Metode Pengobatan Alternatif Yang Aman Ketika Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Metode Pengobatan Alternatif  Yang Aman Ketika Hamil

Ketika hamil, Anda disarankan tidak mengatasi masalah kesehatan menggunakan obat atau metode pengobatan yang sembarangan. Misal melakukan pengobatan alternatif. Tetapi ada pula beberapa pengobatan alternatif yang tidak berbahaya atau aman untuk dilakukan ketika hamil. Apa sajakah?


Sebelum membahasnya lebih lanjut, kami memberikan catatan bahwa sekalipun aman, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukannya. Berikut penjelasannya.

1.Aromaterapi. Anda sering muntah ketika hamil trimester pertama? Coba hirup wewangian dari minyak aromaterapi yang mungkin dapat membantu. Anda dapat menghirup minyak dengan aroma daun mint atau aroma lemon untuk mengurangi gejala ingin muntah dan rasa mual. Cara yang paling baik dalam memanfaatkan aromaterapi adalah dengan menambahkan tetesan minyak esensial ke bak mandi yang berisi air hangat. Tidak hanya itu, minyak aromaterpai pun dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak, merelaksasi tubuh, dan membuat Anda lebih bersemangat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua minyak aromaterapi cocok dan aman untuk ibu hamil. Sebaiknya tanyakan dulu pada dokter mengenai jenis minyak apa yang aman dipakai ibu hamil.

2.Pijat. Menurut beberapa penelitian, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika ibu hamil dipijat. Diantaranya adalah mengurangi cemas, stress, dan depresi, membuat suasana hati menjadi lebih baik, mengatasi ketidaknyamanan pada tubuh misalnya pembengkakan, sakit punggung, nyeri otot, maupun sakit kepala, untuk membuat tidur lebih nyenyak, melancarkan sirkulasi darah, dan membantu memperlancar persalinan. Dengan demikian, memijat ketika masa hamil perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Anda disarankan untuk tidak memijat daerah perut pada trimester pertama kehamilan.

3.Refleksiologi. Meski secara medis tidak ada pembuktian mengenai manfaatnya, namun banyak yang merasakan manfaat refleksiologi untuk mengatasi sakit kepala ringan ketika hamil. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat memijat jempol kaki sendiri. Sebelum memijatnya, bayangkan permukaan atas jempol kaki merupakan bagian depan kepala, sementara telapak jempol kaki merupakan bagian belakang kepala. Sisi jempol yang berdekatan dengan telunjuk kaki merupakan tepi luar kepala serta telinga. Sisi sebaliknya mewakili kepala bagian tengah. Setelah itu, Anda dapat menekan area jempol sekeras mungkin sesuai dengan lokasi sakit kepala. Tekan beberapa kali sampai rasa sakit kepala berkurang.

4.Akunpuntur. Metode tersebut dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif dalam mengatasi ketidaknyamanan ketika hamil. Tetapi, akupuntur tidak dapat dipakai untuk mengatasi masalah kesehatan yang serius. Beberapa manfaat akupuntur yang dipercaya diantaranya adalah depresi, mual, nyeri panggul, sakit punggung, dan sakit kepala. 

Jika Anda hendak melakukan pengobatan alternatif, sebaiknya pilih praktisi yang mempunyai izin praktik resmi karena sudah pasti berkualitas.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Senin, 31 Oktober 2016 14:43:34

Related Post :
Tips
Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo…

Manfaat
Jangan Sepelekan! Ini Manfaat…

Tidak hanya daging buahnya,…

Obat Kimia
Obat Famotidine di Apotek…

Obat Famotidine di Apotek…

Kesehatan
Ini Penyebab Suara Serak…

Selain batuk, ini penyebab…

Kesehatan
Cara Mengubah Fast Food…

Makanan cepat saji memang…

Penyakit
Mengetahui Masalah Kutil pada…

Kutil merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Atasi Sembelit Saat Hamil Dengan Konsumsi Buah Ini

Atasi sembelit saat hamil dengan…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top