beraturan dan bergerigi dengan warnanya yang hijau sedikit keunguan, serta bunganya yang berwarna kuning dan lama kelamaan menjadi keabuan membedakannya dengan jenis tanman lainnya. Tanaman ini sangat mudah di temukan karena tumbuh liar ataupun sengaja di tanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Namun selain dari pada itu, apakah anda tahu besarnya manfaat tanaman ini untuk kesehatan? ya, belakangan ini, banyak sekali berbagai penelitian yang di lakukan perihal manfaat daun tempuyung sebagai obat alami batu ginjal khususnya. Hal tersebut di sebabkan karena daun tempuyung yang sangat kaya akan kandungan kalium dan berbagai kandungan zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan dan manfaat daun tempuyung untuk batu ginjal

Semua bagian tanaman tempuyung bisa di manfaatkan, namun yang paling sering di jadikan sebagai obat adalah bagian daunnya. Bahkan daun tempuyung telah lama di jadikan sebagai obat tradisional, terlebih untuk mengobati penyakit batu ginjal karena sifatnya yang direutik (peluruh). Namun, kandungan tempuyung yang terdiri dari berbagai berbagai jenis mineral dan senyawa aktif lainnya juga, membuatnya daun tempuyung mampu untuk mengatasi penyakit lainnya. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah ion-ion mineral seperti kalium, magnesium, natrium, dan silika. Selain itu, daun tempuyung juga memiliki kandungan senyawa organic seperti falvonoid (kaempferol, luteolin-7-0 glukosida, dan apigenin-7-0-glukosida), taraksasterol, inositol, kumarin (skepoletin) dan asam fenolat (sinamat, kumarat dan vanilat).

Prestasi daun tempuyung sebagai peluruh batu ginjal tidak dapat di ragukan lagi. Bahkan telah banyak penelitian yang mengamati  dan meneliti manfaat dari daun trmpuyung untuk batu ginjal. Sifat direutik yang terkandung dalam daun tempuyung, jelas  sangat membantu memperlancar pembuangan air kecil sehingga mempermudah peluruhan batu ginjal. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam daun tempuyung sangatlah melimpah. Sehingga mampu menguraikan batu ginjal yang berupa kandungan kalsium karbonat, oksalat, atau kristal urat yang pada akhirnya terpecah belah dan mudah larut ke bersama urine.

Inilah penelitian seputar manfaat daun tempuyung untuk batu ginjal

Suatu penelitian di lakukan berkenaan dengan manfaat dan khasiat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal oleh Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada (UGM ) Yogyakarta pada tahun 1963. Beliau mulai melakuka penelitian dengan merendam beberapa batu ginjal yang telah di keluarkan ke dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 30-35 derajat celsius.

Dalam percobaan tersebut, sebagian rendaman batu ginjal di goyangkan layaknya gerakan di dalam tubuh, dan sebagian lainnya di diamkan. Setelah itu, batu gunjal di timbang dan kandungan kalsium di dalamnya pun di ukur secara kimiawi. Dan hasilnyapun memuaskan karena seluruh batu ginjal percobaan baik yang di goyangkan maupun di diamkan, mengalami penurunanan bobot yang cukup signifikan.

Dan pada saat yang bersamaan, istri dari Prof. Sartijo juga tengah mengalami batu ginjal dan sembuh setelah mengonsumsi ramuan daun tempuyung tanpa mengalami efek samping sedikitpun.  Dan setelah banyak penelitian yang di lakukan, kini daun tempuyung pun telah banyak di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan obat batu ginjal.

Manfaat daun tempuyung selain untuk batu ginjal

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, selain dapat mengobati penyakit batu ginjal, masih terdapat manfaat daun tempuyung untuk kesehatan lainnya, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menstabilkan dan melancarakan perdaran darah.
  • Memperlancar buang air kecil.
  • Menurunkan panas.
  • Penawar racun.
  • Mengatasi fungsi pendengaran yang berkurang
  • Mengobati radang saluran kencing.
  • Mengobati radang usus.
  • Mengurangi pembengkakan.
  • Mengatasi bisul dan wasir.
  • Mengatasi darah tinggi.
  • Mengobati kencing batu.

Selain dari pada itu, peran daun tempuyung sebagai deureutik juga mampu menyembuhkan penyakit lainnya seperti asam urat, dengan cara mendorong pengeluaran asam urat melalui urine. Daun tempuyung juga di ketahui ampuh untuk menghambat kinerja enzim dan reaksi yang dapat memicu pembentukan asam urat.

Cara mengolah daun tempuyung unyuk batu ginjal dan kesehatan lainnya

Seperti yang telah di sampaikan sebeluumnya, bahwa bagian tempuyung yang sering kali di gunakan dalam pengobatan adalah bagian daunnya. Cara mengolah daun tempuyung untuk batu ginjal dan kesehatan lainnya pun sangat beragam, daun tempuyung bisa di rebus dengan air bersama atau tanpa bahan herbal lainnya. Daun tempuyung yang di gunakan pun dapat berupa daun tempuyung kering maupun daun tempuyung segar. Anda juga dapat menikmati tempuyung sebagai lalapan, terutama untuk mengobati penyakit hipertensi.

Seperti pengobatan menggunakan obat herbal lainnya, untuk mendapatkan khasiat dan manfaat daun tempuyung untuk batu ginjal dalam proses pencapaian kesembuhannya, anda dapat mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari secara rutin. Dengan begitu, anda akan mendapatkan perbedaan dari mulai batu ginjal yang berkurang hingga hilang total.

By Nida Saripah - Daun Senin, 31 Oktober 2016 11:18:31

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Ibu Dan Anak
Ruam Popok Jangan Diabaikan!…

Ruam popok jangan diabaikan!…

Kesehatan
Waspada! Kebiasaan di Bulan…

Sebenarnya, jika dilakukan dengan…

Kesehatan
Lebih Aman Rokok Elektrik…

Rokok elektrik terdiri dari…

Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Kesehatan
Penyebab Achondroplasia Dan Cara…

Achondroplasia adalah sebuah kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Khasiat Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat manfaat daun kenikir (antermisinin)…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top